RPP Kelas 2 SD / MI Tema 5 Kurikulum 2013 Pengalamanku Revisi 2018

InfoLoh.com - Hallo sobat ILer's, kali ini admin berbagi artikel tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas 2 SD / MI Tema 5 Kurikulum 2013 Pengalamanku Revisi 2018, semoga bisa membantu kerja para guru disekolah.

Berikut cuplikan dari RPP ini, jika ingin versi full bisa didownload dibawah :

A. KOMPETENSI INTI (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
3.6.1.Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital tentang langkah-langkah koordinasi gerak kepala, tangan, kaki dalam gerak tari dan mempraktikkannya dengan kerjasama dan disiplin.
4.6 Menyampaikan ungkapanungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
4.6.1 Membaca indah puisi anak tentang permainan tradisional dan mengidentifikasi serta meragakan gerak pemanasan yang dilakukan sebelum melaksanakan permainan tersebut secara mandiri dan tanggung jawab.

Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
3.6.1.Membandingkan dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti dan jujur.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6.1 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
3.2.1 Melakukan  Karya  imajinatif dua dan tiga dimensi Dan Gerak keseharian dan alam dalam  tari
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2.1 Mempraktikkan gerak tari keseharian untuk melatih kelenturan, dan kekuatan  dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani dengan semangat.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan memperhatikan pembacaan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan  budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
2. Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
3. Dengan  mengamati gambar jam dinding, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4. Dengan mengamati berbagai gambar benda, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
5. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar.
6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
7. Dengan mengamati teks lagu “Bunda Piara”, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk

D. MATERI PEMBELAJARAN
1. teks tentang budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun
2. peta pikiran, mengenai satuan baku untuk mengukur panjang
3. teks, tentang pola irama

E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar :

1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bagi yang ingin versi lengkapnya silahkan Download RPP Kelas 2 SD / MI Tema 5 Kurikulum 2013 Pengalamanku Revisi 2018 melalui Link dibawah ini :


Demikian artikel tentang RPP Kelas 2 SD / MI Tema 5 Kurikulum 2013 Pengalamanku Revisi 2018 ini, jika ada kendala atau pertanyaan silahkan komentar dibawah atau bisa juga melalui halaman menu request diatas.

Happy Days.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel