Cara Merestart Print Spooler Pada Windows 10

InfoLoh.com - Hallo Sobat InfoLoh, kali ini admin berbagi tutorial Cara Merestart Print Spooler Pada Windows 10. Admin berbagi artikel ini karena banyaknya keluhan dan kendala pada Printernya disaat mau ngeprint, terutama pada Printer Sharing yang sering mengalami gangguan.

Untuk Printer Sharing yang mengalami gangguan ngeprint tersebut, semua settingan untuk IP Addres dan settingan lainnya sudah sesuai dan tidak ada kendala namun tetap tidak bisa ngeprint dengan pesan error Unable to Connect seperti contoh gambar dibawah ini :


Pertama kali Admin lihat dan alami kalau ini mungkin permasalahan IP Dinamis dimana IP addres dari server utama printer mengalami perubahan, namun setelah di cek IP addressnya tidak ada lagi berubah dan sudah IP statis sesuai settingan pada koneksi internet di PC nya yang Admin buat agar menjadi IP Statis.

Atau mungkin juga PC ataupun Officenya terkena virus sehingga mengangggu kinerja dari PC disaat mau ngeprint, namun setelah semua di cek dan di scan Antivirus tetap juga berulah.

Namun, setelah Admin gunakan system Restart Print Spooler maka semua permasalahan tadi terselesaikan sudah, dan tidak ada kendala ngeprint.

Nah, untuk mengatasi tidak bisa ngeprint tersebut silahkan ikuti Tips yang admin bagikan dibawah ini :

1. Pada menu search / pencarian silahkan ketikkan Administrative Tools lalu klik, seperti gambar dibawah ini :


2. Setelah di klik maka akan muncul jendela baru dari Administrative Tools, lalu cari dan buka dengan cara double klik pada bagian "Service" seperti gambar dibawah ini :


3. Setelah "Service" di buka dengan cara Double Klik maka akan terbuka lagi jendela baru Service (Local),

silahkan cari Print Spooler ==> setelah dapat maka Klik Print Spooler ==> pada bagian kirinya maka akan muncul tombol Stop dan Restart ==> Klik Restart, dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Seperti gambar dibawah ini :


4. Setelah mengikuti langkah-langkah diatas, silahkan tutup Microsoft Office anda atau file-file lainnya yang ingin anda print, lalu buka kembali dan coba untuk ngeprint.

Dan sampai langkah ini Admin berhasil ngeprint dan tidak ada gangguan sama sekali, jika Anda masih mengalami gangguan ngeprint setelah mengikuti langkah-langkah diatas, silahkan berikan Komentar Anda dibawah ini beserta gambar errornya.

Semoga Bermanfaat ^_^

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Load comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel