Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa Kelas 2 SD / MI Tema 2 Bermain Di Lingkunganku Semester 1 Kurikulum 2013

InfoLoh.com - Hallo sobat infoloh dimanapun berada, kali ini admin berbagi artikel tentang Buku Siswa Kelas 2 SD / MI Tema 2 Bermain Di Lingkunganku Kurikulum 2013, semoga bisa membantu tugas para siswa dan kerja para guru disekolah.

Berikut Kata Pengantar buku ini, buku ini bisa anda download dibawah ini :

Buku teks yang berbasis aktivitas ini disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan yang sangat mengedepankan pada pencapaian kompetensi siswa sesuai standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang, peserta didik maupun guru tidak diharapkan menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku teks yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Buku ini lebih sebagai buku aktivitas siswa yang masih membutuhkan buku-buku penunjang guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik.  Jika  perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah sebagai penunjang, mengingat buku-buku tersebut memang didesain sebagai buku  teks yang sarat materi. Guru maupun peserta didik juga dapat memanfaatkan bahan - bahan belajar lainnya yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan Kompetensi Dasar yang  telah disusun oleh Kemdikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan  catatan  serta saran-saran  perbaikan yang  dilakukan oleh  penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemdikbud.

Berbeda dengan Buku Siswa sebelumnya, berdasarkan  kesepakatan para penulis dan  pihak Puskurbuk, Buku  Siswa kali  ini  tidak dilengkapi dengan lembar latihan. Hal ini dilakukan agar guru lebih  memaksimalkan kegiatan dan latihan-latihan sepanjang kandungan buku siswa selama proses pembelajaran berlangsung, dan bukannya meloncat langsung pada latihan-latihan penye- lesaian soal.  Jika diperlukan, guru juga dapat  berkreasi sendiri membuat soal- soal latihan dan bahan-bahan  penilaian yang diperlukan dan  disesuaikan dengan kondisi peserta didik.

Penulis menyadari betul bahwa buku ini belum sempurna. Pada kenyataannya, buku ini merupakan draft pertama, dan masih akan disusul dengan draft kedua, sebelum akhirnya dianggap sempurna  pada  draft ketiga atau  final. Untuk mencapai hal tersebut, sesuai rencana Kemendikbud, dibutuhkan waktu selama 3 (tiga) tahun.

Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan masukan untuk perbaikan yang mengarah pada kesempurnaan. Kritik dan saran-saran produktif dari pembaca dan pengguna sangat kami nantikan untuk perbaikan di masa yang akan datang.

Penulis

Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas II

1. Buku siswa merupakan buku  panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

2. Buku siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.

3. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di  dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.

4. Pada semester I terdapat 4 tema. Setiap tema terdiri atas 4 subtema.
Tiap subtema diuraikan ke  dalam 6  pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Penjelasan lebih  rinci  tentang aktivitas pembelajaran dituangkan dalam Buku Guru.

5. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin memuat pendekatan saintifik, yaitu  mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan.

6.   Muatan aktivitas siswa dalam buku ini mencakup 4 kompetensi inti dan memuat 3 ranah, yaitu  sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

7. Buku ini bersifat serba-mencakup (self contained) agar dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.

8. Di setiap akhir pembelajaran, terdapat  kolom untuk orang tua dengan subjudul Kerja  Sama dengan Orang Tua. Kolom ini berisi aktivitas belajar yang dapat dilakukan orang tua bersama siswa. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat aktif dalam aktivitas belajar siswa.

9. Kecuali sangat sedikit teks pelajaran membaca yang  merupakan konsumsi siswa, wacana-wacana yang  ada di buku  siswa diperuntukkan bagi guru, bukan siswa. Meskipun demikian, mengingat siswa akan terpapar dengan teks-teks itu, khusus untuk buku kelas II penggunaan tanda baca hanya pada yang  bersifat dasar dan seperlunya saja, seperti penggunaan huruf kapital di awal kalimat, penulisan nama, serta penggunaan tanda titik  (.), tanda koma (,), tanda hubung (-), dan tanda tanya (?).

10. Pada setiap akhir subtema terdapat lembar refleksi diri dengan ikon “Sekarang  Aku  Bisa”.  Lembar ini bertujuan membantu siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang  harus ditingkatkan.

11. Lembar penilaian merupakan bagian akhir subtema yang dapat digunakan sebagai alat penilaian pencapaian kompetensi. Namun, guru dapat mengembangkan alat penilaian sendiri sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Bagi yang ingin mengunduh buku ini silahkan Download Buku Siswa Kelas 2 SD / MI Tema 2 Bermain Di Lingkunganku Kurikulum 2013 melalui Link dibawah ini :


Demikian artikel tentang Buku Siswa Kelas 2 SD / MI Tema 2 ini, jika ada kendala atau pertanyaan silahkan komentar dibawah ini, atau bisa juga melalui halaman menu request diatas.

Happy Days.
Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja