Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa Kelas 2 SD / MI Tema 3 Tugasku Sehari-hari Semester 1 Kurikulum 2013

InfoLoh.com - Hallo sobat infoloh dimanapun berada, kali ini admin berbagi artikel tentang Buku Siswa Kelas 2 SD / MI Tema 3 Tugasku Sehari-hari, semoga bisa membantu tugas siswa dan kerja para guru disekolah.

Berikut Kata Pengantar buku ini, bagi yang ingin mendownloadnya bisa dibawah ini :

Disklaimer : Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “Dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Katalog Dalam Terbitan (KDT)

Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tugasku Sehari-hari / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.--Jakarta : Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
vi, 170 hlm. : ilus. ; 29,7 cm. (Tema: 3)

Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Untuk SD/MI Kelas II
ISBN 978-602-427-167-1

1. Tematik Terpadu -- Studi dan Pengajaran
I. Judul
II. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
372
Penulis : Purnomosidi.

Penelaah : Advendi Kristyandaru, Elindra Yetti, Felicia N. Utorodewo, Prayoga Bestari, Rahmat, Rita Milyartini, Suharji, Suwarsono, Widia Pekerti.
Pe-review : Siti Ade Yati
Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kata Pengantar

Buku ini disusun dengan mengacu pada kompetensi dasar sesuai amanat Kurikulum 2013. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh  siswa. Kemudian, dirumuskan juga proses pembelajaran dan penilaian untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan. Proses pembelajaran dirancang berbasis aktivitas dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Buku ini mengarahkan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu.

Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa hendaknya diajak untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia di sekitarnya. Peran dan kerativitas guru sangat penting dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa terhadap materi pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam buku ini. Guru dapat memperkaya pemahaman dan pengalaman siswa dengan berbagai bentuk kegiatan lain bersumber dari buku-buku dan media pembelajaran yang ada di sekolah.

Penulisan buku ini tercipta melalui proses yang cukup panjang. Berbagai pihak telah banyak memberikan dukungan berupa saran, masukan, koreksi, dorongan, dan arahan. Buku ini masih sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, penulis mengharapkan para pembaca dapat memberikan kritik, saran, dan masukan yang membangun untuk menyempurnakan buku ini. Atas kontribusi yang diberikan, penulis ucapkan terima kasih.

Penulis

Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas II

1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

2. Buku Siswa didesain penuh gambar dan warna untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa.

3. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Panduan Guru.

4. Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide  kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Panduan Guru  atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.

5. Buku Kelas II semester I terdiri dari empat tema. Setiap tema terdiri dari empat subtema. Tiap subtema diuraikan ke dalam enam pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk satu hari. Penjelasan lebih rinci tentang aktivitas pembelajaran dituangkan pada Buku Panduan Guru.

6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul berdasarkan pendekatan saintifik sebagai berikut:

  • Mengamati : Ayo mengamati, Ayo membaca
  • Mencoba : Ayo mencoba, Ayo berlatih, Ayo berkreasi, Ayo bernyanyi, Ayo menari, Ayo bermain peran
  • Menalar : Ayo berdiskusi
  • Mengomunikasikan : Ayo bercerita, Ayo menulis.

7. Buku ini bersifat serba-mencakup (self contained) agar dapat digunakan oleh  siswa secara mandiri di rumah.

8. Buku Siswa berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi siswa dan guru untuk melengkapi dan memperkaya materi dari berbagai sumber.

9. Di setiap akhir pembelajaran, terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul Kegiatan Bersama Orang Tua. Kolom ini berisi aktivitas belajar yang dapat dilakukan siswa bersama orang tua di rumah. Orang tua diharapkan terlibat aktif dalam proses belajar siswa sesuai dengan pengalaman yang dimilikinya.

10. Pada setiap akhir subtema, terdapat lembar refleksi diri dengan ikon “Sekarang Aku Bisa”. Lembar ini merupakan penilaian pada diri sendiri yang bertujuan membantu siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang harus ditingkatkan.

Bagi yang ingin mendownload Buku Siswa Kelas 2 SD / MI Tema 3 Tugasku Sehari-hari bisa melalui Link dibawah ini :


Demikianlah artikel tentang Buku Siswa Kelas 2 SD / MI Tema 3 ini, jika ada kendala atau pertanyaan silahkan komentar dibawah atau bisa juga melalui halaman menu request diatas.

Happy Days.
Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja