Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Lengkap dan Mudah Cara Optimasi SEO Off-Site

InfoLoh.com - Hallo sobat infoloh dimanapun berada, kali ini admin berbagi artikel tentang Tutorial Lengkap dan Mudah Cara Optimasi SEO Off-Site semoga bisa menambah wawasan anda dalam ilmu SEO untuk web/blog anda.

Sebelumnya admin pernah membahas : Tutorial Lengkap Dan Ampuh Cara Optimasi SEO (Search Engine Optimization). dan kali ini admin membahas Cara Optimasi SEO Off-Site.

Pengertian Off Page Optimization (Off-site SEO)
Dikutip dari Google, Off-Page SEO optimization adalah proses dalam membuat inbound links (backlinks) yang berasal dari luar situs web kita yang dibuat senatural mungkin. Kenapa “Natural” ini penting? Karena seperti kita ketahui bahwa search engine sudah semakin cerdas dan lebih mementingkan user experience. Karna itu melakukan optimasi SEO yang terkesan berlebihan, manipulatif atau unnatural links justru akan menghancurkan situs web kita secara keseluruhan.

Keunggulan utama dari off page optimization adalah backlinks. Backlinks itu ibarat sebuah jembatan yang menghubungkan dunia Internet dengan situs web kita. Jika jumlah backlinks banyak akan meningkatkan peringkat situs web kita. Dan ini penting karna peringkat blog/web akan semakin naik.

Mungkin Anda penasaran, berapa banyak backlinks sih yang kita perlukan untuk menaikkan peringkat situs web Anda? dan, tidak ada jawaban pasti soal itu karena sebuah peringkat bersifat fluktuatif.

Tujuan dan Manfaat Off Page Optimization
Mengapa kita harus dan wajib melakukan optimasi SEO? Jawaban yang bisa admin berikan adalah untuk membuat blog/web bisa sebaik mungkin pada mesin pencarian. Dan akan membantu meningkatkan peringkat situs web kita di mesin pencari seperti Google atau Bing. Karna jika semakin tinggi peringkat blog/web, maka trafik pun semakin naik drastis.

Selain meningkatkan peringkat dan trafik viewer, off page SEO optimization juga memiliki tujuan lainnya seperti :

Membangun Reputasi Blog / Web
Ketika situs kita telah memiliki peringkat yang tinggi, sudah saat untuk menjaga dan membangun reputasi. Tentu saja peringkat ini harus didampingi dengan membuat artikel yang berkualitas dan pastinya bermanfaat, dan informatif, bagi si pembaca.

Branding
Dengan melakukan optimasi off-site SEO, kita bisa membangun personal atau company branding di Internet. Dengan artikel yang bermanfaat maka kita akan memposisikan situs blog / web kita sebagai situs yang terpercaya bagi para pembaca.

Content Marketing
Salah satu hal yang paling penting dari off-site SEO yaitu "Marketing". Situs blog / web kita tentu berisi banyak sekali informasi seperti artikel, produk, dll. Optimasi SEO ini akan membuat artikel dan produk kita dilihat dan dibaca oleh banyak orang.

Identifikasi Kata Kunci
Selain melakukan optimasi off-site SEO. Kita bisa memposting Link / URL situs web kita ke berbagai direktori mesin pencari dunia dan menghubungkan dengan situs web lain sehingga kita bisa mencari kata kunci paling tepat atau juga kata kunci yang paling relevan.

Faktor Keamanan/Kode Enkripsi
Pada artikel sebelumnya sudah kami bahas soal HTTPS dan soal pernyataan Google yang mengumumkan bahwa kode enkripsi HTTPS dijadikan salah satu faktor penentu dalam hasil pencarian. Jadi, situs yang menggunakan kode enkripsi HTTPS akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan dipandang baik oleh Google.

Berikut contoh Blog Admin ini yang menggunakan HTTPS seperti dibawah ini :



Pengertian HTTPS?
Dikutip dari Google, HTTPS (Hyperlink Text Transfer Protocol Secure) adalah metode aman untuk mengolah dan memproses informasi di Internet. Fasilitas ini diberikan oleh Google untuk melindungi pengguna dan memastikan bahwa tidak ada informasi yang disalahgunakan. Google menggunakan teknologi Secure Sockets Layers (SSL) yang berfungsi memfilter data antara komputer kita dengan jaringan. Gunanya adalah untuk mencegah pihak-pihak lain (seperti Internet provider atau Wi-Fi hotspots) melihat histori pencarian atau informasi login kita.

Jika Anda bisa mensetting situs yang Anda miliki ke HTTPS sendiri, silakan lakukan segera. Jika tidak mengerti, maka Anda bisa meminta bantuan pemasangan kepada penyedia layanan SSL tempat Anda membeli domain atau hosting. Atau anda bisa meminta bantuan admin dalam melakukan pemasangan SSL ini

Nah, ke topik pentingnya bagaimana cara untuk meningkatkan peringkat Situs kita?, simak dibawah ini :

1.Konten

Yang pastinya Konten yang berkualitaslah rajanya. Jika Anda rajin membuat artikel yang unik dan informatif, bukan cuman memikat pembaca baru, tapi juga sedang memikat para pembaca tetap yang akan datang ke situs web Anda secara regular. Dan jangan lupa, masukkan keywords kedalam artikel agar artikel dan situs web Anda tetap search engine-friendly.

2. Media Sosial

Berbagai orang dibelahan dunia ini pasti sudah tidak asing lagi dengan Media Sosial, mereka adalah target pasar potensial. Setiap kita membagikan setiap artikel ke berbagai media sosial adalah langkah mudah untuk mempromosikan situs dan bisnis Anda. Dengan interaksi di media sosial maka anda bisa mendengarkan pendapat, kritik, dan saran yang bisa digunakan untuk meningkatkan pelayanan.

3. Kata Kunci / Keywords

Yang perlu anda ketahui, bahwa long-tail keywords atau kata kunci yang berupa frasa akan lebih efektif digunakan daripada kata kunci yang hanya terdiri dari satu kata karena long-tail keywords akan memberikan hasil pencarian yang lebih spesifik.

4. Responsif

Dijaman ini kebanyakan pembaca mengakses situs blog / web dari smartphone atau tab mereka. Jika Anda pernah memperhatikan demografi device di Google Analytics, maka Anda bisa menlihat jumlah pengunjung yang menggunakan smartphone. Untuk itulah, kita harus memastikan tampilan situs blog / web kita responsif sehingga mudah diakses di berbagai device.

5. Mesin Pencari

Google bukanlah satu-satunya mesin pencari dibelahan dunia ini. Jadi, selain optimasi SEO Google, juga kita tetap harus meningkatkan SEO dan peringkat di mesin pencari lainnya seperti BING Webmaster dan Yandex Webmaster.

6. Expertise, Authority, Trust (E-A-T)

Tunjukkan kepada si pembaca bahwa Anda memang ahli di bidang yang sedang Anda bahas pada situs anda. Tulislah artikel yang bermanfaat dan dapatkan kepercayaan mereka melalui interaksi yang positif, buat mereka penasaran akan tulisan anda selanjutnya.

7. Web Audit / Maintenance

Pastikan situs blog / web Anda bersih dan tidak ada masalah apapun. Jika ada masalah maka segera anda selesaikan sebelum memperburuk kinerja situs anda. Seperti kecepatan, alt tag, on-page SEO, coding, dll.

8. Off-Page Optimization

Dengan melakukan Optimasi off-page maka akan membangun backlinks yang terpercaya dan berkualitas ke situs web Anda. Dan hal ini yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan peringkat situs blog / web kita.

9. Faktor Keamanan

Dan yang terakhir adalah "Keamanan". Dengan menggunakan enkripsi yang aman akan meningkatkan rasa percaya dari para pengunjung dan pelanggan Anda. Dewasa ini, anda bisa mendapat SSL Let's Encrypt secara gratis yang bisa anda setting sendiri pada dasbor blogger anda atau didalam hosting anda.

Anda juga bisa mendapatkan SSL secara gratis dengan memanfaatkan layanan cloudflare yang pernah admin bahas : Cara Lengkap Mendapatkan Fitur SSL Gratis Dari Cloudflare Untuk Wordpress Self Hosting.

Demikian admin bagikan artikel Cara Optimasi SEO Off-Site ini, semoga bisa membantu dalam meningkatkan SEO situs anda, jika ada kendala atau pertanyaan silahkan komentar dibawah dan kita bahas bersama.

Semoga Bermanfaat, Happy Days.
Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja