Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jitu Mengatasi Website Terkena Malware

Pada kesempatan kali ini Admin akan kembali membagikan sebuah tutorial yang mungkin sangat dibutuhkan sobat saat ini yaitu Cara Jitu Mengatasi Website Terkena Malware.

Pada saat kita berselancar diinternet, mungkin anda pernah mengunjungi atau nyasar ke sebuah website yang tidak bisa diakses. arti tidak bisa diakses disini bukan karena permasalahan internal atau yang lainnya, namun melainkan karena website tersebut mengandung virus malware yang kemudian di blok oleh Search Engine dan Browser lainnya.

Dari sisi visitor/pengunjung mungkin ini tidak menjadi masalah, hanya tinggal keluar dan mencari blog lain. Tapi bagaimana jika posisi kita adalah administrator/pemilik website tersebut?, Pastinya ini merupakan suatu bencana, karena website yang di kelola tidak dapat diakses lagi.

Sebagai contoh kasusnya bisa dilihat seperti pada gambar dibawah ini:

Cara Jitu Mengatasi Website Terkena Malware


dan contoh kasus website lainnya :

Cara Jitu Mengatasi Website Terkena Malware 2


Pada saat hal ini terjadi, maka Google sebagai Search Engine terbesar akan mencoba mengirimkan notifikasi kepada email Administrator/pemilik website tersebut. Alamat email yang dituju biasanya:

abuse@namadomain.com
admin@namadomain.com
administrator@namadomain.com
contact@namadomain.com
info@namadomain.com

Jika pihak Administrator/pemilik website tersebut tidak mempunyai alamat email yang tertera diatas, tentunya tidak akan menerima pesan notifikasi tersebut. Untuk itu, pihak administrator/pemilik website disarankan untuk membuat email pada domainnya dengan menggunakan salah satu user yang tertera diatas.

Bagaimana caranya agar website bisa terdeteksi mengandung virus malware?

Salah satu proses masuknya malware/badware ke dalam website bisa disebabkan oleh administrator/pemilik website itu sendiri. Biasanya terjadi pada saat melakukan upload file ke hosting yang menggunakan komputer yang sudah terinfeksi virus tersebut. Sehingga sebelum file terupload ke hosting, maka terlebih dahulu terinjeksi virus di komputer lokal.

Dan pada saat nantinya Google akan mengindex website tersebut kemudian menemukan adanya mallicious script/malware/badware tertanam di website tersebut, maka google akan langsung memberikan Label Badware/Malware dalam SERP mereka begitupun beberapa browser biasanya akan memblokirnya juga.

Selain karena kecerobohan administrator/pemilik website sendiri, malware juga bisa di injectkan ke website oleh orang lain. Hal ini bisa dikarenakan tingkat security websitenya yang masih rendah atau adanya bug/celah keamanan pada website sehingga mudah ditembus oleh para Hacker.

Oke kembali ke topik, jika website terkena virus malware, langkah apa yang harus diambil untuk mengatasi masalah tersebut? Silahkan simak langkah dibawah ini:

Cara Mengatasi Website yang Terkena Malware.

Caranya masuk ke direktori website anda dari cPanel hosting anda lalu cari apakah terdapat file-file aneh yang tidak dikenal? Contohnya: [huruf acak].php, [huruf acak].html, [huruf acak].sql, jika ada anda bisa langsung menghapusnya (jika tidak yakin silahkan backup dahulu datanya). Selain itu bisa dicek file index.php pada website dan juga pada theme yang digunakan, karena biasanya file ini yang sering terkena Inject.

Jika anda tidak juga menemukan adanya file aneh atau file yang terinjeksi, langkah terakhir untuk memastikannya dan mencari malware tersebut adalah dengan cara mendownload file website secara keseluruhan ke komputer lokal (pastikan komputer bebas virus) kemudian lakukan scanning menggunakan Antivirus dengan update paling terbaru. Jika malware ditemukan, lihatlah file apa yang terinfeksi, jika termasuk file websitenya maka bisa kita replace dengan file asli website, tetapi jika ternyata merupakan file yang tidak dikenal, bisa dihapuskan saja.

Meminta Review pada Google.

Setelah malware kita bersihkan, selanjutnya upload ulang file website anda tersebut. Atau jika ingin cara yang lebih simpelnya, tinggal timpa saja file website yang terinfeksi malware dengan file default  website.

Selanjutnya untuk menghilangkan blacklist Google, kita harus meminta Google untuk mereview website kita kembali. Caranya melalui layanan Google Webmaster Tool.

Berikut ini langkah-langkahnya:

Anda harus memiliki sebuah akun di google, bisa berupa akun email di gmail.com.

Masuk ke http://google.com/webmasters/tools

Daftarkan website anda di google webmaster tools lalu lakukan verifikasi/verify. Untuk cara verifikasinya bisa dengan cara upload file (nama file biasanya googlefc91be7d5e697d70.html) yang disediakan oleh google kemdian upload ke direktori website anda.

Setelah itu di dashboard Google Webmaster Tool akan terlihat url website anda. Jika website anda masih dalam keadaan terdeteksi malware, maka akan terlihat icon “tanda seru merah” yang menandakan ada yang tidak beres dengan website anda tersebut.

Cara Jitu Mengatasi Website Terkena Malware 3


Maka selanjutnya klik alamat websitenya lalu klik “Request review” kemudian masukan keterangan bahwasanya website anda tersebut sudah bebas dari virus malware dan meminta pihak google untuk mereviewnya.

Cara Jitu Mengatasi Website Terkena Malware 4


Klik Ok, lalu tunggu maksimal 2×24 jam, maka blacklist (malware detected) terhadap website akan hilang selamanya.

Selesai...


Demikianlah tutorial tentang Cara Jitu Mengatasi Website Terkena Malware Admin bagikan, jika ada yang kurang jelas, silahkan bertanya dibawah.

Semoga Bermanfaat ^_^
Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja

Posting Komentar untuk "Cara Jitu Mengatasi Website Terkena Malware"