Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata...Eh Ternyata, Puskesmas Medan Belum Terakreditasi

www.idtoba.com
IdToba.com - HORAS !!!, Ada kabar yang sangat miris yang banyak tidak diketahui oleh seluruh masyarakat Medan ,Sumatera Utara. Ternyata kesemua Puskesmas yang didirikan di Medan belum memiliki akreditasi oleh Kemenkes ( Kementerian kesehatan), padahal Puskesmas di Medan berjumlah sangat banyak, 39 Puskesmas.

Asal tahu saja, sesuai peraturan Menteri Kesehatan No 75 tahun 2014 hukum mengenai kesehatan masyarakat, semua bentuk layanan kesehatan entah itu dari tingkat dasar, pemerintah, swasta, rujukan, dan pribadi wajib melaksanakan pantauan akreditasi.

Irma Suryani, selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Medan mengatakan, "Akreditasi Puskesmas sudah ditentukan oleh Menteri Kesehatan. Ada beberapa Puskesmas yang akan ditindak lanjuti untuk permulaan hukum akreditasi ini. Dimulai dari Puskesmas Belawan, Puskesmas Teladan, Puskesmas Medan Denai, dan Puskesmas Padang Bulan".

Irma Suryani menambahkan, "Seluruh puskesmas yang ada di Indonesia seharusnya memang terakreditasi. Apalagi sudah 39 jumlah Puskesmas yang terdaftar di Medan. Maka keseluruhan Puskesmas tersebut akan ditargetkan sampai  tahun 2019 kedepan untuk realisasi proses akreditasi tersebut".

Dengan ketetapan akreditasi inginnya sih pelayanan yang diberikan Puskesmas terhadap masyarakat akan menjadi lebih maksimal dan menjadi harapan kesehatan layak bagi masyarakatnya.
Dr. Kuspuji, selaku Kepala Puskesmas Teladan membenarkan proses tahapan persiapan akreditasi pemerintah tersebut. Persiapan yang dilaksanakan adalah sarana dan prasarana baik itu dari segi sumber daya manusia yang dimiliki, gedung yang lebih baik, dan pelayanan yang sesuai standart nasional.

"Tujuan akreditasi ini adalah untuk menciptakan standar kenyamanan bagi pasien Puskesmas, dokter umum sudah tersedia dan diturunkan dari dinas kesehatan"Ujar Dr. Kuspuji.

www.idtoba.com 2

Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja

Posting Komentar untuk "Ternyata...Eh Ternyata, Puskesmas Medan Belum Terakreditasi"