Memijat Kurangi Peradangan Otot


Penelitian Membuktikan Pijat Kurangi Peradangan Otot Ghiboo.com - Pijat atau massage sudah terbukti baik bagi kesehatan. Selain untuk meredakan rasa pegal, pijat juga terbukti mampu meredakan peradangan pada otot. Untuk membuktikan penelitian tersebut, peneliti merekrut 11 pemuda dan disuruh untuk melakukan olahraga yang melelahkan.

Setelah melakukan olahraga, setiap pria diberikan terapi pijat hanya pada sebelah kaki selama 10 menit. Kemudian, peserta diminta beristirahat. Setelah dua jam masa pemulihan, peneliti mengambil sampel jaringan biopsi pada kedua kaki partisipan untuk membandingkan otot yang dipijat dan tidak.

Peneliti juga telah mengambil sampel jaringan biopsi sebelum peserta memulai penelitian. Hasilnya, yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine menunjukkan bahwa pijatan mengurangi efek sitokin, molekul sinyal sistem kekebalan tubuh yang berkontribusi menyebabkan peradangan.

 Pada saat yang bersamaan juga ditemukan aktivitas gen yang meningkatkan mitokondira, sel yang menjadi pembangkit tenaga. Peneliti meyakini penurunan rasa pegal berhubungan dengan pijatan yang memiliki manfaat yang sama dengan pengonsumsian obat anti peradangan.

"Manfaat potensial dari pijatan bagi semua orang, termasuk orang lanjut usia, mereka yang menderita muskulosketal hingga penyakit peradangan kronis," ungkap ketua penelitian Dr Mark Tarnopolsky, dari the Department of Pediatrics and Medicine, McMaster University di Kanada, seperti dilansir melalui Dailymail.

Belum ada Komentar untuk "Memijat Kurangi Peradangan Otot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel