Aspek Keamanan Sistem Informasi

Pada kesempatan ini Admin Pernando juga masih membahas tentang "Sistem Keamanan Informasi"
beberapa hari yang lalu dikampus Admin mempelajari "Kemanan Sistem Informasi" dan sangat menarik buat Admin sehingga Admin mengumpulkan beberapa pembahasan dari Sumber Referensi yang terpercaya dan Admin bagikan pada sobat (ada dipostingan sebelumnya)

Kali ini Admin akan membagikan Aspek-Aspek Kemanan Sistem Informasi dan perhatikan dengan seksama !

Aspek Keamanan Sistem Informasi
Dalam dunia komputerisasi seperti sekarang, keamanan dan keaslian informasi sudah menjadi hal yang penting. Sudah banyak tutorial, tips, trik dan lain sebagainya untuk menjaga agar informasi menjadi aman dari berbagai masalah-masalah yang bisa saja timbul seperti penyadapan lalulintas informasi hingga pemalsuan informasi. Akan tetapi cara dan teknik orang yang Tak bertanggung jawab dalam menyerang sebuah sistem komputer untuk mendapat informasi yang tidak diperuntukan untuknya juga semakin berkembang. Sehingga ketika membahas masalah keamanan informasi seakan tidak ada habisnya.

Dari sekian banyak cara yang tersebar di internet dan dibuku-buku tentang keamanan informasi, sebenarnya ada 8 aspek yang jika semua dapat  dipenuhi dan dijalankan dengan baik maka keamanan informasi dapat terjaga dengan baik pula. Aspek-aspek tersebut adalah :

1. Aithentication : agar penerima informasi dapat memastikan keaslian pesan tersebut datang dari orang yang dimintai informasi. Artinya informasi yang diterima benar dari orang yang dikehendaki.

2. Integrity : keaslian pesan yang dikirim melalui sebuah jaringan dan dapat dipastikan dapat dipastikan pesan yang dikirim tidak dapat dimodifikasi oleh orang yang tidak berhak dalam perjalan pengiriman informasi tersebut.

3. Non Repudiation : merupakan hal yang bersangkutan dengan sipengirim informasi. Si pengirim tidak dapat mengelak dialah yang mengiriim informasi tersebut.

4. Authority : Informasi yang berada pada sistem jaringan tidak dapat dimodifikasi oleh orang yang tidak berhak.

5. Confidentiality : merupakan usaha untuk menjaga informasi dari orang yang tidak behak mengakses. Aspek ini biasanya behubungan dengan informasi yang diberikan kepada pihak lain.

6. Privacy : lebih kearah data-data yang sifatnya private.

7. Availability : ketersediaan hubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan. Sistem informasi yang diserang atau dijebol dapat menghambat atau meniadakan akses keinformasi.

8. Access Control : Aspek ini behunbungan dengan cara pengaturan akses kepada infomasi. Aspek ini berhubungan dengan aspek Authentication dan Privacy. Access Control seringkali dilakukan dengan kombinasi user id dan password atau dengan mekanisme lainnya.

Demikianlah info yang Admin bagikan hari ini,

Semoga Bermanfaat ^_^

Belum ada Komentar untuk "Aspek Keamanan Sistem Informasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel