Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Circuit opening relay atau Fuel pump electrical circuit

Circuit opening relay ( Fuel pump electrical circuit) Fungsinya adalah untuk menambah suplay listrik ke pompa bahan bakar ( fule pump ) dan air valve ( katub udara ). Relay ini akan memberhentikan kerja fuel pump dengan tujuan untuk mencegah meluapnya bahan bakar dalam peristiwa kecelakaan yang mana saluran bahan bakar rusak dan mesin mati.

Cara kerja:
(1). Bila ignition switch diposisikan pada ST (start) arus listrik mengalir sebagai berikut:
a).

Circuit opening relay atau Fuel pump electrical circuit

b). Sewaktu arus listrik mengalir melalui coil L2, contact point akan tertutup dikarenakan adanya gaya magnet, dan sirkuit berikutnya terbentuk untuk bekerjanya fuel pump secara terus menerus.

Circuit opening relay atau Fuel pump electrical circuit 2

(2). Bila mesin mulai hidup, circuit (1) berakhir akan tetapi point pada air flow meter tertutup dan sirkuit berikutnya terbentuk sehingga fuel pump bekerja terus menerus:

Circuit opening relay atau Fuel pump electrical circuit 3

oleh karena itu, arus listrik tetap mengalir ke coil L1, circuit (2) tetap tidak berubah.

(3). Selama mesin bekerja, sebelumnya sirkuit 3 terbentuk. Pada waktu itu, condenser terisi penuh. Jika throtle valve tiba – tiba tertutup dan udara untuk sementara waktu berhenti mengalir melalui air flow meter, plat pengukur ( measuring plate ) akan tertutup dan fuel pump switch akan off, Jadi sirkuit 3 akan berakhir dan point pada circuit opening relay terbuka. Untuk alasan ini, pada saat yang sama, condenser C mengeluarkan arus ( muatan ) melalui tahanan ( R ) dan tahanan L1 sehingga point tetap tertutup.

(4). Fuel pump tidak akan bekerja bila mesin mati, sekalipun ignition switch diposisikan ke ON.

Catatan:
– Fuel pump  check connector adalah berfungsi untuk menghidupkan fuel pump bila mesin mati ( Tidak bisa hidup ) supaya volume injeksi dapat  di dapat diperiksa.
Bila kedua terminal pada connector dihubungkan singkat  ( short circuit ) coil L1 termasa akibat L1 menjadi magnet dan tertutup point.
– Jika mesin mati dikarenakan bahan bakar kurang, mungkin penyebabnya contact point pada circuit opening relay rusak.

Pertanyaan:
Dengan mesin mati,  ada metode lain untuk menghidupkan fuel pump tanpa menghubungkan singkat fuel pump check connector?

Jawab:

Dengan membuka measuring plate pada air flow meter secara berlahan fuel switch akan menjadi ON.
Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja

Posting Komentar untuk "Circuit opening relay atau Fuel pump electrical circuit"