Menjaga Performa komputer agar tetap stabil dan tidak lambat

Hai semua, kita kali ini akan membahas tentang cara menjaga Performa komputer agar tetap stabil dan tidak lemot atau lambat. Namun sebelumnya saya akan mengungkit satu permasalahan yang sering kita abaikan lewat komputer kita dirumah. Ini adalah salah satu pengalaman saya bersama laptop saya mulai dari tahun 2011 sampai 2014 tidak pernah mengalami masalah apapun dan juga saya kategorikan sebagai laptop yang handal saat beroperasi.

Mengapa saya katakan demikian? Dulu saya pernah menginstall perangkat lunak seperti microsoft word 2003 dan microsoft word 2007 bersamaan dan satupun tidak saya uniinstall dari laptop saya. Ditambah lagi dengan satu paket adobe lengkap dengan bobot kapasitas tinggi, serta masih banyak lagi yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu.

Menu tiap perangkat lunak yang saya install dilaptop saya sudah mencapai setengah layar dan jika dalam situasi seperti ini maka kemungkinan besar laptop saya akan lelet dan menyebabkan panas yang berlebihan sehingga laptop akan cepat rusak dan terbakar.
Namun kenyataannya adalah tidak ada masalah. Hingga mencapai usis 3 tahun lamanya laptop saya tidak ada masalah apapun termasuk lemot dan berat.

Kira – kira anda tahu apa penyebabnya sehingga performanya tetap setabil?
Penasaran bukan?

Sebelumnya saya menghimbau kepada setiap pembaca agar tidak mengikuti adegan saya diatas Kecuali sudah professional. hahaha
Cara yang tepat adalah seperti yang tercantum pada langkah – langkah dibawah ini.

1. Tata isi komputer sedemikian rapi dan teratur.
Ini juga sangat berpengaruh pada Komputer anda. Jangan pernah menyimpan perangkat lunak yang diinstall diluar daripada Dir C. Ini akan mengganggu kinerja hardisk anda. Percayalah. Perangkat lunak yang ingin diinstall, simpan saja di folder Program file didalam Dir C anda.

Namun rapikan posisinya dan jangan terlalu beragam. Anda juga harus merapikan dan membuat folder tertentu tergantung apa isi foldernya dan jangan dicampur adu. Ini akan mengurangi umur komputer dan hardisk anda. Jangan menampilkan berkas di layar dekstop anda. Seperti berkas tugas, berkas video anda dan lain sebagainya. Cukup buat foldernya lalu susun rapi didalam folder itu sendiri.

Menjaga Performa komputer agar tetap stabil dan tidak lambat

2. Gunakan font default komputer anda
Ini sangat berpengaruh pada kinerja komputer anda. Jika anda merubah font yang lebih unik dari yang sebelumnya adalah standart maka komputer anda akan mulai merasakan berat namun tidak terlalu kelihatan dan hanya terasa beberapa persen saja. Ini merupakan kesalahan – kesalahan yang kurang kita sadari selaku pemilik komputer. Jadi, cukup gunakan font bawaaan dari komputer itu sendiri.

Menjaga Performa komputer agar tetap stabil dan tidak lambat 1

3. Gunakan Kipas Pendingin.
Ini sangat dianjurkan bagi anda untuk menjaga performa komputer anda. Kipas pendingin ini kita dapat melihat langsung pada laptop dan untuk komputer bisa kita lihat dibagikan samping CPU.
Terkadang orang tidak memperhatikan itu dan ini akan membuat perangkat yang bekerja akan cepat panas, meleleh/ memuai dan kemudian rusak. Untuk laptop, kerusakan seperti ini biasanya melibatkan semua motherboardya. Jadi, Harap diperhatikan ya?

Menjaga Performa komputer agar tetap stabil dan tidak lambat 2
4. Gunakan Software Cleaner (pembersih sampah )
Software ini juga sangat berperan penting dalam menjaga performa komputer agar tidak lemot.
Orang banyak menyebut nama software ini adalah sebagai Registry cleaner atau pembersih registry dimana perangkat ini sangat berperan dalam membersihkan sampah dan juga program gagal yang tidak sepenuhnya terhapus saat di uniinstall dari komputer. Saya biasanya dan percaya pada Auslogic Bootspeed. Saya menggunakan software ini dari dulu semenjak laptop saya lahir bagi saya. hehehe

Menjaga Performa komputer agar tetap stabil dan tidak lambat 3

5. Mendefragment File komputer
Mendefragment adalah cara yang bagus untuk meringankan komputer anda dari file rusak. Namun, cara ini cukup anda lakukan setiap 1x dalam seminggu. Ini dilakukan dengan jarak seminggu untuk memberikan kelonggaran pada Komputer kita sendiri. Jika terus menerus file yang  didalam komputer di difragmen maka itu akan mengurangi umur laptop anda juga. Jadi serba salah kan? Nah untuk itu silahkan lakukan deframen file dan registry minimal 1x seminggu.

Menjaga Performa komputer agar tetap stabil dan tidak lambat 4

6. System Uniinstall Perangkat lunak.
Anda harus berpikir dahulu sebelum uniinstall setiap perangkat lunak didalam komputer. Terkadang perangkat itu bisa saja terhubung ke perangkat lainnya. Salah bertindak dapat membuat kesalahan yang berdampak pada performa komputer anda. Jangan melakukan Uniinstall perangkat lunak secara berturut – turut setiap hari. Itu juga akan berpengaruh pada hardisk anda sendiri.

Bagi para pemula, sebaiknya hindari penghapusan/ uniinstall perangkat secara langsung dengan menghapus folder perangkat itu sendiri didalam C:program file karena akan meninggalkan banyak sekali sampah pada system anda. Jika sampah ini bertumpuk banyak maka akan mengakibatkan komputer lambat bekerja.


Menjaga Performa komputer agar tetap stabil dan tidak lambat 5

7. Merawat registry
Cara ini hanya khusus bagi yang professional dan mengerti tentang registry komputer.
Untuk sekedar memantau saja, dapat anda buka dengan perintah:
Tekan Windows + R kemudian ketikkan kata REGEDIT maka akan tampil layar yang berisi banyak folder secara vertikal pada sebelah kiri.

Didalam folder tersebut ada masing – masing perintah untuk perangkat lunak yang sudah terinstall dikomputer anda. Namun, ketika anda selesai menguniinstall software anda maka kadang folder yang ada diregistry tidak terhapus dan ini akan menyebabkan sampah.

Tidak semua pembersih dapat menghapus isi folder tersebut. Alasan yang utama adalah karena pada saat anda menguniinstall software, kadang perangkat itu menyimpan pengaturan pribadi anda dimana perintahnya kadang ada pada folder di registry. Ada juga tidak demikian.

Nah, disini anda harus bisa merawat dan membersihkannya. Bukan hanya sekedar lewat software cleaner saja tetapi lakukanlah secara manual.


Menjaga Performa komputer agar tetap stabil dan tidak lambat 6

8. Membatasi Jumlah Perangkat Yang Dibuka.
Ini adalah yang paling bermasalah dari setiap masalah yang kita bahas diatas. Membuka atau menjalankan perangkat lebih dari 3 misalnya dapat meningkatkan panas yang tinggi pada komputer anda. Oke, saya jelaskan maksudnya kepada anda.

Jika anda sedang dalam keadaan online, anda membuka microsoft word dan mengetik didalamnya lalu anda membuka game anda tanpa menutup semua perangkat yang anda buka, maka itu akan merusak komputer anda secara berlahan. Coba anda bandingkan dengan orang yang membuka dua perangkat saja. Namun, panas dan kerja komputer dipengaruhi juga akibat dari bobot perangkat itu sendiri. Oke, intinya adalah membatasi perangkat yang anda buka dan tidak membuka perangkat sebanyak mungkin di komputer anda. Semoga anda mengerti!

Menjaga Performa komputer agar tetap stabil dan tidak lambat 7

9. Akibat Terinfeksi virus.
Diharapkan agar anda dapat memeriksa komputer anda dari virus, Virus yang menginfeksi berkas akan membuat komputer anda lambat bekerja. Mengapa demikian?
Kita telah mengetahui cara kerja setiap virus dan itu tergantung dari virus itu sendiri. Ada virus yang menduplikat berkas dan ada virus yang memperbanyak dirinya sendiri. Yang lebih parahnya lagi adalah, virus tersebut dapat menyembunyikan berkas anda.

Jika ini dibiarkan maka akan menyebabkan komputer akan lambat bekerja.
Anda harus tahu, bahwa tidak semua antivirus bekerja dengan maksimal. Beberapa antivirus tidak dapat menampilkan berkas yang tersembunyi akibat virus itu sendiri. Yang saya ketahui, antivirus yang dapat mendeteksi berkas yang tersembunyi akibat ulah virus adalah perangkat SMADAV. Jadi, jika anda merasa bahwa berkas anda disembunyikan oleh virus, coba pindai komputer anda dengan smadav.

Menjaga Performa komputer agar tetap stabil dan tidak lambat 8


Demikian tutorial hari ini. Jika anda yang salah atau perlu ditambahkan, silahkan kirimkan komentar anda dibawah ini. Terimakasih

Belum ada Komentar untuk "Menjaga Performa komputer agar tetap stabil dan tidak lambat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel