Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Khas Sumatera Utara

Pada kesempatan kali ini Admin mau membagikan sebuah informasi kuliner khas Sumatera Utara, siapa tahu Sobat mau berwisata ke Sumatera Utara khususnya tanah Batak, Samosir.

10 Makanan Khas Sumatera Utara

Kali ini Admin akan mengenalkan berbagai masakan khas Sumatera Utara yang beraneka ragam rasa dan lezatnya sobat. Jika Anda berwisata ke Provinsi Sumatera Utara anda juga harus tau makanan khas apa yang bisa anda santap disini.

Berikut ini akan Admin ulas beberapa makanan khas Sumatera Utara yang terkenal dan disukai para wisatawan di berbagai daerah dan Mancanegara :

Arsik

10 Makanan Khas Sumatera Utara 2

Kuliner khas Sumatera Utara ini merupakan salah satu masakan yang sangat terkenal dari daerah Tapanuli. Arsik ini merupakan menu masakan ikan mas bumbu kuning dengan sisiknya yang tidak dibuang (tergantung selera). Rasa yang sangat khas dari arsik ini karena bumbu yang digunakan terbuat dari beberapa komponen khas dari beberapa wilayah Sumatera Utara, seperti:
andaliman, asam cikala, dan bumbu lainnya seperti lengkuas, dan serai.
Semua bumbu-bumbu tersebut dicampur dan digiling hingga halus dan kemudian ikan mas tadi dilumuri dengan bumbu yang sudah digiling tadi, lalu ikan digoreng dengan sedikit minyak dengan api yang tidak terlalu besar. NIKMAT!!!


Sayur Daun Ubi Tumbuk

10 Makanan Khas Sumatera Utara 3

Masakan sayuran ini merupakan masakan dengan menggunakan santan kelapa yang dicampur dengan sayuran daun ubi singkong. Cara buatnya, Mula-mula sayur daun ubi ditumbuk sampai halus dan kemudian dicampur dengan bunga kecombrang.
Sayur daun ubi ini bisa anda nikmati bersamaan dengan ikan asin (paling enak ikan asing yang dibakar), ikan teri Medan ataupun sambal terasi. Selera anda apa sebagai campurannya?

Mie Gomak

10 Makanan Khas Sumatera Utara 4

Ada terdapat Spaghetti ala Batak, dan rasanya tidak kalah dengan spaghetti lainnya. Mie ini dinamai mie gomak. Diolah dan dimasak dengan menggunakan berbagai campuran bumbu-bumbu khas dan kuahnya dari olahan santan kuning.

Saksang

10 Makanan Khas Sumatera Utara 5


Saksang merupakan masakan yang hampir sama seperti masakan rica-rica daging asal daerah Manado. Saksang ini biasanya ditemui pada saat acara-acara adat Batak (sekarang telah banyak diolah dirumah sendiri dan banyak tersedia dirumah makan). Saksang dalam khas Toba daging yang digunakan adalah daging babi atau daging anjing. Daging tersebut dicincang lalu dimasak dengan darah, santan serta bumbu rempah-rempahnya. Makanan ini menjadi menu utama yang wajib ada disetiap pernikahan orang Batak, tapi seorang Muslim (Batak Muslim) yang berprinsip haram memakannya, mereka tidak mengkonsumsinya.

Lappet

10 Makanan Khas Sumatera Utara 6


Kue tradisional Sumatera Utara khususnya Tapanuli Utara ini terbuat dari tepung beras, kelapa serta gula aren. Lappet ini dibuat yang membentuk limas serta dibungkus dengan daun pisang agar wanginya lebih sedap. Biasanya Kue khas Medan ini dapat ditemukan di Kota Siborong-borong.

Lemang

10 Makanan Khas Sumatera Utara 7

Di Sumatera Utara juga ada lemang khasnya Sobat. Lemang-lemang ini terbuat dari beras ketan. Cara masaknya seperti biasa, adonan beras ketan yang dicampur dengan santan lalu digulung dahulu dengan menggunakan daun pisang kemudian dimasukkan kedalam bambu yang telah tersedia dan kemudian dibakar sampai matang.

Bika Ambon

10 Makanan Khas Sumatera Utara 8

Kue khas Sumatera Utara yang satu ini adalah Bika ambon. Kue ini terbuat dari telur, santan dan gula. Ada macam-macam rasa kue Bika Ambon ini seperti rasa pandan, coklat, durian, dan keju juga. Daerah-daerah yang biasanya menjual kue Bika ini terdapat di Medan Petisah namun sudah banyak cabangnya diberbagai tempat.

Kacang Sihobuk

10 Makanan Khas Sumatera Utara 9

Kacang Sihobuk merupakan makanan ringan khas Tapanuli Utara yaitu Tarutung, yang memiliki rasa kacang yang renyah dan gurih. Anda bisa menjadikan kacang sihobuk ini sebagai oleh-oleh dari Tapanuli, bisa ditemukan di sekitar daerah Danau Toba, Tarutung dan Sibolga.


Itulah beberapa kuliner khas Sumatera Utara yang bisa Anda rasakan jika berwisata Sumut khususnya Sumatera Utara. Dari beberapa makanan khas diatas, makanan apa yang paling Anda sukai?
isi dikomentar bawah ya

Semoga Bermanfaat ^_^
Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja

Posting Komentar untuk "Makanan Khas Sumatera Utara"