Apa Itu Arti dari Marga? Ini Penjelasannya

Apa Itu Arti dari Marga? Ini Penjelasannya

Pada kesempatan kali ini Admin akan mengulas tentang arti dari Marga untuk menjawab pertanyaan dari Komentar salah satu pengunjung, yaitu:

"gan, ane mau tanya nih, arti dari marga itu apa.? masih ada hubungan darah kah.? maaf,saya sunda jadi kurang info hehehe".

Marga (Nama Keluarga) adalah salah satu nama pertanda dari keluarga mana seseorang berasal. Marga lazim ada di banyak kebudayaan di dunia, bukan hanya di Indonesia. Nama marga dalam kebudayaan Barat dan kebudayaan yang terpengaruh oleh budaya Barat umumnya terletak di belakang nama, sehingga biasa disebut dengan nama belakang.

Kebalikannya, budaya Tionghoa dan Asia Timur lainnya menaruh nama marga di depannya. Ada juga kebudayaan yang dulunya tidak menggunakan marga sama sekali, misalnya suku Jawa di Indonesia, walapun kini sudah ada yang mengadopsi nama dalam keluarganya sendiri.

Marga menjadi sebuah identitas dalam masyarakat dan adat. Marga diturunkan dari ayah kepada anak-anaknya. Marga turun-temurun dari kakek kepada bapak, kepada anak, kepada cucu, kepada cicit, dst. Marga lebih sering digunakan daripada nama, dan biasanya nama disingkat saja, contoh: Pernando Harianja lebih sering digunakan menjadi P. Harianja.

Dalam suku Batak, Marga sangat penting didalam adat istiadatnya dan juga batak sangat menjunjung tinggi sebuah Marga. didalam marga Batak ada juga dikatakan dengan Tarombo Batak (silsilah garis keturunan batak) dimulai dari seorang individu yaitu RAJA BATAK. dan Tarombo Batak ini yang wajib hukumnya untuk diketahui orang batak yang mempunyai marga.

Apa Itu Arti dari Marga? Ini Penjelasannya 2


Si Raja Batak mempunyai 2 (dua) orang putra, yaitu:

- Tuan Doli (Guru Tetea Bulan)
- Raja Isumbaon

Tuan Doli mempunyai 5 (lima) orang putra, yaitu:

- Raja Biakbiak (Raja Uti)
- Saribu Raja
- Limbong Mulana
- Sagala Raja
- Silau Raja

Raja Isumbaon mempunyai 2 (dua) orang putra, yaitu:

- Guru Tetean Bulan
- Tuan Sorip Mangaraja

Itulah awal mulanya Tarombo Batak (Silsilah garis keturunan batak) yang turun temurun hingga saat ini dan sangat dijunjung tinggi oleh suku Batak.

Namun seperti yang Kita ketahui bahwa banyak orang batak yang sudah mulai melupakan Tarombo Bataknya akibat dari sebuah Fanatisme Agama, dan lingkungan sekitarnya. dan ada juga yang malu-malu mengungkapkan identitasnya bahwa dia bermarga yang saat ini alasannya belum diketahui.

Semoga Kita dan anak cucu Kita selalu belajar dan mengingat akan silsilah marga Kita sendiri,dan selalu mengingat asal mulanya marga-Nya dan juga selalu mengingat Bona Pasogitnya serta menjunjung tinggikannya.

NB: Jika ada kesalahan mohon diberitahukan.

HORAS!, MEJUAH-JUAH!, NJUAH-JUAH! BANGSO BATAK!!!

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Arti dari Marga? Ini Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel