Inilah Manfaat Daging Babi Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Daging Babi adalah salah satu jenis daging merah yang sangat populer di kalangan masyarakat barat dan juga timur, terutama pada mereka yang non muslim dan Suku Batak pastinya.

Beberapa hari yang lalu Ormas Islam FPI mendemo Rumah Makan Babi Panggang Karo di Deli Serdang karena memang pada dasarnya itu haram bagi mereka, namun bukan berarti mereka bisa seenaknya mendemo menutup RM. BPK ini semaunya saja karena selama ini aman-aman saja.

Inilah Manfaat Daging Babi Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Untuk itulah Admin akan membahas apa saja Manfaat Daging Babi Bagi Kesehatan dan Kecantikan :

1. Kandungan Energi

Daging babi yang dibudidayakan dan diternak memiliki kandungan energi yang sangatlah tinggi. Hal ini disebabkan dari kandungan lemak didalamnya yang juga tergolong sangat tinggi. Dari 100 gram manfaat daging babi ternak, terkandung 457-kkal. Sangat tinggi bukan??, Energi ini sangat bermanfaat untuk :
- Memberikan tenaga untuk beraktivitas setiap harinya.
- Menjaga daya tahan tubuh.
- Mencegah terjadinya kelelahan.
- Meningkatkan fokus dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun demikian, jika anda kaget dengan kandungan energinya, maka anda dapat mencoba mengkonsumsi daging babi liar (celeng). Daging babi celeng ini memiliki kandungan energi yang lebih sedikit dibandingkan babi ternak, yaitu sekitar 376 kkal per 100 gram daging nya.

2. Protein yang Tinggi

Daging babi juga memiliki keunggulan yang sama seperti manfaat daging kambing pada umumnya, dan beberapa jenis daging merah lainnya. Daging babi memiliki kandungan protein yang tinggi 100 gram daging babi mengandung 11.9 gram protein yang sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh untuk :
- Membentuk masa otot.
- Menjaga kekuatan dan ketahanan tubuh.
- Mengikat lemak.

Nah, daging celeng alias babi liar, memiliki kandungan protein yang sedikit lebih tinggi dibandingkan daging babi ternak biasa, yaitu sekitar 14.1 gram protein per 100 gram dagingnya.

Perlu diperhatikan juga, walaupun kandungan protein pada daging babi tergolong tinggi, namun daging babi, baik celeng maupun daging babi ternak memiliki kandungan lemak yang sangatlah tinggi. Untuk itu dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya berlebihan, karena dapat menyebabkan kegemukan pada tubuh anda.

3. Kalsium

Daging babi baik itu daging babi yang diternakkan ataupun daging babi celeng, memiliki kandungan manfaat kalsium yang cukup tinggi pula. 100 gram daging babi ternak memiliki kandungan kalsium sebanyak 7 mg, sedangkan 100 gram daging babi celeng memiliki kandungan kalsium sebanyak 8 mg. Kalsium yang terkandung dalam daging babi ini berguna untuk :
- Menjaga kesehatan tulang
- Mencegah osteoporosis
- Meninggikan badan terutama dalam masa pertumbuhan

4. Fosfor

Ada kalsium maka ada juga fosfor. Begitu pula pada manfaat daging babi. 100 gram daging babi ternak memiliki kandungan fosfor sebanyak 117 mg dan 100 gram daging babi celeng memiliki kandungan fosfor yang lebih banyak, yaitu sekitar 151 mg fosfor. Fosfor dapat bermanfaat bagi tubuh sebagai :
- Pencegah osteoporosis
- Menjaga kesehatan tulang dan gigi
- Memperkuat tulang

5. Mencegah Anemia

Sama seperti jenis daging merah lainnya, manfaat daging babi juga memiliki kemampuan untuk mencegah penyakt anemia. Daging merah seperti babi, sapi dan kambing mengandung selenium yang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia alias kekurangan darah. Berikut ini dampak dan gejala dari anemia :
- 5 L (Lemah, letih, lesu, lemas, lunglai).
- Mudah terserang penyakit.
- Tidak bertenaga.
- Sering merasa pusing dan mual.
- Sering merasakan sakit kepala.
- Top Herbal Untuk Anemia.

6. Zat Besi

Daging babi juga memiliki kandungan zat besi yang dimana sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Walaupun tidak terlalu tinggi kandungan zat besinya, namun paling tidak manfaat zat besi yang terkandung pada daging babi baik itu babi ternak maupun babi celeng akan digunakan oleh tubuh untuk :
- Membantu produksi sel darah merah.
- Mencegah anemia.
- Mempercepat pertumbuhan luka.
100 gram daging babi ternak mengandung zat besi sebanyak 2 mg, begitupun dengan daging babi celeng yang memiliki kandungan zat besi yang sama.

7. Bahan Penambah Rasa pada Makanan

Daging babi yang telah digoreng akan menghasilkan jenis minyak, yang sering kita sebut dengan minyak babi. Minyak babi yang dihasilkan oleh daging babi ini konon memiliki cita rasa yang nikmat dan lezat tiada duanya, apalagi ketika menjadi salah satu bahan untuk menumis ataupun dimasukkan ke dalam suatu masakan. Hal ini seperti menggunakan manfaat minyak sayur untuk menggoreng makanan.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daging babi ternyata memiliki kandungan collagen yang cukup tinggi. Collagen yang ada pada daging babi ini dapat dimanfaatkan sebagai obat perawatan kulit dan wajah anda, karena dapat :
- Menghilangkan jerawat.
- Mengencangkan kulit.
- Mencegah atau mengurangi gejala penuaan / anti aging.

9. Bahan Baku Pembuatan Sabun

Daging babi memiliki lemak atau fatty acids yang ternyata memiliki banyak manfaat terutama dalam industri pembuatan jenis sabun dan beberapa produk-produk kecantikan. Berikut ini adalah beberapa jenis sabun dan produk kecantikan yang dapat diproduksi dengan bahan dasar lemak atau fatty acids dari babi yatu :
- Sabun mandi.
- Shampoo.
- Pasta gigi.
- Conditioner.
- Krim anti aging.
- Detergen dan pelembut pakaian.

Manfaat Bagian Daging Babi Lainnya

Selain daging babi, banyak sekali bagian-bagian tubuh dari babi, mulai dari rambut, tulang, darah, hingga organ dalam alias jeroan. Bagian tubuh tersebut telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan dan bahan kesehatan, dan ternyata memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini beberapa manfaat lain dari bagian tubuh babi yaitu :
1. Bahan baku pembuatan heparin.
2. Bahan baku kosmetik dan alat kecantikan.
3. Bahan baku filter pada rokok tembakau.
4. Bahan baku pembuatan cangkang kapsul.

Demikianlah, Inilah Manfaat Daging Babi Bagi Kesehatan dan Kecantikan , dan tentunya juga daging babi ini memiliki cita rasa yang nikmat dan lezat yang bisa dikategorikan tiada duanya dalam hal makanan. apalagi dimasak dengan Khas Batak terlebih Karo yaitu Babi Panggang Karo atau familiarnya disebut BPK.

Semoga penutupan Rumah Makan Babi panggang Karo di Deli Serdang tidak terjadi akibat ulah demo dari Ormas Radikal FPI, karena memang selama ini RM. BPK selama ini aman-aman saja.

HORAS!!! MEJUAH-JUAH!!!

[Source: manfaat.co.id]
[Editing: Admin]

3 Komentar untuk "Inilah Manfaat Daging Babi Bagi Kesehatan dan Kecantikan"

  1. pd thn 1990 an.RS Tebet yg dimiliki oleh org Batak memiliki data2 ttg penyakit lambung -tertinggi oleh org batak dan cina- diduga karena konsumsi daging babai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua yang berlebihan, pastilah akan ada penyakit.
      ortu saya (91 thn) pelahap babi dan msh oke2 saja sampe hari ini.
      kuncinya, jangan berlebihan.

      Hapus
    2. yang penting jangan berlebihan.
      ortu saya (91 thn) pelahap babi msh oke2 saja sampai hari ini.
      katanya, makan secukupnya. jangan gelojoh, ok?

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel