Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Lengkap Memulai Usaha Di Media Sosial / Online



InfoLoh.com - Hallo ILer's, kali ini admin akan membahas secara luas Cara Lengkap Memulai Usaha Di Media Sosial / Online bagi sobat yang ingin memulai bisnis secara online.

Dulu, jika kita berbicara tentang bisnis maka akan ada lokasi toko, tempat kantor serta stok barang menjadi komponen paling penting. Tapi, nampaknya hal tersebut telah berbeda 180 derajat jika kita berbicara media sosial (online) untuk bisnis/usaha hari ini. 

Banyak orang saat ini mengandalkan penghasilan mereka hanya dari channel-channel sosial media seperti: facebook, instagram, youtube. Dari kategori seleb, produk kreatif, kuliner, hingga jasa buzzer laris manis terjual dengan bisnis/usaha model yang sama sekali baru. 

Kita sadari atau tidak, model bisnis seperti dropshipping, pre-order, same-day delivery dan pola-pola bisnis sejenis lainnya yang terus berkembang membuat kebutuhan akan sewa ruko, kantor, stok barang menjadi kurang relevan. 

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara kita jika ingin memulai bisnis/usaha baru di sosial media?, Sebelumnya, berikut beberapa konsep dasar yang harus kita pahami :

1. Sosial Media, New Kind of Interaction.

Jika Anda sebelumnya sudah membaca artikel mengenai tren masa depan akan mobile web, maka kita bisa melihat bahwa anak muda sekarang ini paling banyak menghabiskan waktu mereka di depan HP/Mobile ketimbang media lainnya. 

Praktis saja, segala keperluan anak muda pun hampir semuanya sudah mulai dipenuhi melalui device mobile mereka. 

Contoh sederhananya adalah aplikasi chatting Line, Di China sudah mulai mencakup fungsi e-commerce. Mereka merilis chatbot yang mengatur segala jenis transaksi pengguna mulai dari pembelian pulsa, pembayaran listrik sampai pembelian pakaian, sepatu, serta keperluan lainnya. 

Ini adalah pertanda bahwa media sosial ke depan tidak hanya digunakan untuk berinteraksi saja tetapi juga menjadi sumber peredaran dan penghasil uang.  

2. Fokus pada Satu Channel saja.

Fokus dalam kasus satu ini adalah koentji. Tidak jarang admin melihat para Pebisnis pemula yang membuat akun bisnis di semua jenis media sosial. 

Walaupun semuanya itu gratisan, maka yakinlah akan banyak energi bisnis yang terbuang sia-sia hanya untuk mengurus media sosial tersebut. 

Contohnya, sebuah UKM yang memiliki 4 akun media sosial mainstream seperti Youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter. Jika dalam 1 bulan mereka hanya membuat 2 posting di masing-masing media tersebut, apakah ada orang yang tertarik mengikuti akun medsos anda? 

Bandingkan saja jika ke-delapan postingan tersebut hanya ada pada satu akun saja, dan dibuat secara khusus sesuai jenis audience di media Anda. Tentu hasilnya akan berbeda bukan? 

3. Artikel / Konten terbaik adalah segalanya. 

Dalam mem-follow atau mengikuti satu akun sosial media, setiap orang harus punya alasan kuat kenapa mereka harus mengikuti akun sosial media tersebut. Oleh karenanya itu bukanlah hal yang mudah mendapatkan followers. 

Selain konsistensi, dibutuhkan juga konten yang relevan dengan kebutuhan para follower Anda. Jika dari posting saja Anda hanya punya 2 informasi dalam sebulan, kira-kira siapa yang berminat jadi follower Anda?

Dan kalau kita berkaca dari para seleb sosial media lainnya, rata-rata mereka terkenal awalnya hanya dari satu channel media sosial saya yang mereka miliki pertama kali. 

Misalnya saja, Young Lex, yang awalnya terkenal hanya dari akun Ask.fm, Raditya Dika, dan Ria Ricis pun, sebelum banyak memonetisasi via YouTube, mengawali karir di channel Instagram-nya. 

Dari sini saja sudah terbayang kan, bagaimana pentingnya kita fokus dalam pengembangan satu channel media sosial saja? 

Demikianlah admin membahas artikel tentang Cara Lengkap Memulai Usaha Di Media Sosial / Online, dan Selamat memulai karir baru Anda di media sosial (online), 

Jika anda punya pertanyaan atau diskusi, silakan sapa kami lewat kolom komentar.


Happy Days!
Source: Karinov

Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja

Posting Komentar untuk "Cara Lengkap Memulai Usaha Di Media Sosial / Online"