Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Digital Marketing, Pengertian, Dan Cara Kerjanya


InfoLoh.com - Hallo ILer's, kali ini admin akan membahas tentang Apa Itu Digital Marketing, Pengertian, Dan Cara Kerjanya, yang cocok buat anda yang berkarir di Digital Marketing. 

Apakah yang dimaksud dengan Digital Marketing? 

Digital Marketing merupakan aktivitas promosi baik itu untuk sebuah brand ataupun produk menggunakan media elektronik (digital). Dulu, media digital marketing sangatlah terbatas, sebutlah televisi atau radio yang hanya dapat menyampaikan informasi secara satu arah.  

Dewasa ini, dengan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat saat ini serta penerimaan yang cukup luas dari hampir semua lapisan masyarakat, membuat model pemasaran digital adalah salah satu channel utama terbaik. 

Berikut beberapa contoh Teknik Pemasaran yang termasuk dalam Digital Marketing :
  1. SEO – Search Engine Optimization
  2. Periklanan online – FB ads, Adwords, dll.
  3. Iklan televisi & radio
  4. Billboard elektronik (video tron)
  5. Email marketing
  6. Mobile marketing, dan lain-lain


Keunggulan Digital Marketing vs Konvensional

Tidak seperti iklan di koran umumnya, seperti selebaran brosur dan semacamnya, strategi pemasaran menggunakan media digital khsususnya media online dapat diukur secara tepat bahkan real-time. 

Dengan menggunakan media digital, Anda dapat mengetahui berapa lama iklan video produk Anda telah ditonton, berapa persen konversi penjualan anda dari setiap iklan, dan juga Anda bisa mengevaluasi mana iklan yang baik dan tidak.  

Abilitas pemasaran digital akan mode tracking ini tentu sangat membantu para pebisnis dalam menghitung ROI (Return Of Investment) dari budget marketing perusahaan. 

Selain dari faktor kemudahan evaluasi tersebut, luas jangkauan geografis juga jadi salah satu keunggulan digital marketing sendiri. Dan dengan memanfaatkan media digital, Anda dapat menyebarkan konten/brand produk Anda sendiri ke seluruh dunia hanya dengan beberapa kali klik saja. 

Dengan cara ini pula, maka metode offline marketing lawas sudah mulai ditinggalkan oleh perusahaan tertentu.

Cara Memulai Digital Marketing. 

Jika kita berbicara mengenai Digital Marketing, sebagaimana dibahas pada tulisan di atas, spektrum ini sangatlah luas. Oleh karena itu, penting bagi seorang digital marketer untuk tahu mengenai teknik dan resource yang dibutuhkan sebuah perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan dengan baik. 

Salah satu elemen penting dalam dunia digital marketing adalah aset, kenali apa saja aset digital yang Anda miliki saat ini, dan mulailah untuk fokus dalam beberapa aset saja sebagaimana telah dibahas sebelumnya pada tulisan Cara Lengkap Memulai Usaha / Bisnis Di Media Sosial / Online

Adapun beberapa aset dalam digital marketing:
  1. Website. 
  2. Postingan blog.
  3. Akun media sosial.
  4. Identitas brand (logo, company profile).
  5. Jejak online (review/feedback dari pelanggan dll.).

Kalau Anda sudah memiliki beberapa aset di atas, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun dan meningkatkan brand yang Anda miliki. 

Misalnya untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang akan menarik calon pelanggan Anda. Atau melalui sosial media lainnya seperti instagram, facebook, dan youtube, maka buatlah foto dan video pendek yang menarik dan share-able. 

Hal yang cukup penting, jika kamu aktif dalam forum atau marketplace publik, maka usahakanlah profil usaha kamu punya rating dan review yang baik dari para pelanggan.

Demikianlah artikel tentang Apa Itu Digital Marketing, Pengertian, Dan Cara Kerjanya semoga bisa menambah waawasan anda.


Happy Days!
Source: Karinov
Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja

Posting Komentar untuk "Apa Itu Digital Marketing, Pengertian, Dan Cara Kerjanya"