Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa Kelas 2 SD / MI Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Semester 2 Kurikulum 2013

InfoLoh.com - Hallo sobat infoloh dimanapun berada, kali ini admin berbagi artikel tentang Buku Siswa Kelas 2 SD / MI Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Semester 2 Kurikulum 2013, semoga bisa membantu proses belajar mengajar siswa/i disekolah.

Berikut kata pengantar dari buku ini, dan bisa Anda download dibawah ini :

Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia- Nya penulis dapat menyelesaikan buku ini dengan baik. Buku ini terdiri atas 4 subtema, yaitu Aturan Keselamatan di Rumah, Menjaga Keselamatan di Rumah, Aturan Keselamatan di Perjalanan, dan Menjaga Keselamatan di Perjalanan.

Buku ini mengadopsi pendekatan tematik terpadu dalam setiap pembelajaran. Pendekatan tematik terpadu dipilih dengan beberapa pertimbangan. Pertama, siswa kelas  II SD/MI, sesuai perkembangannya lebih mudah memahami pengetahuan faktual, diajak melalui tema-tema mengikuti proses pembelajaran transdisipliner di mana kompetensi yang diajarkan dikaitkan dengan konteks siswa dan lingkungannya. Kedua, melalui pendekatan tematik terpadu, pembelajaran multidisipliner- interdisipliner dapat diwujudkan sehingga tumpang tindih antarmateri pembelajaran yang selama ini terjadi dapat dihindari demi tercapainya efisiensi materi pembelajaran dan efektivitas penyerapannya oleh  siswa.

Buku ini mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi sesuai dengan amanat Kurikulum 2013. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Selain itu, dirumuskan juga proses pembelajaran dan penilaian yang diperlukan untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan. Proses pembelajaran yang dirancang berbasis pada aktivitas dengan melibatkan siswa secara aktif  dalam proses pembelajaran. Di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa. Buku ini mengarahkan kegiatan yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu. Pemanfaatan buku ini mengarahkan siswa mempraktikkan materi-materi kegiatan yang  tercantum di dalamnya secara mandiri atau kelompok, bukan buku yang materinya dibaca, diisi, ataupun dihafal.

Perlu dijelaskan bahwa buku ini baru menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang  diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa hendaknya diajak untuk mencari sumber belajar lain  yang  tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran dan kreativitas guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru  dapat memperkaya pemahaman dan pengalaman siswa dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam sekitar.

Penulisan buku ini melalui proses yang cukup panjang. Penulisannya dilakukan secara sistematis dan terstruktur dengan baik. Buku ini lahir bukan murni sebagai hasil jerih payah penulis sendiri melainkan adanya bantuan dari pihak lain. Berbagai pihak telah banyak memberikan dukungan dan bantuan, baik berupa saran, masukan, koreksi, dorongan, arahan, maupun bantuan dalam bentuk lain. Untuk itu, penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.

Akhirnya, semoga tulisan ini dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi kita semua, khususnya dalam turut serta membantu implementasi pembelajaran tematik terpadu di  kelas II SD/MI. Buku ini masih sangat terbuka untuk perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, penulis mengharapkan para pembaca dapat memberikan

kritik, saran, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan buku ini. Atas kontribusi yang diberikan, penulis ucapkan terima kasih. Mudah- mudahan kita dapat memberikan sumbangsih yang terbaik demi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia.
Jakarta, Februari 2017
Penulis,

Faisal,  S.Pd., M.Pd.

Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas  II

1. Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

2. Buku siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.

3. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.

4. Pada semester 2 terdapat 4 tema. Setiap tema terdiri atas 4 subtema. Tiap subtema iuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1  hari. Penjelasan lebih  rinci  tentang aktivitas pembelajaran dituangkan pada Buku Guru.

5. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin memuat pendekatan saintifik, yaitu: mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan.

6. Muatan aktivitas siswa dalam buku ini mencakup 4 kompetensi inti dan memuat 3 ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

7. Buku ini bersifat serba mencakup (self-contained) agar dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.

8. Di  setiap akhir pembelajaran, terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul “Kegiatan bersama Orang Tua”. Kolom  ini  berisi aktivitas belajar yang dapat dilakukan orang tua bersama siswa. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat aktif  dalam aktivitas belajar siswa.

9. Khusus untuk buku  kelas II, penggunaan tanda baca hanya bersifat dasar dan seperlunya saja, seperti penggunaan huruf kapital di awal kalimat, penulisan nama dan penggunaan tanda titik (.), tanda koma (,), tanda hubung (-), dan tanda tanya (?).

Silahkan Download Buku Siswa Kelas 2 SD / MI Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Semester 2 Kurikulum 2013 melalui Link dibawah ini :


Demikian artikel tentang Buku Siswa Kelas 2 SD / MI Tema 8 ini, jika ada kendala atau pertanyaan silahkan komentar dibawah, atau bisa juga melalui halaman menu request diatas.

Semoga Bermanfaat, Happy Days.
Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja