Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Lengkap Mendapatkan Fitur SSL Gratis Dari Cloudflare Untuk Wordpress Self Hosting

InfoLoh.com - Hallo sobat infoloh, kali ini admin berbagi artikel tentang Cara Lengkap Mendapatkan Fitur SSL Gratis Dari Cloudflare Untuk Wordpress Self Hosting, semoga bisa membantu anda dalam pemasangan SSL di blog.

Cara ini admin terapkan untuk blog pengguna WORDPRESS Self Hosting.

SSL (Secure Socket Layer), merupakan sebuah protokol keamanan internet yang digunakan di hampir semua website transaksi aman pada internet. Kinerja SSL yaitu merubah suatu protokol alur koneksi seperti TCP menjadi sebuah lintasan aman.

Pada Agustus 2014 lalu, Google sudah menyarankan kepada para pemilik website agar segera membuatkan alamat webnya diakses dan di enkripsi melalui HTTPS, hal ini dilakukan agar menciptakan kepercayaan yang lebih baik dari sisi pencarian juga pengaksesan terhadap situs, informasi lengkapnya dapat dilihat melalui halaman Official Google Webmaster Central Blog.

Cloudflare sendiri merupakan sebuah layanan CDN (Content Delivery Network), dimana kita dapat memanfaatkan sebagai jembatan (pihak ke tiga) akses antara server hosting kita sendiri dengan fasilitas Cloud yang dimiliki oleh Cloudflare, sehingga sangat membantu dalam filterisasi pengaksesan supaya lebih cepat dan relatif stabil.

Cloudflare juga memiliki fasilitas anti DDoS dan kemampuan tambahan lain dalam versi premiumnya yang anda lihat pada halaman Plans Cloudflare.

Pada alamat website/blog yang sudah menggunakan fitur SSL (Secure Socket Layer) pada domain nya akan ditandai dengan adanya tanda kunci (gembok) berwarna hijau serta tambahan tulisan Secure pada pojok kiri atas alamat url web yang diakses.



Nah setelah pembahasan penting diatas, langsung saja kita masuk ke intinya yaitu bagaimana Cara Lengkap Mendapatkan Fitur SSL Gratis Dari Cloudflare :

  1. Daftarkan akun CloudFlare yang dapat anda lakukan dengan mengakses halaman https://www.cloudflare.com/a/sign-up.
  2. Pilih yang versi GRATIS (Free Plan), atau jika ingin versi premium silahkan pilih paket lainnya.
  3. Setelah selesai dan sukses mendaftar, tahapan selanjutnya yaitu mendaftarkan nama domain anda pada layanan cloudflare.
  4. Silahkan ikuti semua tahapan petunjuk dengan benar (termasuk perubahan name server menjadi versi cloudflare, dan pemeriksaan dns anda), hingga domain anda benar-benar sudah bekerja secara maksimal menggunakan layanan cloudflare.

Setelah melalui tahapan diatas, kita perlu menunggu masa propagasi mulai 24 hingga 48 jam, agar seluruh dns pada domain kita sudah tercover menggunakan clouflare seluruhnya.

Setelah dipastikan nameserver dan seluruh dns baru kita telah bekerja dengan baik pada cloudflare maka langkah selanjutnya adalah:

  • Login kembali pada Cloudflare
  • Pilih nama domain yang sebelumnya anda daftarkan
  • Pilih Menu Crypto
  • Pilih Flexible SSL (Tersedia pada scroll up/down sebelah kanan)
  • Silahkan tunggu, biasanya bekerja sekitar 20 s/d 35 menit, setelah semuanya berhasil maka akan ditandai dengan perubahan menjadi warna HIJAU pada tulisan Status Active Certificate

Sampai saat ini Cara Lengkap Mendapatkan Fitur SSL Gratis dari sisi Cloudflare telah selesai. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan tahapan pada sisi blog kita, yaitu :

  • Install & aktifkan plugin CloudFlare, admin menyarankan menginstal plugin dengan nama CloudFlare (kebanyakan hosting sekarang sudah memiliki fitur cloudflare sehingga tidak perlu menginstal plugin cloudflare)
  • Install & aktifkan Plugin Really Simple SSL


Setelah seluruh installasi dan aktifasi plugin diatas sudah selesai, maka kita kembali ke layanan cloudflare tadi. Jika saat ini sudah aktif, pilih opsi “Always use HTTPS” menjadi ON.

Pada bagian “Rule”, silahkan input dengan namadomainanda.tld sehingga hasil input host domain anda seperti :

  • namadomainanda.tld, dan 
  • *.namadomainanda.tld.

Apabila semua tahapan-tahapan diatas sukses, maka blog atau web anda dilengkapi dengan URL yang aman yang diawali dengan https://namadomainanda.tld (seperti : https://www.infoloh.com )

Anda juga dapat memeriksa SSL anda melalui SSL Checker yang dapat anda akses melalui halaman https://www.sslshopper.com/ssl-checker.html, lalu masukkan domain anda.

Jika sukses, maka hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini :


Demikian artikel Cara Lengkap Mendapatkan Fitur SSL Gratis Dari Cloudflare Untuk Wordpress Self Hosting admin bagikan, jika anda mengalami kendala dalam pemasangan SSL cloudflare silahkan komentar dibawah, atau bisa juga melalui halaman menu request diatas.

Happy Days.
Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja