Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools - Tutorial

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools - Tutorial

Tutorial cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools merupakan cara tambahan awal untuk membuat blog dan tool dasar untuk SEO Google yang saya lupa untuk buatkan penjelasannya. Ketika saya mencari cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Google, ternyata belum ada di Blog SEO saya ini, maka saya buatkan tutorialnya karena manfaat Google Webmaster Tools yang banyak sekali untuk SEO Google.

Google Webmaster Tools merupakan tools gratis dari Google yang digunakan untuk mengetahui konfigurasi sebuah blog/website khususnya konfigurasi parameter SEO, seperti keyword density, backlinks, meta tag dan internal link. Google Webmaster Tools juga digunakan sebagai tool untuk mendaftarkan blog/website ke Google dengan mendaftarkan sitemap blog/website yang ingin didaftarkan. 

Cara dibawah adalah salah satu cara daftar blog ke Google dan cara yang paling baik, menurut saya, karena akan banyak sekali parameter yang diperlukan untuk informasi awal untuk Search Engine Optimization agar blog mudah dicari di Google.
Berikut adalah cara mendaftarkan blog atau website ke Google Webmaster Tools, saya menyamarkan beberapa informasi yang saya beri warna hitam untuk akun Google, warna pink untuk alamat domain blog atau website yang didaftarkan dan warna hijau untuk meta tag verifikasi agar tidak rancu:
  • Masuk ke alamat web Google Webmaster Tools di www.google.com/webmasters/tools/ dan jika anda belum login ke Google, maka anda akan mendapatkan halaman web-nya seperti berikut. (Jika anda sudah mempunyai akun Google, login terlebih dahulu. Jika anda belum mempunyai akun Google, maka buatlah akun Google terlebih dahulu yang link-nya ada dibagian atas kanan halaman site Google Webmaster Tools seperti gambar dibawah.)
Cara Daftar Blog ke Google Webmaster Tools - Halaman Google Webmaster Tools
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools - Halaman Google Webmaster Tools 
  • Jika anda sudah login dengan akun Google, maka anda akan masuk ke halaman web sebagai berikut. Untuk memulai mendaftarkan blog atau website di Google Webmaster Tools, klik di tombol "Tambahkan Situs" di sebelah kanan halaman web dengan tab berwarna marun.

Cara Daftar Blog ke Google Webmaster Tools - Halaman Google Webmaster Tools
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools - Halaman Google Webmaster Tools
  • Kemudian anda akan mendapatkan sebuah pop-up screen untuk memasukkan alamat domain blog atau website yang akan didaftarkan di Google Webmaster Tools. Jika anda sudah memasukkan alamat domain blog atau website yang akan didaftarkan di Google Webmaster Tools, seterusnya klik di tombol "Terus"

Cara Daftar Blog ke Google Webmaster Tools - Memasukkan Alamat Domain Blog atau Website
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools - Memasukkan Alamat Domain Blog atau Website
  • Kemudian anda akan mendapatkan halaman web "Verifikasi Kepemilikan". Verifikasi kepemilikan ini untuk memastikan bahwa anda benar pemilik dari blog atau website yang didaftarkan di Google Webmaster Tools.
Cara Daftar Blog ke Google Webmaster Tools - Halaman Verifikasi Kepemilikan
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools - Halaman Verifikasi Kepemilikan
  • Pilihlah tab "Metode Alternatif" pada halaman "Verifikasi Kepemilikan" dan pilih "Tambahkan tag meta ke beranda situs Anda"

Cara Daftar Blog ke Google Webmaster Tools - Halaman Verifikasi Kepemilikan Metode Alternatif
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools - Halaman Verifikasi Kepemilikan Metode Alternatif
  • Maka akan keluar meta tag verifikasi. Meta tag ini akan unik untuk setiap blog atau website yang akan didaftarkan di Google Webmaster Tools. Copy keseluruhan meta tag.  Meta tag tersebut harus ditempatkan pada source code html blog atau web anda sesudah kode <head> dan sebelum kode <body>. Saya memberikan 2 cara menaruh meta tag tersebut untuk blog Blogger / blog Blogspot dan blog WordPress.com di langkah selanjutnya.

Cara Daftar Blog ke Google Webmaster Tools - Meta Tag Verifikasi
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools - Meta Tag Verifikasi
  • Menaruh meta tag verifikasi tadi untuk blog Blogger/blog Blogspot harus melalui html editor seperti gambar dibawah. Penempatannya persis dibawah kode <head>, paste meta tag tadi dan kemudian simpan templatenya. 
  • Cara Daftar Blog di Google Webmaster Tools - Menaruh Meta Tag Verifikasi di Blog Blogger/Blogspot
    Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools - Menaruh Meta Tag Verifikasi di Blog Blogger/Blogspot
  • Di blog WordPress.com, penempatan meta tag verifikasi tadi berada di menu "Tools" dan dipaste di tempat yang saya beri lingkaran kuning seperti gambar dibawah ini & kemudian save.

Cara Daftar Blog di Google Webmaster Tools - Menaruh Meta Tag Verifikasi di Blog WordPress.com
Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools - Menaruh Meta Tag Verifikasi di Blog WordPress.com
  • Setelah perubahan meta tag verifikasi tadi sudah dilakukan, kembali lagi ke halaman verifikasi Google Webmaster Tools dan klik di tombol "Verifikasi"

Cara Daftar Blog di Google Webmaster Tools - Meta Tag Verifikasi
Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools - Meta Tag Verifikasi
  • Jika verifikasi kepemilikan blog atau website berhasil, maka selesai sudah cara mendaftarkan blog atau website di Google Webmaster Tools.

Cara Daftar Blog di Google Webmaster Tools - Selesai
Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools - Selesai
Cara daftar blog di Google Webmaster Tools ini adalah salah satu cara mempercepat index Google agar lebih mudah dicari di Google. Kita bisa melakukan daftar untuk beberapa blog dengan cara yang sama.

Data-data di Google Webmaster Tools untuk blog tidak secara otomatis atau online dapat dilihat dengan segera. Butuh beberapa waktu, minimal 2 minggu, untuk Google membuat daftar parameter-parameter blog atau website yang didaftarkan.

Semoga tutorial cara mendaftarkan blog atau website di Google Webmaster Tools ini ada manfaatnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Load comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel