Dampak Negatif Kopi Bagi Kesehatan Manusia


Siapa sih yang bisa menolak kenikmatan secangkir kopi ??? 
Bahkan kopi menjadi teman setia kita kala sedang lembur atau begadang mengerjakan tugas.   Tetapi dibalik itu semua ternyata kopi yang mengandung kafein ini menyimpan berbagai dampak negatif.

Konsumsi kafein secara berlebihan dapat menimbulkan banyak masalah, seperti :
  1. warna gigi berubah, 
  2. bau mulut, 
  3. meningkatkan stres, 
  4. serangan jantung, 
  5. kemandulan pada pria, 
  6. gangguan pencernaan, 
  7. kecanduan dan
  8. bahkan penuaan dini.
Kafein juga merupakan salah satu penyebab utama sakit kepala. Hasil dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi kopi dalam jumlah berlebihan di pagi hari dapat meningkatkan tekanan darah, tingkat stres dan memicu poduksi hormon penyebab stres selama satu hari penuh.

Kafein dalam kopi merangsang kelenjar-kelenjar adrenal, yang dapat meningkatkan salah satu faktor penyebab stres setelah 18 jam. Kafein pada kopi sangat berpotensi meningkatkan tekanan darah serta detak jantung yang banyak dilaporkan menjadi penyebab kebanyakan timbulnya rasa stres yang berkepanjangan pada hari kerja.

Selain itu, kopi akan sangat berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi, karena kafein dapat meningkatkan tekanan darah secara tiba-tiba. Bagi wanita hamil, kopi dapat meningkatkan risiko kematian pada bayi. Kopi pun mengakibatkan tulang keropos.

Bagi penderita maag, kopi adalah musuh besar yang harus dihindari karena kafein meningkatkan produksi asam lambung. Kopi pun membuat gelisah, insomnia, dan tremor (tangan bergetar).

Untuk dapat menghindari efek negatif pada kopi, pilih racikan kopi tanpa tambahan gula dan susu, serta mengurangi dosis kopi yang kamu minum setiap harinya. Selain itu, pilih juga jenis kopi yang tanpa kafein. Dan agar”‘racun” dalam kopi bisa diminimalisasi, jangan lupa untuk selalu konsumsi 2 gelas air putih untuk setiap satu cangkir kopi yang kamu minum.

Semoga bermanfaat bagi Sobat sekalian ^_^

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel