Kenali Lima Tanda Tubuh Minum Kopi Berlebihan


Kopi merupakan salah satu minuman favorit yang sulit ditinggalkan oleh hampir sebagian besar orang.  Kopi memang enak dikonsumsi asal jangan berlebihan.  Ada beberapa reaksi tubuh jika kamu minum kopi berlebihan, kenali tanda-tandanya:

Ingin Minum Soda Terus
Menurut David J. Clayton, MD menjelaskan bahwa “Kandungan kafein dalam satu kaleng diet Coke setara dengan segelas espresso,” ungkapnya. Kandungan asam pada minuman bersoda bisa merusak enamel gigi jika diminum setiap hari. Bahkan dapat memicu penurunan energi.

Berdebar-debar Tak Karuan
Bahaya kopi sudah banyak diketahui bahwa kopi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan resiko terkena stroke. Sebaiknya kopi tidak dianjurkan untuk penderita hipertensi dan sakit jantung. hal ini lantaran kafein dapat meningkatkan tekanan darah sehingga membuat jantung berdebar-debar karena dalam kadar tertentu kafein dapat mempengaruhi susunan saraf pusat di otak.

Urin berwarna Kuning Gelap
Seseorang tidak akan mengalami dehidrasi jika mengkonsumsi kafein tidak lebih dari 500 mg/hari maksimal dua gelas per hari. Menurut Amy Gross, MPH, RD, CDN, pakar diet klinis di New York Presbyterian Hospital menjelaskan bahwa Kopi bersifat diuretik yang bisa menyebabkan dehidrasi karena memicu seseorang untuk banyak mengeluarkan jumlah urin, sehingga mengakibatkan tubuh kehilangan banyak cairan. Sebaiknya hati-hati bila warna urin berubah menjadi kuning gelap ini merupakan tanda tubuh mengalami dehidrasi.

Selalu Gelisah
Salah satu dampak negatif akibat mengkonsumsi kopi secara berlebihan yakni tangan berkeringat dan jantung berdebar-debar serta perasaan gelisah. Zat adenosin yang terdapat pada kafein dapat meningkatkan stres dan depresi karena mengganggu zat penenang kimia pada otak. Bahkan bahaya lain dari kafein bisa menjadi stimulan yang memicu kelenjar adrenal untuk mengeluarkan lebih banyak hormon stres seperti adrenalin. Hormon ini akan  meningkatkan denyut jantung sehingga membuat lebih mudah cemas. Semua itu merupakan ciri-ciri telah overdosis kafein.

Gangguan Pencernaan
Dampak buruk lainnya akibat kafein yakni perut mulas dan timbul rasa mual. Hal ini lantaran kafein dapat meningkatkan produksi asam di lambung.

Semoga bermanfaat bagi Sobat sekalian ^_^

Belum ada Komentar untuk "Kenali Lima Tanda Tubuh Minum Kopi Berlebihan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel