10 Tips Anti Dehidrasi


Mungkin Sobat bertanya Koq Admin nge-posting tentang Kesehatan sih ??? bukan software lagi ??? heheheh ^_^
Karena blog Admin kan ada tentang Pengetahuan juga, dan Admin sangat peduli terhadap Kesehatan begitu juga Sobat kan ? okeh tanpa Basa-Basi ini dia penjelasannya :

50-60% dari berat badan manusia terbentuk oleh air yang berada di dalam tubuh. Untuk menjaga pasokan air yang berada di dalam tubuh kita selalu seimbang, berikut tips dan trik untuk selalu menjaga pasokan cairan didalam tubuh :

  1. Cairan di dalam tubuh berfungsi untuk mengangkut nutrisi & oksigen ke dalam sel-sel tubuh, melancarkan proses pencernaan, mengatur temperatur tubuh, pelumas dalam pergerakan sendi serta sebagai tempat produksi energi
  2. Saat beraktivitas normal sehari-hari , secara ideal tubuh membutuhkan 1-1.5 L konsumsi cairan tiap hari untuk menjaga level hidrasi yang baik. Nilai 1-1.5 L ini adalah total cairan yang dalam sehari hari keluar melalui keringat, buang air besar & kecil dan uap air dalam proses pernafasan.
  3. Jumlah kebutuhan air dapat meningkat untuk individu yang mempunyai aktivitas fisik tinggi seperti penggiat olahraga, atlet atau juga pekerja industri.
  4. Minum secara rutin sepanjang hari untuk menjaga tingkat hidrasi yang baik. Jangan menunggu rasa haus timbul. Rasa haus merupakan gejala awal dehidrasi.
  5. Sebelum latihan olahraga pastikan tubuh mempunyai level hidrasi yang baik.Saat olahraga minum secara rutin untuk menjaga performa.Dan setelah olahraga gantikan tiap berkurangnya 1kg berat badan akibat keluarnya keringat dengan 1-1.5 L air.
  6. Dalam aktivitas olahraga, baik sebelum ,sedang ataupun setelah latihan/pertandingan. Konsumsi minuman yang mengandung karbohidrat seperti minuman olahraga (sports drink) atau jus buah (encer) bermanfaat bagi kesehatan serta performa olahraga karena secara simultan dapat:-membantu menjaga level hidrasi tubuh-mencegah hipoglikemia (penurunan glukosa darah)-mempercepat penyerapan cairan-menambah asupan tenaga.
  7. Cara termudah dan akurat untuk mengetahu level hidrasi tubuh adalah dengan melihat warna urin. Warna urin yang cerah dengan volume yang banyak menandakan level hidrasi tubuh yang baik sedangkan urin berwarna gelap/keruh menandakan dehidrasi.
  8. Dehidrasi berbahaya bagi kesehatan dan membuat beban kerja tubuh menjadi lebih berat.
  9. Dehidrasi mempengaruhi daya kerja otak seperti konsentrasi serta kecepatan reaksi, faktor penting yang harus dijaga saat bekerja ataupun saat latihan/ pertandingan olahraga kompetitif.
  10. Ciri-ciri dehidrasi : haus, pusing, lemas dan muntah-muntah.
Semoga Bermanfaat buat Sobat sekalian ^_^

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Anti Dehidrasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel