Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Bunyi Beep pada Laptop saat Booting atau Saat Dihidupkan


Selamat Pagi pengunjug setia :-)
Baru hari ini Admin bisa ngeposting karena Admin lagi sibuk disela2sela ujian UAS :-) doain ya biar sukses :-)

Oke tanpa basa-basi lagi Admin akan membagikan sebuah Tips yang sangat dibutuh Sobat jika kala Lapyop/PC sobat mengalami masalah seperti Laptop Bunyi Beep dan tombol keyboard tidak berfungsi sebagian atau keseluruhan,
Pada dasarnya akan mengeluarkan bunyi beep sebagai tanda checking terhadap harware yang terpasang pada komputer/laptop tersebut. 

Dengan adanya bunyi beep tersebut, kita bisa tahu bagaimana konektifitas dari harware yang terpasang pada komputer/laptop kita. 

Jika konektifitas pada komputer/laptop bermasalah, bunyi beep pun akan bervariasi tergantung dari masalah yang ditemukan oleh komputer/laptop kita. Setiap masalah yang ditemukan akan menunjukkan beep yang berbeda pula. 

Beberapa Tipe Bunyi Beep Pada Komputer/Laptop

  • Bunyi “beep” sangat pendek menunjukkan bahwa komputer atau laptop berhasil melakukan dan menghidupkan semua komponen hardware yang dibutuhkan untuk proses bootin. Jika bunyi beep ini terdengar namun perangkat tidak menyala, cobalah cek monitor dan . 
  • Bunyi “beep” pendek sebanyak 2 kali menunjukkan terdapat masalah pada settingan CMOS.
  • Bunyi “beep” panjang sekali dan pendek sekali menunjukkan ada masalah pada perangkat keras motherboard atau memory. Pastikan kedua perangkat tersebut telah terpasang dengan baik.
  • Bunyi “beep” panjang sekali dan pendek 2 kali menunjukkan adanya masalah pada monitor atau VGA card
  • Bunyi “beep” panjang 1 kali dan pendek 3 kali artinya terdapat masalah pada keyboard. 
  • Bunyi “beep” panjang sekali dan pendek 9 kali juga terkadang terdengar jika ada masalah pada RIOM BIOS komputer/laptop.
  • Bunyi “beep” panjang secara terus menerus berarti RAM perangkat anda terdapat masalah.
  • Bunyi “beep” terdengar pendek dan terus menerus hal tersebut menunjukkan adanya masalah penerimaan tegangan atau power

Dari beberapa tipe bunyi beep di atas, masalah yang sering muncul adalah beep yang disebabkan oleh kerusakan/kotornya keyboard anda.


Cara Mengatasi Bunyi Beep Terus-menerus Saat Booting/Laptop di Hidupkan:

  1. Cara pertama yaitu dengan membersihkan bagian atas keyboard termasuk sela-sela keyboard dengan menggunakan kuas yang lembut. Apabila cara ini tidak berhasil, cobalah tekan seluruh tombol dengan kuat, pastikan tombol keyboard kembali seperti semula. Apabila cara ini juga masih belum berhasil, cara berikutnya yaitu dengan melepaskan keyboard dari laptop agar keyboard mudah dibersihkan secara menyeluruh. Jika anda tidak bisa membukanya sendiri, disarankan dibawa ke tempat service komputer/laptop.
  2. Cara kedua yaitu dengan menekan tombol ESC agar kita dapat keluar dari post boot. Setelah masuk ke Windows, bukalah Notepad atau MS Word kemudian coba ketik satu persatu tombol keyboard, jika ada salah satu tombol yang run secara terus menerus, misalnya huruf 'a' typing sendiri, maka coba matikan laptop, kemudian lepaskan seluruh power (kabel charger dan baterai). Buka keyboard kemudian bersihkan dengan menggunakan kuas yang lembut dari arah samping, Jika belum berhasil, cobalah spray dengan menggunakan air contact cleaner, kemudian keringkan sampai benar-benar kering dan pasangkan kembali keyboard anda.

Demikian lah Tips yang bisa Admin bagikan bagi sobat, semoga bermanfaat ^_^
Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Bunyi Beep pada Laptop saat Booting atau Saat Dihidupkan"