PHP vs ASP.NET, Mana Yang Lebih Baik?


Lanjut lagi sobat dengan aplikasi Pemrograman raksasa yaitu PHP dan ASP / ASP.NET. dan akan Admin bongkar semua tentang kelebihan dan kelemahan PHP dan ASP.NET ini.

Tidak jarang kita temukan di forum-forum komunitas terjadi banyak perdebatan tentang mana bahasa yang memiliki performa lebih baik. Kali ini penulis akan mencoba memberikan sedikit review dan perbandingan mengenai ASP.NET dan PHP berdasarkan pengalaman penulis sendiri.

Apa itu ASP.NET?

ASP.NET adalah teknologi dari Microsoft yang dikhususkan untuk pengembangan aplikasi berbasis web dinamis yang berjalan pada platform .NET Framework. Versi ASP.NET sendiri adalah pengembangan dari versi lama ASP (ASP Classic) yang sudah ditinggalkan karena memiliki banyak kekurangan.

Dalam menggunakan ASP.NET kita akan diberikan kemudahan dan kecepatan dalam hal mendesign dan coding halaman web dikarenakan komponen-komponen yang sudah banyak tersedia pada .NET Framework dan cara penulisan kode program yang seminimal mungkin, hal ini berbeda dengan versi ASP lama yang boleh dibilang masih sangat kuno yang mencampurkan kode HTML dengan ASP dalam satu halaman yang sama.

Versi terbaru adalah ASP.NET 4.5 yang dirilis bersamaan dengan Visual Studio 2012 pada akhir tahun 2012. Pada versi ini ada beberapa fitur baru seperti Strongly Typed Data Control, Model Binding, HTML Encoded Data Binding Expression, Unobtrusive Validation dan HTML5 Update.

Apa itu PHP?

PHP (PHP : Hypertext Preprocessor) merupakan bahasa scripting yang berjalan di sisi webserver (server side scripting). PHP adalah bahasa open source yang dikembangkan oleh PHP Group. PHP merupakan Cross-Platform yang memiliki arti dapat berjalan pada berbagai platform dan OS seperti : Windows, Linux, dll.

Banyak pihak yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi yang mendukung bahasa PHP dan akhirnya mengembangkan software framework yang mendukung PHP seperti PRADO, CakePHP, Symfony, CodeIgniter, Laravel, Yii Framework, and Zend Framework, semua framework ini memiliki kemampuan yang sama seperti framework web lainnya.

ASP.NET vs PHP

License
Perbedaaan pertama yang paling jelas adalah ASP.NET adalah teknologi dari Microsoft yang berarti memiliki license sedangkan PHP adalah bahasa open source yang berarti free license.

Fitur
Dalam hal Fitur ASP.NET memberikan kemudahan terhadap developer dikarenakan komponen-komponen dan library yang sudah disediakan oleh .NET Framework, hal ini bukan berarti fitur-fitur tersebut tidak dapat dibuat pada PHP. Meskipun keterbatasan fitur yang disediakan oleh framework seperti Yii Framework akan tetapi developer PHP dapat membuat sendiri library dan komponen yang tidak tersedia. Jadi hal ini tergantung pada pilihan developer sendiri akan fitur-fitur yang disediakan.

Security
Security merupakan salah satu aspek penting anda dalam memilih bahasa yang digunakan. Dalam hal security PHP memiliki sedikit kekurangan seperti case-insensitive, kemampuan membuat parameter URL menjadi variable juga dianggap tidak bagus karena dapat membuat website mudah diserang dan transparan. Hal ini berbeda dengan ASP.NET yang sudah memiliki komponen security yang sudah tersedia dalam teknologi .NET yang dapat memberikan jaminan security yang lebih.

Framework
Sekali lagi framework adalah pilihan, karena masing-masing fitur framework menawarkan kemampuan tersendiri. Pemilihan bahasa berdasarkan framework adalah murni tergantung kepada kenyamanan sang developer sendiri dalam menggunakan framework yang ada.

Speed
Membicarakan speed maka dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu Development speed time dan application run time speed. Pada development speed time mungkin ASP.NET maupun PHP sendiri memiliki kelebihan masing-masing. Baik PHP atau ASP.NET mengharuskan kita menggabungkan berbagai bahasa untuk menghasilkan website yang dinamis dan interaktif seperti HTML, CSS, HTML DOM, Javascript, AJAX, Json, Jquery.

Akan tetapi yang menjadi pembeda adalah pada ASP.NET sendiri dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu design code dan logic code. Pada design code developer menggunakan bahasa ASP.NET sedangkan pada logic code terdapat dua pilihan bahasa yaitu C#.NET dan VB.NET. Hal ini yang biasanya memberikan kebingungan kepada developer, mana yang harus dipilih antara C#.NET atau VB.NET. Dalam satu project ASP.NET kita dapat menggabungkan bahasa C# dan VB sekaligus, yang bagi sebagian orang menjadi keunggulan apabila merupakan perusahaan developer skala besar yang memiliki banyak karyawan dengan keahlian bahasa masing-masing. Untuk pemilihan antara bahasa C#.NET dan VB.NET tidak terdapat banyak perbedaan, semua kembali pada selera programmer sendiri lebih familiar dengan bahasa yang mana.

Application Run Time Speed : PHP adalah bahasa yang paling dasar dalam hal form yang berisi semua informasi yang direquest dan interpreted yang hampir seperti CGI. Selama beberapa tahun optimalisasi telah dilakukan sehingga menambah kecepatan performa PHP, informasi session pada PHP biasanya bersifat exclusive yang berarti session_start() akan menghalang script lain untuk mengakses user session yang sama sampai session tersebut ter-commit (session_commit()) hal ini yang tidak terdapat dalam ASP.NET.

Akses database pada PHP ( menggunakan mysql, mysqli, PDO, dll) adalah transient (persistent connections notwithstanding) sedangkan .NET hampir selalu menggunakan persistent connection pools untuk menciptakan ORM Frameworks dan sejenisnya, yang memungkinkan caches terhadap request lainnya.

Sebagai bytecode interpreted platform, secara teori ASP.NET lebih cepat akan tetapi secara praktek banyak pihak yang menyukai PHP , sebagai contoh hal ini bisa kita lihat 5 dari 20 website top menggunakan PHP. Hal ini bisa dikarenakan kecepatan waktu development, biaya project development, dan kenyamanan programmer sendiri.

Meskipun harus diingat bahwa .NET merupakan primitive types,  yang memungkinkan kode untuk berjalan lebih cepat disbanding PHP. Sebagai contoh anda dapat melakukan testing, mengurutkan 1 juta array dengan nilai int 64 bit secara acak pada kedua bahasa dan lihat hasilnya. ASP.NET akan menang mutlak dikarenakan primitive types dibandingkan PHP yang menggunakan associative types. Ditambah PHP pada OS 32 Bit tidak memilki native integer 64 bit.

Poin terakhir adalah ASP.NET adalah precompiled sedangkan PHP adalah interpreted yang dapat memberikan perbedaan dan flesibilitas pada PHP. Pada saat deploy script PHP tidak mengharuskan kita untuk menyentuh web server. Cukup copykan maka script/halaman tersebut akan dapat langsung dijalankan yang menarik minat banyak orang akan kemudahannya.
Kesimpulan

Baik ASP.NET dan PHP memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua kembali kepada poin dan aspek penting mana yang lebih kita pilih, biasanya berfokus pada 3 hal : License, Security dan Development time.
Demikianlah artikel yang Admin bagikan saat ini,

Semoga Bermanfaat ^_^

Belum ada Komentar untuk "PHP vs ASP.NET, Mana Yang Lebih Baik?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel