Sejarah ASP dan ASP.Net


Nah untuk kali ini Admin juga akan membagikan sebuah artikel tentang programming juga yaitu tools dan aplikasi pemrogramannya.

Kali ini Admin akan membagikan sebuah penjelasan tentang Sejarah ASP dan ASP.Net, simak dengan seksama dibawah  ini :

Kalau Kemarin Kita belajar Mengenal ASP.Net, sekarang kita harus belajar juga tentang Sejarahnya.
Masih ingat kan apa itu ASP atau ASP.Net? Ya, ASP atau ASP.Net yaitu kepanjangan dari Active Server Pages (ASP) atau Active Server Pages .Net (ASP.Net).

ASP merupakan salah satu Web Programming language selain PHP, Cold Fusion dan lain sebagainya.
ASP pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft pada tanggal 16 Juli 1996 dan diberi nama Kode Denali. Kemudian pada bulan November 1996, Microsoft merilis versi Beta-nya dan akhirnya ASP versi 1.0 resmi dipasarkan pada tanggal 12 Desember 1996.

1. PERKEMBANGAN ASP

ASP memudahkan para pengembang software untuk mengeksekusi baris kode ke dalam sebuah halaman web. Meskipun masih terbilang baru, namun dalam jangka waktu yang relatif singkat teknologi ASP berkembang menjadi salah satu produk terpenting dalam pembuatan web dinamis.
Sejak tahun 1996 Microsoft telah merilis beberapa versi ASP yang disertakan dalam Software Web Server, Internet Information Server (IIS).
  • ASP versi 1.0 : dirilis bersamaan dengan Microsoft IIS 3.0 pada bulan Desember 1996
  • ASP versi 2.0 : dirilis bersamaan dengan Microsoft IIS 4.0 yang berjalan di Windows NT 4.0 pada bulan September 1997
  • ASP versi 3.0 : dirilis bersamaan dengan Microsoft IIS 5.0 yang berjalan di Windows 2000 pada bulan November 2000. Sampai saat ini ASP versi 3.0 tersedia bersama IIS 6.0 dan IIS 7.0 di Microsoft Windows Server 2008
  • Pada tahun 2002, ASP versi 3.0 atau dikenal dengan ASP classic versiontelah digantikan dengan ASP.Net yang tentu saja lebih baik dalam performanya karena sudah men-support bahasa pemogramman .NET seperti halnya Visual Basic.NET dan bahasa C#

2. PERBEDAAN ASP CLASSIC VERSION DENGAN ASP.NET
Perbedaan yang mendasar dari ASP dan ASP.Net adalah penggunaan script yang digunakan ASP menggunakan VBScript atau Jscript sedangkan ASP.Net menggunakan script berbasis .NET seperti Visual Basic.Net, C#, J# dan sejenisnya.

ASP 3.0 menampilkan semua kode yang digunakan dalam aplikasi yang dibuatnya sehingga tidak ada cara bagi seorang programmer untuk “menyembunyikan” kode sensitif yang ia gunakan. Sedangkan ASP.Net memungkinkan seorang programmer untuk membuat berbagai macam dynamic link kode sensitf yang digunakan sehingga kode-kode tersebut tidak bisa terlihat. Hal ini juga dapat meningkatkan kecepatan dari aplikasi yang dihasilkan.

Selain itu, salah satu keunggulan ASP.NET dibandingkan ASP yaitu kemampuan untuk pengembangan web berbasis perangkat mobile yang mengubah jenis konten berdasarkan perangkat mobile yang digunakan.

Seiring berjalannya waktu, mempelajari dan menggunakan ASP dalam membangun dan pengembangan sebuah web yang dinamis akan menjadi lebih mudah. Yang diperlukan hanyalah mengenal HTML dan VBScript. Dan tentu saja penggunaan ASP menjadi alternatif utama selain PHP yang dikenal dengan Open Source-nya.

3. MENGENAL FRAMEWORK
Framework.NET atau .Net Framework adalah suatu komponen windows yang terintegrasi dan dibuat dengan tujuan untuk mensupport pengembangan berbagai macam jenis aplikasi serta untuk dapat menjalankan berbagai macam aplikasi generasi mendatang termasuk pengembangan aplikasi Web Service XML.

4. TUJUAN DARI FRAMEWORK
Framework.Net di design untuk memenuhi beberapa tujuan berikut ini :
  1. Untuk menyediakan environment kerja yang konsisten bagi bahasa pemograman yang berorientasi objek baik kode objek itu disimpan dan di eksekusi secara lokal, tapi didistribusikan melalui internet atau dieksekusi secara remote.
  2. Untuk menyediakan environment kerja di dalam mengeksekusi kode yang dapat meminimaliasi proses software deployment dan menghindari konflik penggunaan versi software yang dibuat.
  3. Untuk menyediakan environment kerja yang aman dalam hal pengeksekusian kode, termasuk kode yang dibuat oleh pihak ketiga (third party)
  4. Untuk menyediakan environment kerja yang dapat mengurangi masalah pada persoalan performa dari kode atau dari lingkungan interpreter nya.
  5. Membuat para developer lebih mudah mengembangkan berbagai macam jenis aplikasi yang lebih bervariasi, seperti aplikasi berbasis windows dan aplikasi berbasis web.
  6. Membangun semua komunikasi yang ada di dalam standar industri untuk memastikan bahwa semua kode aplikasi yang berbasis Framework.NET dapat berintegrasi dengan berbagai macam kode aplikasi lain.

Sebagai salah satu sarana untuk dapat memenuhi tujuan diatas, maka dibuat berbagai macam bahasa pemograman yang dapat digunakan dan dapat berjalan diatas platform Framework.Net seperti Bahasa C#, VB.Net, J#, Pel.Net, dll.

5. ARSITEKTUR FRAMEWORK .NET
Framework.Net terdiri dari dua buah komponen utama, yaitu Common Language Runtime (CLR) dan .NET Framework Class Library/Base Class Library (BCL).

a) Common Language Runtime (CLR)

adalah pondasi utama dari Framework.Net. CLR merupakan komponen yang bertanggung jawab dalam management memory, melakukan eksekusi kode, melakukan verifikasi terhadap keamanan kode, dll. Dengan adanya fungsi CLR ini, maka aplikasi berbasis .NET biasanya juga disebut dengan un-managed code.

Demikianlah artikel yang Admin bagikan

Semoga Bermanfaat ^_^

Belum ada Komentar untuk "Sejarah ASP dan ASP.Net"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel