Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar kinerja System Komputer Menjadi Lebih Cepat

Cara Agar kinerja System Komputer Menjadi Lebih Cepat
Cara Agar kinerja System Komputer Menjadi Lebih Cepat itu sangat penting bagaimana bagi kita, agar computer kita tidak bertambah lemot dal setiap harinya. Jika computer kita semakin hari semakin lemot pasti kita sebagai pengguna juga merasakan sesuatu hal yang tidak nyaman. Pasti kebanyak orang berpikr kalau computer tersebut sudah semakin tua dan ketinggalan jaman karena lemot.

Tapi anda tidak periu bingung dan panic. Karena setiap masalah pasti ada solusi, jika computer kita lemot. Maka salah satu solusi atau Cara Agar kinerja System Komputer Menjadi Lebih Cepat adalah sebagai berikut:

Percepat Booting dan Ringankan beban CPU adlah salah satu cara meringnkan kinerja pada computer Seiring dengan waktu, lama kelamaan PC terasa makin lambat dan ‘berat’. Apa saja yang dapat dilakukan untuk menanggulanginya?
  • Langkah pertama mempercepat boot via BIOS.
  • Selanjutnya mulai ke area operating system. Untuk Windows XP, mulai dengan membuka System Configuration Utility. Pada tab BOOT.INI, beri tanda (P) pada “/NOGUIBOOT”. Ini akan mempersingkat waktu boot dengan menghilangkan Windows startup screen. Pada tab Startup, seleksi ulang seminimal mungkin item yang sangat dibutuhkan. Hal yang sama juga dilakukan pada service yang dijalankan. Usahakan jumlah service yang ter-load tidak lebih dari 25.
  • Setting ulang interface ini dapat menambah kecepatan. Masuk ke System Properties, pilih tab Advanced. Setting ulang pada pilihan Performance. Kemudian pilih “Adjust for Best Performance” pada tab Visual Effects.
  • Menghilangkan wallpaper dan minimalisasi jumlah desktop icon juga dapat mempercepat PC Anda. Kurangi jumlah desktop icon sampai maksimal lima buah.
  • Menghilangkan bunyi pada event Start Windows juga akan mempercepat proses boot. Mau lebih cepat lagi? Pilih “No Sounds” pada sound scheme.
  • Berapa jumlah font yang terinstal pada Windows Anda? Makin banyak jumlah font yang terinstal akan menambah berat beban kerja PC Anda. Windows secara default menyertakan sejumlah kurang dari 100 font. Usahakan jumlah font yang terinstal pada kisaran 150 font.
  • Anda rajin meng-update driver? Bagus. Namun tahukah Anda, file-file yang digunakan driver lama Anda dapat memperlambat PC. Cara paling mudah menggunakan utility tambahan seperti Driver Cleaner. Utility ini membersihkan driver nVidia dan ATI terdahulu. Driver Cleaner 3.0, juga dapat membersihkan driver lama beberapa chipset motherboard, sound card, dan lain-lain.
Itulah tdi salah satu cara agar kinerja sytem koputer lebih cepat atau tidak lemot. Gimana tidak susahkan untuk mempercepat kinerja computer. Bahkan tidak perlu mengeluarkan uang. Tentunya itu hanya trik atau cara meningkatkan kecepatan sesuai kecepatan semestinya.

Jika ingin kecepatan yang lebih ceapt anda haru mengeluarakan biaya utuk bias melakukannya.
Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja

Posting Komentar untuk "Cara Agar kinerja System Komputer Menjadi Lebih Cepat"