Cara Mencegah Dan Membersihkan Malware Di Hosting

Cara Mencegah Dan Membersihkan Malware Di Hosting

Kembali lagi dengan Admin yang Ganteng ini (xixixi jangan iri), Kali ini Admin mau membagikan sebuah Artikel yang sangat berguna bagi Sobat yang mengalami masalah pada Hosting Cpanel Anda yaitu Cara Mencegah Dan Membersihkan Malware Di Hosting.

Sedikit Cerita, Admin juga pernah mengalami hal demikian dimana Admin menggunakan jasa Hosting NiagaHoster.co.id dimana Admin sering mengalami masalah mass email dimana email yang dibuka secara berlebihan tanpa Admin ketahui sehingga pihak NiagaHoster mengunci Script Email Saya, awalnya Admin kira ini bermasalah dengan Hosting mereka tetapi setelah dipelajari lebih ternyata ulah si Malware.

Malware atau malicious software merupakan perangkat lunak atau aplikasi yang bertujuan untuk tindak kejahatan seperti pencurian data, spam dan lain-lain. Banyak hal yang menyebabkan sebuah website terinfeksi oleh malware diantaranya adalah script yang telah kadaluarsa atau adanya celah keamanan pada website tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan website Anda terinfeksi oleh malware.
Scripts yang Outdate / Kadaluarsa
Scripts yang telah kadaluarsa sering sekali menjadi sasaran hacker untuk menyisipkan malware khususnya untuk scripts wordpress, joomla, drupal dan opencart. Hal ini karena hampir semua pengguna internet menggunakan script tersebut.

Solusi:
Pastikan semua scripts termasuk core (seperti wordpress, joomla dan lain-lain), thema dan plugin selalu terupdate. Untuk wordpress, Anda dapat dengan mudah melakukan update semua thema, plugins dan core wordpress melalui dashboard > updates. Perhatikan screen shot berikut untuk lebih jelasnya:

Cara Mencegah Dan Membersihkan Malware Di Hosting2

Anda juga dapat menggunakan plugin Easy Updates Manager . Install dan aktifkan plugin tersebut. Setelah itu, login pada dashboard wordpress Anda, pilih opsi Update Options. atau, Anda dapat menambahkan baris berikut agar wordpress, thema dan plugin Anda otomatis terupdate pada file wp-config.php (Anda dapat meletakkannya di bagian paling bawah wp-config.php Anda) :

/** otomatis update core wordpress */

define(‘WP_AUTO_UPDATE_CORE’, true);

Dan baris berikut di bagian bawah wp-config.php Anda:

/** otomatis update plugin wordpress */

add_filter( ‘auto_update_plugin’, ‘__return_true’ );

/** otomatis update theme wordpress*/

add_filter( ‘auto_update_theme’, ‘__return_true’ );

Cara Mencegah Dan Membersihkan Malware Di Hosting3

Scripts Nulled/bajakan/dari sumber yang tidak dapat dipercaya

Salah satu yang banyak menyebabkan malware masuk ke dalam website adalah penggunaan script atau plugin atau theme dari sumber yang tidak dapat percaya atau bajakan. Hal ini karena umumnya scripts tersebut sudah disisipi malware di dalamnya sehingga ketika diupload ke website atau akun hosting Anda, maka secara otomatis akan bekerja dan merusak website Anda.

Untuk itu, mohon memastikan untuk tidak menggunakan scripts nulled atau bajakan atau dari sumber yang tidak dapat dipercaya karena pasti akan sangat tidak aman untuk website Anda.

——————————————————————————————————————————

Cara Membersihkan Malware
Website yang mengandung malware di dalamnya dapat menyebabkan server overload dan melakukan mass email karena akan otomatis berjalan sendiri tanpa diketahui oleh pengunggahnya atau pemilik website tersebut sehingga sistem keamanan Niagahoster (layanan hosting Anda) akan secara otomatis menghentikan script tersebut dan menghapusnya jika menemukannya, menonaktifkan layanan email jika terjadi mass email dan suspend secara permanen jika tidak ada perbaikan.

Cara Mencegah Dan Membersihkan Malware Di Hosting4

Kami juga menyarankan agar Anda melakukan pembersihan akun dan website Anda dari malware dengan melakukan scan melalui menu Anti virus yang kami sediakan di cpanel Anda dan pastikan untuk membersihkannya jika sistem menemukan malware di dalamnya.

Demikianlah artikel Cara Mencegah Dan Membersihkan Malware Di Hosting yang Admin bagikan. 

Semoga bermanfaat ^_^

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencegah Dan Membersihkan Malware Di Hosting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel