Troobleshooting mesin diesel bagian knocking, pingelen atau banting klep

Troobleshooting mesin diesel bagian knocking, pingelen atau banting klep

Troobleshooting mesin diesel bagian knocking, pingelen atau banting klep.
Pembakaran yang terjadi didalam ruang bakar suatu motor bakar menghasilkan tenaga dorong terhadap piston. Bila terjadi pembakaran yang sempurna, maka tenaga dorong ini akan mendorong piston kebawah (TMB) dengan tenaga yang sangat besar.

Akan tetapi sebaliknya, bila terjadi pembakaran yang tidak sempurna maka tenaga yang terjadi akan kecil dan kemungkinan tidak merata keseluruhan bagian piston. Pada motor bakar khususnya diesel, jika terjadi pembakaran tidak sempurna akan menimbulkan
  1. Tenaga mesin berkurang,
  2. Asap hitam dan biasanya menimbulkan ketukan/bunyi.
Bunyi ketukan yang terjadi pada mesin diesel saat mesin hidup dinamakan knocking/ pingelen/ banting klep. Knocking ini adalah hasil dari pembakaran yang tidak sempurna, dimana bahan bakar pada awal pembakaran memiliki jumlah yang banyak, akan menimbulkan gelombang tekanan yang besar dan tidak merata keseluruh ruangan pada ruang bakar. Tekanan yang tidak merata ini akan menyebabkan terjadinya bunyi knocking dan ini sangat merusak mesin bahkan melumpuhkan mesin anda karena dapat merusak bagian – bagian tertentu seperti piston, ruang bakar, ring piston, klep, dan sebagainya.

Penyebab utama knocking ini terutama disebabkan tidak baiknya kerja dari beberapa komponen yang berhubungan dengan sistem bahan bakar dan juga bahan bakar itu sendiri.
Dibawah ini beberapa penyebab dari gejala knocking tersebut:

1. Bahan bakar,
2. Suhu mesin,
3. Nozzle
4. Infection timing
5. Ruang bakar
6. Over flow pipe
7. Timing gear.

Sekian informasi hari ini seputar knocking pada mesin diesel. Jika ada pertanyaan, silahkan kirim pada kotak komentar dibawah ini.

terimakasih!

Belum ada Komentar untuk "Troobleshooting mesin diesel bagian knocking, pingelen atau banting klep"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel