Tutorial Mencari Suatu Angka Menggunakan Sequential Search Java

Hai , bertemu lagi dengan saya Ike Nofalia. Kali ini saya akan membahas tentang Bagaimana cara mencari suatu angka menggunakan Sequential Search. Pencarian data menggunakan sequential search lebih mudah karena data akan terdeteksi jika sudah ditemukan.

Inilah pengertiannya, Sequential search adalah suatu cara pencarian data dalam array 1 dimensi. Data yang dicari akan ditelusuri dalam semua elemen-elemen aray dari awal sampai akhir, dan data tersebut tidak perlu diurutkan terlebih dahulu.

Dalam sequential search terdapat 2 kemungkinan yang akan terjadi dalam waktu pencarian data, yaitu :
– yang pertama ada kemungkinan terbaik atau istilahnya (best case)
hal ini terjadi jika data yang dicari terletak pada indeks array terdepan, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mencari data sedikit. Pada kemungkinan tersebut, kita sangat mudah jika mencari data yangdiinginkan, namun harus mengetahui seluk beluk dari pemrogramannya.

– kemungkinan terburuk (worst case)
hal ini terjadi jika data yang dicari terletak pada indeks array terakhir, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mencari data sangat lama. Dalam pencarian data menggunakan sequential search, peningkatan efisiensi pencarian dapat dilakukan dengan cara menghentikan looping apabila data yang dicari sudah ketemu dengan menggunakan BREAK.
Inilah algoritma dari cara mencari suatu angka menggunakan Sequential Search :
1.i ← 0
2.ketemu←false
3.Selama (tidak ketemu) dan (i < N) kerjakan baris 4
4.Jika (Data[i] = key) maka
5.ketemu ←true
  1. jika tidak
7.i ←i+1
8.Jika (ketemu) maka
9.i adalah indeks dari data yang dicari
  1. jika tidak
11.data tidak ditemukan

Setelah algoritma sudah ditentukan, maka kita tulis source kode nya hingga tersusun sesuai dengan algoritma.

Tutorial Mencari Suatu Angka Menggunakan Sequential Search Java
Sequential search ini mengunakan java, jadi script yang dibuat memang menggunakan fungsi dan bahasa dari java. Untuk outptnya akan langsung mendefinisikan hasil dari data yang dicari. Jika sudah ditemukan maka langsung tertulis, misalnya kita mencari angka 10 dari source kode diatas, maka dari data 9, 12, 7, 4, 45, dan 10. Hasil keluaran langsung ditemukan angka 10 ketemu. Inilah hasil outputnya :

Tutorial Mencari Suatu Angka Menggunakan Sequential Search Java2

Itulah tutorial dari cara mencari suatu angka menggunakan Sequential Search. Sangat mudah kan ? , Teruslah pelajari program Java agar dapat membuat berbagai program.

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Mencari Suatu Angka Menggunakan Sequential Search Java"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel