Tutorial Pencarian Data Menggunakan Binnary Search Java

Selamat sore, di wilayah rumah saya saat ini sedang hujan nih. Bagaimana dengan di rumah kalian ? , berhubung suasana dingin karena hujan, maka saya Ike Nofalia kali ini akan menyampaikan tutorial pencarian data menggunakan Binnary Search Java. Pasti kalian masih belum paham tentang binnary search. Inilah pemahaman lebih lanjut tentang binnary search.

Pengertian dari binnary search adalah algoritma pencarian untuk data yang terurut. Pencarian dilakukan dengan cara menebak apakah data yang dicari berada ditengah-tengah data, kemudian membandingkan data yang dicari dengan data yang ada ditengah. Bila data yang ditengah sama dengan data yang dicari, berarti data ditemukan. Namun, bila data yang ditengah lebih besar dari data yang dicari, maka dapat dipastikan bahwa data yang dicari kemungkinan berada disebelah kiri dari data tengah dan data disebelah kanan data tengah dapat diabai.

Upper bound dari bagian data kiri yang baru adalah indeks dari data tengah itu sendiri. Sebaliknya, bila data yang ditengah lebih kecil dari data yang dicari, maka dapat dipastikan bahwa data yang dicari kemungkinan besar berada disebelah kanan dari data tengah. Lower bound dari data disebelah kanan dari data tengah adalah indeks dari data tengah itu sendiri ditambah 1. Demikian seterusnya.

Definisi lebih jelasnya, data diambil dari posisi 1 sampai posisi akhir n, Kemudian cari posisi data tengah dengan rumus (posisi awal + posisi akhir) / 2, Kemudian data yang dicari dibandingkan dengan data yang di tengah, apakah sama atau lebih kecil, atau lebih besar. Jika lebih besar, maka proses pencarian dicari dengan posisi awal adalah posisi tengah + 1, Jika lebih kecil, maka proses pencarian dicari dengan posisi akhir adalah posisi tengah – 1. Jika data sama, berarti ketemu.

Algoritma yang digunakan dalam tutorial pencarian data menggunakan Binnary Search Java ialah :
  1. L ← 0
  2. R ← N – 1
  3. ketemu ← false
  4. Selama (L <= R) dan (tidak ketemu) kerjakan baris 5 sampai dengan 8
  5. m ← (L + R) / 2
  6. Jika (Data[m] = x) maka ketemu ← true
  7. Jika (x < Data[m]) maka R ← m – 1
  8. Jika (x > Data[m]) maka L ← m + 1
  9. Jika (ketemu) maka m adalah indeks dari data yang dicari, jika tidak data tidak
ditemukan.
ini source code yang di gunakan :

Tutorial Pencarian Data Menggunakan Binnary Search Java


binnary search mungkin lebih rumit programnya, namun dari tutorial pencarian data menggunakan Binnary Search Java bisa membantu Anda dalam membuat suatu program.

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Pencarian Data Menggunakan Binnary Search Java"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel