Cara Mudah Daftar Internet Banking BNI

Cara Mudah Daftar Internet Banking BNI

Pada kesempatan kali ini Admin mau membagikan sebuah tutorial kembali tentang bertransaksi Perbankan menggunakan Internet atau yang biasa disebut dengan Internet Banking (I-Banking) yaitu Cara Mudah Daftar Internet Banking BNI.

Internet Banking adalah salah satu tranksasi perbankan yang dilakukan menggunakan Internet.
transaksi ini bisa dilakukan dimana saja, dan kapan saja, selagi Anda masih terhubung dengan Internet, dengan membuka Laptop, PC, atau Smartphone yang terhubung dengan Internet maka tidak peduli dimanapun tempat Anda berada Anda bisa bertransaksi perbankan.

Keuntungan Menggunakan Internet Banking

Sebelum Admin lanjut membahas cara daftar dan mengaktifkan internet banking pada rekening bank BNI, Admin ingin membahas kelebihan atau keunggulan internet banking bila dibanding sms-banking ataupun m-banking. Berikut Keuntungannya :

1. Bisa diakses dimanapun menggunakan gadget/smartphone dan terhubung koneksi internet. Kalau rekening bank kita sudah terdaftar layanan ini, kita bisa mengaksesnya dimanapun berada. Bisa di rumah, kantor, taman, bahkan di jalan dengan santai.
2. Lebih aman bila dibanding sms-banking dan m-banking. Kalau transaksi perbankan melalui sms dan m-banking mengandalkan nomor simcard Kita yang bisa saja hal tersebut dilakukan oleh orang lain yang sedang “iseng” meminjam hp/gadget kita, internet banking mengandalkan login akun Kita (tentu membutuhkan username dan password Anda) dan alat yang bernama token BNI.


Apa itu Token BNI? Akan Admin jelaskan nanti pada artikel berikutnya ya!.

1. Lebih Hemat. Saya sudah berulang kali bilang ini. Internet banking lebih hemat dari pada sms dan m-banking karena tidak ada tambahan biaya pulsa, loh!. Tau sendiri biaya sms banking dihitung per sms dan tarifnya di atas tarif sms biasa. Bayangkan kalau sehari anda mengecek sisa saldo sebanyak 5 kali, ya tinggal kalikan saja lah. Jadi di sini internet banking lebih menguntungkan.
2. Keuntungan lain kita tidak perlu antre di kasir. Hal ini juga menguntungkan pihak bank. Biaya operasional bisa lebih ditekan .xixixi

1. Cara Mendaftar Internet Banking Bank BNI Dengan Mesin ATM.

Sebelum mendatangi mesin ATM terdekat untuk daftar internet banking Anda, pastikan dulu bahwa anda sudah punya rekening bank BNI dan kartu ATMnya juga. Ya iyalah!!, kalau belum punya nanti yang dimasukan ke mesin ATM pakai apa coba? hehehe, simak caranya dibawah ini :

1. Masukan kartu ATM dan PIN seperti biasanya. 
2. Cari menu REGISTRASI E-CHANNEL.
3. Pilih lagi BNI INTERNET BANKING.
4. Muncul pertanyaan, ” Anda akan mendaftar internet banking?”, jawablah SETUJU. Tapi jawabnya bukan pakai mulut. Di layar ada pilihan SETUJU, nah itu yang dipilih hehe.
5. Kemudian masukan PIN registrasi internet banking, jumlahnya 6 digit. Banyak orang yang menyarankan PIN ATM dan PIN internet banking dibedakan. Tapi karena saya pelupa, kedua PIN tersebut saya samakan. Alhamdulillah selama ini aman-aman saja.
6. Tekan OK jika sudah benar.
7. Kemudian anda disuruh mengulangi PIN yang tadi sekali lagi (jadi harus disamakan seperti poin ke-5 di atas ya).
8. Jika sudah sama, tekan OK lagi.
9. Sampai tahap ini berarti proses pendaftaran selesai dan mesin ATM akan mengeluarkan struk registrasi internet banking BNI. Ingat baik-baik PINnya ya, karena PIN ini akan digunakan untuk proses selanjutnya. Yaitu aktivasi internet banking.


Setelah anda sudah berhasil mendaftarnya dengan cara di atas, kemudian pulang dan nyalakan komputer atau laptop Anda.

1. Kunjungi alamat url https://ibank.bni.co.id, dan klik personal. Atau langsung saja yang ini https://ibank.bni.co.id/directRetail/ibank.
2. Akan muncul halaman seperti gambar berikut dan klik aktivasi, seperti dibawah ini :

Cara Mudah Daftar Internet Banking BNI 2

3. Masukan nomor kartu ATM anda.
4. Masukan PIN registrasi yang tadi di buat.
5. Klik tombol lanjut.
6. Kemudian akan muncul banyak tulisan yang berisi syarat dan ketentuan internet banking BNI. Bacalah baik-baik.
7. Kalau anda setuju klik tombol LANJUT dan proses akan diselesaikan. Namun kalau anda tidak setuju, klik tombol BATAL dan itu artinya anda memvatalkan alias tidak jadi mendaftar internet banking BNI.
8. Setelah klik tombol LANJUT, anda akan diminta membuat user ID, pasword BNI internet banking dan alamat email.
9. Isikan semuanya dengan data benar.
10. Klik tombol PROSES.
11. Selesai.

Sampai tahap ini anda sudah berhasil mendaftar internet banking bank BNI serta mengaktivasinya. Internet banking anda sudah bisa mulai digunakan. Tapi seperti yang Admin bilang diatas, fiturnya terbatas cuma bisa cek saldo dan lihat mutasi saja. Untuk bisa transfer uang dan pembayaran serta fitur lainnya, anda butuh alat yang bernama token.


2. Cara Daftar Interet Banking BNI Dengan Datang Ke Kantor Cabang

Cara untuk mendapatkan token anda bisa mendatangi kantor cabang tempat anda buat rekening BNI. Setelah sampai disana, datangi saja petugas yang khusus mengurusi hal ini, biasanya CS bukan teller. Sambil menunjukan KTP Anda, buku tabungan dan kartu ATM, utarakan maksud anda bahwa anda ingin mengajukan permintaan token tersebut.

Dan jangan lupa juga katakan bahwa anda sebelumnya sudah mendaftarkannya lewat mesin ATM. Oh ya jangan lupa bawa uang receh ya Sobat, karena biasanya token harus beli seharga Rp25.000,00 – Rp50.000,00 sekali seumur hidup asal tidak hilang saja.


Gimana mudah juga kan?, jika ada yang kurang jelas silahkan berkomentar dibawah ini.

Semoga Bermanfaat ^_^

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Daftar Internet Banking BNI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel