Seputar Tentang Inodes

Seputar Tentang Inodes

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan sebuah informasi yang mungkin sedang dicari pada sobat dan para penyedia Jasa Hosting lainnya yaitu Seputar Tentang Inodes.

Inodes adalah penggunaan struktur data yang berfungsi untuk menjaga semua informasi yang tersimpan di server hosting tempat kita menginstal dan upload data web berupa file dan folder tertentu, penggunaan inode ini bisa kita lihat dibagian home cpanel yang menampilkan angka atau nomor persentase penggunaanya sesuai kapasitas hosting yang diberikan pada masing masing pelanggan (tergantung paket yang anda gunakan), dalam hal ini setiap server tidak sama dalam memberi alokasi serta kapasitas inodes kepada setiap clientnya.

Jika pada data sheet diatas dijelaskan adalah soft dan hard, maka pada cPanel indikator hanya untuk soft dan dinamai dengan “Inodes” jadi sebagai contoh jika soft nya adalah 100 maka inodes nya adalah 100 juga.

Apa yang terjadi jika Inodes kita penuh?

1. File berikutnya yang ada di hosting kita dapat tidak masuk/tersimpan (tidak ter-record ke hosting kita), atau jika tersimpan maka dia dapat menumpuk file yang lama. Hal ini dapat menyebabkan masalah konsistensi data kita.
2. Hosting tidak dapat ter backup secara sempurna oleh sistem backup hosting anda.
3. Performa hosting secara keseluruhan dapat terganggu dengan jangka waktu yang lama dan bisa mengakibatkan down.

Oleh karena itu jika inodes anda mulai penuh Admin sarankan agar anda menghapus file-file/database/email lama yang sudah tidak digunakan kembali, atau mengupgrade Paket Hosting anda agar penyimpan Inodes bisa diperbesar.

Demikianlah penjelasan saya mengenai Seputar Tentang Inodes, jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya dibawah.

Semoga Bermanfaat ^_^

Belum ada Komentar untuk "Seputar Tentang Inodes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel