Jenis – Jenis Komunikasi

Jenis – Jenis Komunikasi

Oke Sobat, disini saya akan menuliskan Jenis-Jenis Komunikasi yang terdiri dari Komunikasi Negatif dan Komunikasi Positif. berikut penjelasannya, silahkan dibaca ya.....^_^

Komunikasi  Negatif Dan Komunikasi Positif

Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi kepada komunikan secara langsung maupun tidak langsung. Proses penyampain komunikasi secara langsung maksud nya adalah, proses penyampaian secara lisan tanpa menggunakan media atau face to face. Sedangkan komunikasi tidak langsung yaitu, proses penyampaian informasi menggunakan media. Misalnya surat dan media elekronik lainnya.


Komunikasi dapat dibagi menjadi dua, yaitu komunikasi negative dan komunikasi positif.

1. Komunikasi Negative 

Komunikasi Negatif adalah sesuatu hal yang disampaikan oleh seseorang  yang memiliki arti yang tidak baik bagi sipenerima informasi, jika antara sipemberi informasi (Komunikator) dan penerima(Komunikan) memiliki asumsi atau pendapat yang berbeda. Komunikasi Negativ dapat menyinggung perasaan orang lain jika komunikasi tersebut  disampaikan dengan cara yang tidak baik. Komunikasi negative dapat menimbulkan permasalahan seperti kesalah pahaman bahkan terjadi perkelahian.

Komunikasi Negative dapat  terjadi atas beberapa faktor :
1. Adanya factor  kesengajaan untuk menyinggung perasaan orang lain.
2. Adanya pengaruh dari orang sekitar (Lingkungan)
3. Akibat pergaulan yang tidak baik
4. Factor kebiasaan dalam berkomunikasi sehari-hari
5. Kurangnya pelatihan untuk menggunakan bahasa yang baik.
6. Factor berkurangnya jiwa bersosialisasi.

Ketika seseorang berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan bahasa yang menyinggung perasaan orang lain, maka akan menerima respon atau feedback yang besifat negative pula. Namun komunikasi negative tidak selalu salah ketika kita meletakkannya pada posisi yang tepat. Missal nya lingkungan kerja (kantor/perusahaan).

Contoh : Sesama karyawan bisa saja menggunakan komunikasi yang bersifat negative atau kasar, jika seorang diantaranya tidak melakukan pekerjaan sesuai dengan aturan yang ada di perusahaan itu sendiri. Maka wajar jika sesama. karyawan menegur karyawan yang salah demi kebaikan perusahaan itu sendiri.

2. Komunikasi Positif
Komunikasi positif merupakan komunikasi yang memiliki kalimat yang tidak menyinggung perasaan orang lain. komunikasi positif akan mendapat respon atau feedback yang positif  jika penyampaiannya menggunakan bahasa-bahasa yang baik dan tidak menyinggung perasaan orang lain.

Contoh komunikasi Positif :
1. Dalam penyampaian pesan hendaknya jelas, dan tidak menyinggung perasaan komunikan
2. Sesuaikan tempat dan waktu serta kepada siapa anda berkomunikasi
3. Sampaikan informasi yang penting –prenting saja
4. Jangan memandang komunikan dengan tajam ketika ingin menyampaikan informasi, karena komunikan akan merasa takut sebelum anda menyampaikan informasi.
5. Berikan makna yang jelas dari informasi yang anda sampaikan.

[^Semoga Bermanfaat, dan Jika ada yang ingin menambahkan silahkan berkomentar di bawah^ Trima Kasih.....:)

Belum ada Komentar untuk "Jenis – Jenis Komunikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel