Cara Mengatasi Internal Server Error atau Website Busy

Cara Mengatasi Internal Server Error atau Website Busy

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan sebuah tutorial yang mungkin sangat dibutuhkan Sobat yaitu Cara Mengatasi Internal Server Error atau Website Busy.

Internal Server Error / Website Busy adalah sebuah pesan yang ditampilkan oleh web server website tertentu karena web server tidak mampu memenuhi permintaan pengunjung web untuk mengakses sebuah URL yang diminta karena adanya kesalahan yang terjadi.

Internal Server Error / Website Busy merupakan ‘catch-all’ error yang dihasilkan oleh web server sebuah website. Error ini akan muncul karena memang ada yang salah pada server website, coding, permission, konfigurasi, atau yang lainnya dan server tidak bisa memberitahukan kesalahan tersebut kepada pengunjung web secara spesifik/detail.

Selain pesan kesalahan Internal yang muncul, web server sebuah website tersebut menghasilkan beberapa log mengenai penyebab terjadinya error tersebut. Dan telah menjadi tugas dari pengelola web untuk mencari tahu dan memperbaiki kesalahan tersebut.

Penyebab Umum Ternjadinya Internal Server Error/Website Busy.

Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya error ini, di sini Admin hanya akan menjelaskan penyebab umum dan yang bisa ditangani oleh pengelola web saja.

Penyebab umum terjadinya Internal Server Error:

1. Hak akses file dan direktori yang salah
2. Kesalahan konfigurasi pada file konfigurasi, file dengan awalan titik (.), seperti .htaccess
3. Kesalahan coding pada 'htaccess'
4. Penggunaan memory paket hosting yang mencapai atau melebihi batas maksimalnya.
5. File “index” yang isinya kosong atau file “index” tidak ada di tempatnya
6. Komputer anda terserang ARP Spoofing/trojan/virus.

Kita tidak akan bisa menemukan solusinya kalau masalahnya saja belum diketahui. Web server tidak hanya menuliskan Internal Server Error saja tetapi juga meninggalkan error lognya. Di hosting cPanel error log bisa dilihat melalui:

1. cPanel > Error Log
2. File error_log

Anda juga perlu mengetahui waktu kejadian error karena di error log bisa menyimpan banyak catatan error dan di error log dicatat berdasarkan waktu kejadian error tersebut. Supaya mempermudah mencari sumber masalahnya maka ada baiknya kita mengetahui waktu terjadinya error tersebut. Silahkan dicari pesan error sesuai dengan waktu kejadiannya.

Solusi jitu untuk permasalahan ini:

1. Sesuaikan Konfigurasi permission file dan folder menjadi 644 untuk filenya, dan 755 untuk folder.
2. Hapus atau rename file .htaccess anda sendiri.
3. Kurangilah Plugin/Component pada website anda atau upgrade paket hosting anda ke paket yang mempunyai memory yang lebih besar.
4. Buatlah Support tiket kepada jasa hosting anda apabila langkah diatas belum dapat mengatasi masalah anda.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi Internal Server Error atau Website Busy Admin bagikan, jika ada yang kurang jelas, silahkan bertanya dibawah.

Semoga Bermanfaat ^_^

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Internal Server Error atau Website Busy"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel