Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Domain Sendiri Pada Blogspot

DuaTim.com - Pada kesempatan kali ini Admin mau membagikan sebuah tutorial yang mungkin sedang sobat cari yaitu Cara Memasang Domain Sendiri Pada Blogspot.

Admin akan menjelaskan bagaimana merubah alamat blogger anda menjadi alamat domain anda sendiri. Misalkan kita punya blog dengan alamat infolooh. blogspot.com dan kita ingin merubahnya ke alamat domain milik kita sendiri yang telah kita beli, maka akan seperti www.infoloh.com. Bagaimana caranya? perhatikan dibawah ini.

Simak Cara Memasang Domain Sendiri Pada Blogspot :

1. Pastikan anda telah memesan Domain Anda sebelumnya.

2. Setelah Domain Parking aktif, maka selanjutnya login ke blogger anda, lalu masuk ke menu “Setting”.

Cara Memasang Domain Sendiri Pada Blogspot


3. Tambahkan domain anda dengan mengklick + Add a custom domain, isikan nama domain anda, saat anda klik “save“, blogger akan meminta verifikasi CNAME.

Cara Memasang Domain Sendiri Pada Blogspot 2


4. 2 buah kode Cname akan muncul yaitu www dengan address ghs. google.com dan satu lagi berupa kode acak dari google (kodenya berbeda disetiap orang).

Cara Memasang Domain Sendiri Pada Blogspot 3

5. Login ke Cpanel anda di tab baru dan masuk ke menu Advanced DNS editor.

Cara Memasang Domain Sendiri Pada Blogspot 4


6. Add a record, isi CNAME dengan kode acak dibawah www (pada halaman di langkah 3), isi TTL: 14400, Type CNAME, dan isi Address dengan kode unic dibawah ghs. google.com (pada halaman di langkah 3).
Untuk record www. namadomain. com bukan melalui Add record melainkan dengan melakukan Edit sesuai dengan screenshot berikut ini :

Cara Memasang Domain Sendiri Pada Blogspot 5


Setelah Edit record => Save/Edit record.

Cara Memasang Domain Sendiri Pada Blogspot 6


7. dilangkah ini, klik Add record.

8. tunggulah sekitar 1-4 Jam (masa propagasi), lalu coba kembali langkah 3. jika verifikasi gagal, pastikan kembali langkah ke 7 dilakukan dengan benar dan tepat.

Berikut ini adalah sebuah contoh dari bentuk Advance DNS Zone Editor-nya setelah di edit:

Cara Memasang Domain Sendiri Pada Blogspot 7

Advance DNS Zone Editor

Selesai, tunggulah masa propagasi agar domainnya bisa terindex, dan biasanya masa propagasi 1 x 24 jam agar domain bisa aktif dan bisa diakses.

Note: Nameserver domain anda haruslah mengarah ke hosting dimana anda melakukan pemesanan domain dan melakukan setting Cpanel diatas. Hubungi pihak penyedia domain anda untuk request pengarahan nameserver anda.

Demikian artikel tentang Cara Memasang Domain Sendiri Pada Blogspot Admin bagikan, jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya dibawah.

Semoga Bermanfaat ^_^
Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja