Wilayah Perbukitan Rawan Longsor dan Hujan Deras

www.idtoba.com

HORAS !!!, Anda tentu masih ingat musibah banjir bandang yang terjadi di wisata Air Terjun Dwi Warna, Deli Serdang. Yang menewaskan 17 jiwa dan 4 orang lainnya dilaporkan hilang. Itu terjadi tepat hari selasa 17 /05/2016.  Karena kejadian itu sekarang semua orang lebih was was dan semakin peka untuk memilih kira kira hari apa yang benar benar baik dan tidak berpotensi memunculkan musibah yang sama di tempat wisata yang ingin dikunjungi. 

Sunardi selaku Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk wilayah Medan menyatakan, untuk warga Sumatera Utara yang ingin rekreasi di daerah perbukitan harap mengurunkan niatnya demi keselamatan, karena diprediksi akan terjadi hujan lebat. Sunardi lebih lanjut menjelaskan, dengan kadar hujan yang cukup tinggi maka dipastikan wilayah perbukitan akan sangat rawan dengan musibah longsor. Sunardi mengungkap 3 hari prediksi yang terjadi yaitu sabtu minggu dan senin. 18, 19, 20 juni 2016. 

Wilayah perbukitan yang dianggap sangat rawan oleh longsor salah satunya daerah Pakpak Barat, tambahnya lagi. Apabila hujan di daerah itu deras, warga diminta untuk tetap di rumah. Dan sebaiknya warga yang sudah bertempat di daerah perbukitan lebih waspada dan hati hati.
Hujan deras juga diprediksi terjadi di sekitar Medan, Simalungun, Langkat, Madina dan Labuhan Batu. Bukan hanya hujan deras tapi angin kencangpun akan menerpa wilayah yang disebutkan tadi, terang Sunardi.

Untuk masyarakat yang akan mudik ,termasuk di daerah perbukitan, sangat dianjurkan memperhatikan kondisi dan berhati-hati pada situasi alam yang terjadi . Apabila sudah terjadi hujan deras yang dikombinasikan dengan angin kencang, maka lebih bijaksana untuk menghentikan niat atau tidak melanjutkan perjalanan mudik anda.

Karena situasi alam seperti hujan deras yang dibarengi dengan angin kencang, potensi akan terjadi longsor bisa saja terjadi. Maka itu lebih baik dipentingkan keselamatan dibandingkan kemana arah tujuan anda, termasuk mudik. Jika panorama cuaca sudah sangat mendebarkan, lebih baik mudik ditunda. Apalagi yang tinggal di daerah perbukitan. 

Intinya masyarakat wajib cermat dan teliti membaca situasi cuaca yang terjadi disekitarnya. Karena tentu kita tidak mau musibah parah yang terjadi di Air Terjun Dwi Warna tempo hari  terjadi kembali ke kita pada saat ini.

Belum ada Komentar untuk "Wilayah Perbukitan Rawan Longsor dan Hujan Deras"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel