3 Bidang Yang Wajib Dikuasai Developer Indonesia di Tahun 2018


InfoLoh.com - Hallo ILer's, kali ini Admin berbagi artikel tentang 3 Bidang Yang Wajib Dikuasai Developer Indonesia di Tahun 2018 untuk tips para developer Indonesia.

Developer Indonesia jangan mau kalah didalam pusaran perkembangan teknologi era digital yang terus berlari, dan kita adalah motornya. 

Dalam Bloomberg Bussinesss Week, Paul Ford mengungkapkan "If coders don't run the world, they run the things that run the world." 

Dari tangan para developer pula, lahirlah mode komunikasi instan tak berbatas, layanan mobil daring (online) dan nirpengemudi (driverless), smart home system yang salah satunya dikendalikan lewat aplikasi dan lain sebagainya. See?? 

Karena itu Kita sebagai developer harus level up skill kita agar kompatibel dengan perkembangan teknologi terkini yang semakin canggih. Caranya? 

Inilah 3 Bidang Yang Wajib Dikuasai Developer Indonesia di Tahun 2018 : 

Bahasa Pemrograman Kotlin 
Skill Kotlin adalah nilai plus yang sangat menjual.
Kini Android sangat menguasai pasar mobile operating system global sebanyak 76 %. Artinya 3 (tiga) dari 4 (empat) orang di dunia menggunakan Android didalam smartphonenya.

Sedemikian dominannya Android ini hingga developer harus tanggap pada setiap perkembangan kebutuhan Android terkini. Termasuk inklusi Kotlin sebagai first class language dalam pembuatan aplikasi Android sejak 2017. Kotlin itu ringkas, aman, interoperable, dan dapat digunakan di banyak tool.

Jika kamu seorang Android developer, Kotlin adalah bahasa pemrograman yang wajib kamu kuasai.

Machine Learning 
The future is now, an era of machine learning. Teknologi Machine Learning sejatinya digunakan untuk menemukan suatu pola dari data yang sudah ada, secara otomatis. Penemuan pola secara otomatis ini dimungkinkan oleh algoritma komputer. Pola yang ditemukan kemudian digunakan sebagai basis pengetahuan untuk melakukan klasifikasi terhadap data yang baru atau data yang belum pernah dilihat sam sekali.

Teknologi facial recognition, virtual assistant, hingga news feed yang hadir di gawai. Semua adalah buah karya developer melatih Machine Learning pada komputer. Apa berikutnya? Learn first, invent later! 

Kemampuan Berevolusi dari Coder Menuju Marketer – Founder 
Udah bukan jamannya lagi para developer kerjanya menulis baris kode semata saja. Kita perlu berevolusi dan coba keluar dari zona nyaman kita. bagaimana caranya?
Be seen. Be Marketer. When confident, found a startup of your own.
OK, kamu udah bikin produk yang keren banget. Tapi ada banyak sekali produk di luar sana. Perlu strategi pemasaran yang ekstra supaya produkmu “viral / terkenal.” Tak cukup hannya inner circle-mu yang tahu. Di era hype and loud seperti ini, jadikanlah produkmu menjadi trending topic. 

Berani mulai startup mu sendiri, kenapa tidak?!, tidak ada yang salah jika mencoba dan berjuang tanpa menyerah.

Semoga Tiga hal di atas menginspirasimu. 

Happy Days!
Source : Dicoding

Belum ada Komentar untuk "3 Bidang Yang Wajib Dikuasai Developer Indonesia di Tahun 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel