10 Manfaat Minum Tuak Bagi Kesehatan


InfoLoh.com - Hallo sobat ILer's, kali ini Admin berbagi artikel tentang 10 Manfaat Minum Tuak Bagi Kesehatan , dan kabar ini pastinya sangat senang didengar oleh orang yang suka minum tuak.

Tuak sering kali dianggap menjadi hidangan wajib bagi orang Batak dalam setiap acara adat. Hal tersebut karena orang Batak terbiasa menjadikan Tuak ini sebagai hidangan wajib untuk para tamu mereka apalagi dari suku Batak juga. Tuak sendiri didapat dari hasil fermentasi air nira, dan beras serta dicampurkan dengan bahan minuman yang mengandung gula.

Dikarenakan Tuak dihasilkan dari hasil proses fermentasi, pastinya tuak memiliki kadar alkohol tertentu walau tidak banyak. Beberapa orang juga mengklaim mengkonsumsi tuak akan memberikan banyak khasiat positif jika diminum dalam batas wajar.

Berikut merupakan 10 Manfaat Minum Tuak Bagi Kesehatan :

1. Menjaga Kehangatan Tubuh
DIsebutkan sebelumnya bahwa tuak mengandung alkohol yang bersifat hangat. Jadi tuak ini sering dimanfaatkan sebagian orang sebagai penghangat tubuh di kala cuaca dan suhu sangat dingin. Kehangatan yang terasa akan terpancar dari dalam tubuh sehingga badan terasa hangat dan tidak lagi kedinginan setelah meminum tuak.

2. Solusi Sariawan
Perlu diketahui bahwa tuak juga mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Seperti kita ketahui, vitamin C merupakan unsur yang sangat diperlukan tubuh kita untuk mencegah dan mengobati masalah panas dalam dan sariawan. Dengan meminum tuak, maka virus yang menyebabkan datangnya sariawan akan terbunuh oleh kandungan vitamin yang dimiliki tuak.

3. Obat Penenang
Pada umumnya orang yang mengalami insomnia disebabkan oleh banyaknya pikiran (stres) yang menjadikan dirinya tidak bisa tenang. Untuk itulah, dengan minum tuak dapat dijadikan sebagai opsi untuk menenangkan pikiran dan membantu mereka yang susah tidur karena tuak dapat menjadi obat penenang sekaligus obat tidur.

4. Obat Diabetes
Salah satu khasiat menakjubkan yang dimiliki tuak adalah tidak mengandung kadar gula yang tinggi. Walaupun tuak mempunyai komposisi gula, namun dengan takaran yang pas atau dengan meminum tuak secara teratur tetapi dengan dosis yang rendah dipercaya dapat membantu mereka yang mengidap Diabetes dengan cara menurunkan kadar gula dalam darah.

5. Penurun Demam
Jika Sobat mengenal pertolongan pertama pada demam dengan memberikaa unin obat atau kompres kepada penderita, maka cara yang satu ini akan sangat berbeda dan unik. Sejumlah orang mempercayai bahwa tuak dapat menurunkan panas yang berasal dari demam. Di samping itu juga, tuak akan langsung membantu menjaga dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh kita.

6. Mengurangi Stress
Dikarenakan kombinasi dari hasil fermentasi beras atau nira dikenal memiliki semacam kandungan yang berguna untuk mengurangi stress kita. Tuak juga berkhasiat memberikan efek rileks, nyaman, dan tenang pada pikiran. Namun perlu diingat, untuk tidak meminum tuak terlalu banyak / secara berlebihan karena bisa menyebabkan hilang kesadaran dan mabuk.

7. Mengusir Sembelit
Ketika kita kekurangan kandungan serat pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari akan memicu terjadinya sembelit. Biasanya sembelit akan segera sirna jika Sobat lebih sering mengkonsumsi makanan seperti sayur dan buah-buahan. Untuk menghindari kebosanan tersebut, sobat bisa sesekali meminum tuak untuk mengatasi permasalahan pencernaan ini. Karena sembelit dapat teratasi dengan cepat serta lancar senadainya anda rutin mengonsumsi tuak (dengan takaran yang pas, tidak berlebihan).

8. Sistem Pencernaan menjadi Lancar
Sembelit hanya contoh kecil dari permasalahan yang terjadi pada sistem pencernaan kita. Masih ada berbagai permasalahan pencernaan yang bisa memicu penyakit ringan maupun kronis pada tubuh. Oleh karena itu, Anda memerlukan beberapa unsur seperti air, dan serat. Sebab itu anda bisa memilih tuak sebagai penjaga sistem pencernaan Anda. Dikarenakan tuak telah mengemas kedua unsur tersebut dengan rasa khas dari tuak.

9. Kesehatan Tulang Terjamin
Kepadatan tulang menjadi sangat penting di pasca-pertumbuhan seseorang. Seiring bertambahnya usia, maka kepadatan tulang akan terus berkurang jika tidak diberikan pasokan gizi yang pas dan tepat. Kurangnya kepadatan tulang akan menyebabkan Osteoporosis. Anda bisa mencegahnya dengan minum tuak secara rutin (dengan takaran yang pas, tidak berlebihan) karena tuak dapat membantu menjaga kepadatan tulang kita. Hal tersebut karena kandungan vitamin pada tuak dapat mengembalikan lagi kepadatan tulang yang mulai rapuh.

10. Menjamin Kelancaran ASI
Di beberapa tempat di Indonesia, tuak dipandang mampu membantu keluarnya ASI ibu-ibu menyusui. Mereka juga mempercayai bahwa nutrisi dalam produksi ASI bisa didukung dengan adanya tuak ini. Bahkan dengan meminum tuak pada masa menyusui dianggap hal yang penting untuk menjaga kualitas ASI agar tetap baik.

Demikianlah artikel tentang 10 Manfaat Minum Tuak Bagi Kesehatan semoga menambah wawasan Anda, dan walau memiliki beberapa manfaat disarankan jangan terlalu banyak meminumnya .hehehe

Happy Days

Belum ada Komentar untuk "10 Manfaat Minum Tuak Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel