Beras Palsu Dari Plastik Ternyata Hoax?


Pada kesempatan ini Admin Pernando ingin membukan sebuah info atau berita yang sangat ingin diketahui oleh Publik, apakah itu ?, yaitu "Beras Palsu Dari Plastik" yang sempat menggempar Dunia Maya dan Dunia Nyata, dan ternyata banyak netizen mengatakan bahwa Berita itu Hoax atau Palsu ? 

Saat berita ini muncul banyak kecurigaan yang terjadi dan mengandung kontropersi sehingga Admin mengumpulkan bahan referensi untuk Pembuatan Beras Palsu dari Plastik ini.
dan betul juga Admin  Pernando menemukan kejanggalan dalam Pembuatan Beras Palsu ini.

Berikut Fakta-Fakta ilmiah terkait Beras Plastik, beserta Videonya :

1. Di video 'Pembuatan Beras Plastik Asal Cina', tidak ada informasi bahwa yang diproduksi adalah beras.

Video tersebut sesungguhnya menunjukkan proses pembuatan biji plastik yang disebut extrusion. Mesin yang digunakan yakni extruder. Plastik dicairkan, kemudian dimasukkan ke dalam pipa yang dipanaskan dan memiliki pengaduk ulir seperti mata bor. Dari situ, plastik akan keluar seperti odol dan masuk ke saringan seperti pembuatan cendol yang panjangnya seperti mie.

Setelahnya 'tali plastik' yang masih panas dan lembek dimasukkan ke dalam air. Bila telah mengeras, 'tali plastik' dipotong kecil-kecil dengan chopper membentuk biji atau pelet agar mudah dimasukkan ke dalam karung. Tak ada yang sedikit pun petunjuk yang mengatakan bahwa dalam video tersebut sedang membuat beras plastik.

2. Sifat utama plastik turunan hidrokarbon adalah hidrofobik atau tak menyukai air.

Hal ini dikarenakan bahan dasarnya merupakan minyak bumi dan struktur kimianya nonpolar. Karenanya, jika memang beras tersebut terbuat dari plastik, seharusnya tidak bisa menjadi lembek. Beras asli menjadi lembek karena menyerap air. Bila plastik direbus, plastik tersebut seharusnya hanya basah atau berwarna kecokelatan, namun tak akan menjadi bubur.

3. Beras plastik seharusnya tidak tenggelam.

Bila memang beras palsu terbuat dari plastik, seharusnya beras tersebut tidak akan tenggelam di dalam air karena berat jenisnya lebih rendah dari air. Seharusnya 'beras plastik' tersebut mengambang meski ditekan ke bawah.

4. Ada pula yang mengatakan bahwa beras plastik terbuat dari kentang atau umbi yang dilapisi plastik.

Hal ini terasa janggal. Sebab, kentang lebih mahal daripada beras. Selain itu, sangatlah sulit untuk memotong kentang menjadi biji-biji kecil yang dilapisi plastik.

Logikanya titik leleh plastik yang paling umum PE (polietilen) adalah 115 derajat Celcius, PP (polipropilen) adalah 130 derajat Celcius, dan PET (polietilen tereftalat) adalah 260 derajat Celcius (atau sekitar 100 derajat Celcius untuk PET yang digunakan untuk botol plastik).

Sementara untuk melakukan pelapisan (coating), plastiknya harus dicairkan dulu baru bisa melapisi umbi atau kentang. Semua titik leleh plastik di atas 100 derajat Celcius, dengan demikian seharusnya umbi atau kentangnya keburu hangus sebelum bisa dilapisi plastik.

5. Untuk menguji beras asli dan 'beras plastik', hendaknya diuji di laboratorium.

Ada dua cara mudah mengetahuinya. Pertama, 'beras plastik' dipotong dan dilihat penampangnya di bawah mikroskop untuk melihat apakah terlihat perbedaan umbi dan kulit plastiknya. Kedua, menguji amilum dengan yodium.

Amilum adalah jenis kanji yang terdapat pada beras asli. Bila ditetesi yodium, akan memberi warna ungu. Namun bila ditetesi yodium tidak berubah menjadi ungu, berarti beras tersebut memang bukan beras asli.

Simak Videonya dibawah ini :
Cara Pembuatan Beras Palsu dari Plastik


Cara Membedakan Beras Palsu dan Beras Asli.



Demikianlah artikel yang Admin bagikan saat ini, jika sobat menemukan Beras Palsu dari Plastik ini menurut sobat, silahkan laporkan kepada Admin melalui kontak diatas, dan Kita akan memeriksa bersama kebenarannya..

Semoga Bermanfaat ^_^

Belum ada Komentar untuk "Beras Palsu Dari Plastik Ternyata Hoax?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel