Cara Mudah Agar Tidak Menjadi Korban Hacker


Di era perkembangan internet saat ini, sudah banyak kita lihat transaksi uang melalui internet seperti E.Banking, Mobile Banking, Internet Banking .dll

dan saat itulah kejahatan banyak muncul yaitu para "hacker" yang memplejarai kode enkripsi keamanan aplikasi sobat dan siap untuk meretasnya, dan telah banyak korban pencurian uang.

salah satu kerjanya adalah sobat sedang berselancar di internet hati-hati dalam memencet sebuah link adalah prioritas utama sobat, karena jika sobat salah memencet sebuah link yang tidak tahu sumber maka dalam sekejap Uang Sobat bisa raup habis yang tersimpang dalam bank melalui internet banking.

Oleh karena itu Admin akan memberikan sebuah Tips untuk melakukan pencegahan tersebut, perhatikan dengan seksama :

1. Selalu curiga dengan email
Jangan sembarang membuka email yang berasal dari pihak yang tidak Anda kenal. Para pelaku kejahatan di dunia maya umumnya memanfaatkan email yang mereka kirim ke sembarang orang dengan terlebih dulu menyelipkan link abal-abal di dalamnya.

Ketika Anda klik begitu saja link diberikan, Anda akan diarahkan pada sebuah web yang otomatis download sebuah konten malware yang akan merusak komputer/ponsel Anda, sekaligus memata-matai bahkan mencuri data Anda.

Received: from teela.mit.edu (65.54.185.39)
by mail1.aol.com with SMTP; 30 Jun 2003 02:27:02 -0000 


Untuk mencegahnya, Anda bisa mengecek terlebih dulu IP address dari si pengirim email. Lihat di teks "Received:from" lalu cari di Google IP address-nya. Dalam beberapa kasus, "Received:from" sengaja dimasukkan dalam header email (secara manual) karena hacker mengirim email tersebut menggunakan lebih dari satu email server.

2. Cek lokasi link
Email berbahaya umumnya dikirim oleh orang yang tidak Anda kenal dan disertai link dari situs yang juga tidak Anda ketahui. Menjelajah web tak dikenal pastinya sangat berisiko terhadap kemanan perangkat yang Anda pakai. Biasanya, web abal-abal meniru web populer, web yang kerap Anda kunjungi ataupun Anda percaya. Karenanya, jangan sembarangan klik pada link yang disertakan dalam sebuah email yang mencurigakan.

Cara paling mudah untuk mengecel link itu adalah dengan copy-paste link di browser baru/lain. Jika yang disertakan merupakan shortened link, silakan gunakan URL X-ray untuk melihat URL sebenarnya.

3. Jangan pernah buka attachment 
Selain disertai link, email abal-abal juga kerap memasukkan attachment yang menggoda Anda untuk membukanya. Jika tidak 100% yakin dengan si pengirim, jangan pernah membukanya.

4. Gunakan autentikasi 2 langkah
Jangan hanya mengandalkan password untuk keamanan karena ketika hacker telah mengetahui password Anda maka semua data Anda akan bisa dicuri, meski dari jarak jauh. Sebagai tambahan keamanan, gunakan metode keamanan lain yang memungkinkan Anda mengkonfirmasi sebuah akses ke akun Anda, seperti code yang dikirim ke nomor ponsel Anda.

5. Gunakan password rumit
Meski password akhir-akhir ini mudah dibobol hacker tetapi tidak ada salahnya jika Anda selalu membuat password dengan perpaduan huruf, angka, juga tanda baca sehingga menghasilkan kombinasi yang rumit, seperti rumit$45%. Satu lagi, jangan menggunakan password yang sama untuk bermacam akun. Cara paling mudah untuk membuat dan menyimpan password adalah dengan menggunakan tools yang tersedia di appstore, seperti 1Password.

6. Hati-hati menggunakan layanan cloud
Dibobolnya Apple iCloud beberapa waktu lalu merupakan fakta yang mengagetkan banyak pihak. Terlebih, hacker bahkan menyebar-luaskan foto-foto bugil dari para pengguna iCloud yang sebagian besar merupakan pesohor Holllywood. Karenanya, jika tidak dirasa sangat perlu, jangan menyimpan data di cloud.

7. Hati-hati menggunakan WiFi Hostspot
Internetan di kafe atau taman kota memang menyenangkan, selain gratis. Tetapi perlu diingat bahwa Anda tidak perlu share personal data saat tengah online menggunakan public WiFi.

Dengan ketujuah tips di atas, semoga gadget yang Anda gunakan tidak rentan dibobol hacker. Dengan demikian, Andapun tidak akan menjadi korban kejahatan di dunia maya :)

Demikian Tips yang Admin bagikan, Jika sobat butuh bimbingan lagi soal kemanan data,
Silahkan Komentar dibawah !

Semoga Bermanfaat ^_^

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Agar Tidak Menjadi Korban Hacker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel