Cara Merawat Komputer atau Laptop Dengan Benar

Cara Merawat Komputer atau Laptop Dengan Benar

Post: Cara Merawat Komputer atau Laptop Dengan Benar.

Hai DTlovers, berjumpa lagi bersama saya Iwan Nainggolan. Kini saya akan membahas informasi penting mengenai Cara merawat komputer atau laptop dengan benar.

Sudah banyak diantara kita yang mengenal komputer atau laptop dari kota hingga ke dusun – dusun tetapi beberapa diantara kita tidak selalu benar dan tepat saat merawat laptop atau komputer kita dan dengan tahap – tahap bagaimana.  Yang paling banyak diketahui orang awam yang sudah memiliki komputer atau laptop ini adalah hanya memakainya saja dan merawat dengan tidak sepenuhnya tepat.

Nah, Iwan akan memberikan tips yang tepat cara merawat komputer atau laptop dengan benar dan tepat. Alasan saya membahas ini adalah karena saya sudah lama memiliki laptop dan tidak pernah bermasalah selama 4 tahun semenjak dibeli dari toko langganan saya. Yang paling bermasalah hanya update gagal. Itu sih udah wajar namun untuk masalah diprogram atau perangkat keras lainnya tidak pernah.

Apa saja cara – cara yang tepat untuk merawat komputer atau laptop anda dirumah? ikuti tips berikut ini.

1. Saat menyimpan komputer atau laptop

Disaat anda menyimpan laptop atau komputer dirumah atau membawanya kemanapun, sebaiknya hindari untuk menimpa dengan benda apapun. Apa dampaknya?
Dampak yang timbul pada laptop adalah:
  1. kerusakan pada bagian hardware jika ditimpa dengan benda yang sangat berat seperti tas, buku dan lain sebagainya.
  2. tombol keyboard anda akan kaku dan tidak dapat kembali keposisi semula saat ditekan bahkan tombol anda akan tidak berfungsi sama sekali.
  3. Layar / monitor laptop anda akan pecah/ retak sehingga saat laptop dihidupkan maka akan terlihat garis retak dilayar.
Dampak yang timbul pada komputer adalah:
  1. Jika Anda menimpa CPU anda dengan benda – benda yang berbobot sangat berat maka akan merusak bagian hardware bahkan terjadi korsleting/ sirkuit  akan terbakar akibat bersinggungan dengan yang lainnya. Biasanya ini akan terjadi jika CPU penyok atau rusak tertimpa
  2. Jika anda menimpa CPU anda dengan benda – benda cair maka jika cairan menetes kedalam CPU sebaiknya hindari untuk mencolok dahulu karena akan menyebabkan kerusakan perangkat bahkan hingga terjadi korsleting / kebakaran pada CPU.
  3. Jika monitor ditimpa, maka akan menyebabkan layar pecah bahkan monitor tidak berfungsi sama sekali.

2. Saat menjalankan (mengaktifkan) komputer atau laptop

Jika anda bekerja didepan komputer maka anda akan merasa nyaman walaupun waktu yang anda gunakan didepan komputer terbilang lama namun bagaimana dengan laptop? Waktu aktif pada komputer dan laptop tidak sama dan laptop lebih rentan terkena kerusakan bagian hardware dibanding komputer. Jadi, jika anda aktif didepan laptop, anda cukup beberapa jam saja karena panas pada laptop akan menyebabkan dump sehingga terjadi layar biru saat laptop direstart.

Itu tandanya bahwa perangkat laptop anda sudah mulai bermasalah. Layar biru juga terjadi jika perangkat yang anda buka tiba – tiba bermasalah dan merusak hardisk anda. Hardisk yang bermasalah dapat diakibatkan karena panas yang sangat tinggi dan ini sering terjadi pada laptop tetapi pada komputer kejadian tersebut jarang terjadi karena pada bagian CPU sudah dilengkapi dengan kipas pendingin langsung mengarah ke bagian dalam CPU.

Ketika anda mengaktifkan laptop atau komputer anda, hindari tempat yang tidak rata untuk mendudukannya karena dapat merusak hardware anda sendiri ketika getaran – getaran terjadi seperti adanya dentuman keras, mengetik atau terlalu menekan tombol dengan keras bahkan karena terjatuh. Akibat getaran – getaran itu maka komputer khususnya laptop anda akan mengalami beberapa gejala – gejala yang timbul seperti adanya layar biru, komputer atau laptop akan mati otomatis ketika ada sedikit getaran bahkan gagal hardisk akibat korsleting.

3. Menginstall atau menguniinstall software

Jika anda menginstal perangkat lunak ( software ) pada komputer atau laptop anda, hindari software yang jarang digunakan. Biasanya orang – orang selalu diburu oleh rasa penasaran yang tinggi dan ingin mencoba. Perangkat yang tidak jelas asal – usulnya lebih baik tidak diinstall dikomputer anda.

Apa saja penyebabnya? Tidak semua orang bisa dipercaya. Bagaimana jika pada software itu ditanam shell atau program khusus untuk mencuri data? Semua rahasia pribadi anda akan terbongkar.  Hal yang paling dari menginstall perangkat yang tidak dipercaya dan tidak jelas asal – usulnya adalah dengan adanya penyebaran program spam/ iklan/ Virus dikomputer anda. Program yang sudah kusam dapat merusak komputer atau laptop anda.

Hindari menginstall software yang tidak untuk jangka panjang. Jika software yang anda install hanya untuk sementara saja, sebaiknya tidak perlu diinstall. Namun, jika perangkat anda benar – benar dibutuhkan untuk software jangka panjang, silahkan diinstall.

Hindari menginstall dan menguniinstall software secara terus menerus dikomputer atau laptop anda. jika anda menginstall kemudian menguniinstall bolak balik dengan terus menerus dapat merusak komputer anda. Dampak yang terparah akan merusak hardisk anda dengan cepat. Jadi, berpikirlah untuk menginstall software dikomputer anda jika tidak terlalu diperlukan.

4. Lakukan pembersihkan sampah dan mendefrag berkas

Tahap ini adalah tahap yang paling dibutuhkan untuk merawat berkas komputer anda dan menambah umur hardisk anda. Jika anda menggunakan software cleaner ( software pembersih ) maka gunakanlah dengan bijak. Hindari membersihkan file sampah saat software lain sudah dijalankan atau beberapa software lain sudah dijalankan terlebih dahulu. Ini saya larang karena dapat merusak beberapa software anda dan dianggap sampah.

Membersihkan berkas sampah lebih baik dilakukan pada saat komputer atau laptop anda selesai membuka software lainnya atau dalam keadaaan semua sofware sudah tertutup/ exit. Namun, ini kurang efektif jika anda melakukannya pada saat komputer anda pertama kali diaktifkan dan beberapa berkas belum anda buka sama sekali dan ini sangat efektif untuk membersihkan file sampah komputer atau laptop anda karena software belum berjalan/ running dan ini kita lakukan agar mencegah error file.

Setelah melakukan pembersihan sampah komputer atau laptop, lakukan mendefrag berkas komputer anda. Jangan mendefrag berkas komputer anda setiap hari karena dapat merusak performance komputer anda. Sebaiknya lakukan 1x dalam seminggu namun lakukan pembersihan sampah setiap anda selesai bekerja didepan komputer anda.

Perhatian: Jika ingin mendefrag berkas komputer anda, lakukan dahulu pembersihan sampah. Ini saya sarankan untuk mempermudah kerja anda karena terlebih dahulu berkas sampah dihapus daripada semua berkas didefrag bersama berkas sampah.

5. Hindari Membuka multisoftware secara berlebihan

Jika anda adalah seorang programmer atau seorang gamer, tentu saja anda suka membuka banyak software dikomputer anda. Namun jika software yang anda buka sangat banyak maka itu akan mempercepat peningkatan suhu pada komputer anda sehingga hardisk anda akan lemah.

Hindari membuka software lebih dari satu jika masing – masing software memiliki resolusi tinggi dan memiliki berat yang sangat tinggi. Ini akan merusak komputer atau laptop anda.

Jika software yang anda buka secara bersamaan ada tiga namun resolusinya rendah, itu tidak terlalu bermasalah namun jika software yang dibuka adalah sebaliknya maka itu akan merusak komputer anda.

6. Hindari menggunakan Antivirus

Apakah antivirus dapat merusak komputer anda? Tentu saja iya. Anda harus professional dalam menggunakan antivirus. Antivirus juga dapat menggangu performa komputer anda jika perangkat ini berjalan terus menerus dan menambah beban pada komputer anda. Jika anda  ingin memasang penangkal virus dikomputer anda, gunakanlah symbol khusus pada folder komputer/ laptop anda dan ini sangat ampuh menghindari virus masuk kedalam folder yang diproteksi.

Antivirus bukanlah perangkat yang baik untuk komputer anda karena ketika anda terkoneksi ke intenet, software ini juga akan otomatis mengirim data komputer anda bahkan dapat mencuri data anda sekaligus. Jadi, berpikirlah dahulu sebelum anda menginstall antivirus. Virus tidak perlu untuk ditakuti namun semua virus ada penangkalnya dan cukup dengan menggunakan symbol pada folder anda lalu isi semua berkas didalamnya. Saya menyarankan ini karena saya sudah pengalaman dan menjalankannya terlebih dahulu lebih dari empat tahun tanpa antivirus.

7. Lakukan pembersihan komputer atau laptop secara terjadwal

Jangan biarkan komputer anda berdebu dalam waktu lama karena dapat merusak hardware komputer anda. Hindari setiap serangga masuk dan bersarang dikomputer atau laptop anda karena dapat menyebabkan gagal hardisk atau terjadi korsleting dan bahkan komputer atau laptop padam.
Saya sarankan untuk melakukan pembersihan laptop atau komputer anda minimal 1x dalam 4 atau 5 bulan. Jika anda merasa berat hati dan tidak cukup modal, lakukan pembersihan 1x dalam 6 bulan. hehehe.

Jika anda tidak dapat membersihkan bagian dalam komputer atau laptop anda, gunakan jasa service komputer.

Jangan terlalu rajin membersihkan bagian dalam laptop anda karena dapat menyebabkan beberapa masalah serius dalam kedudukan masing – masing hardware. Misalnya anda melakukan pembersihan 2x seminggu. Ini tidak disarankan dan patut dihindari.

Terimakasih dan sekian tutorial Cara Merawat Komputer atau Laptop Dengan Benar dari saya. Jika ada yang kurang, silahkan dikirim lewat komentar dibawah dan jangan sungkan – sungkan. Syalom

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Komputer atau Laptop Dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel