Cara untuk melindungi akun facebook anda dari hacker

Cara untuk melindungi akun facebook anda dari hacker

Pada saat ini, kita akan membahas beberapa cara untuk melindungi agar akun facebook anda agar terhindar dari hacker alias pembobolan akun. dibawah ini adalah tips dan trik yang perlu anda ketahui dan pada dasarnya harus anda ingat. Apa tips dan triknya? berikut ini cara  – caranya.

1). Hindari ADD TOKEN dan PHISING.
Cara ini sangat marak tersebar di situs-situs yang membutuhkan token dan kebanyakan token ini dibutuhkan pada situs yang memberikan jasa auto like, auto follow, auto comment, dan lain sebagainya.

Dengan cara seperti ini, akun anda bisa saja dibobol oleh pelaku melalui alamat token anda. Dengan mudah mereka bisa mendapatkan akun anda. Namun, perlu anda ketahui bahwa tidak semua situs yang melakukan hal seperti ini. Mungkin anda berpikir apakah semua website atau situs membutuhkan token kita khususnya yang berkaitan dengan facebook login? sebenarnya tidak semua. Kita harus dapat membedakan kata “Login with facebook” dengan “Add Token”.

Jika kita menemukan ada situs yang melakukan jalur alternatif untuk login menjadi pengguna mereka dengan pilihan “login with facebook”, yang pertama yang harus anda ketahui adalah, apakah link yang dituju ke alamat facebook atau tidak. Ada sebagian phising ( akun facebook palsu) yang memanfaatkan cara ini.  Phising kadang diakukan apabila kita pilih “login with facebook” ternyata kita dialihkan ke alamat lain tetapi bentuknya sama seperti login facebook. Sebaiknya itu harus anda hindari.

Hal yang anda ketahui berikutnya adalah “Add token”. Ini banyak kita temukan di situs auto comment, auto follow, auto like, dll yang tidak membutuhkan jalur “login with facebook” namun hanya dengan token, anda dapat masuk. Sebaiknya hindari cara seperti itu jika mereka membutuhkan token anda. Cara ini merupakan cara mudah para hacker.

2). Hindari ubah theme facebook
Yang marak terjadi adalah cara seperti ini. Beberapa diantara mereka ada yang suka dengan mengutak-atik thema atau template facebook mulai dari variasi yang biasa hingga yang keren. Tetapi, anda harus hati – hati bahwa cara ini para hacker dapat dengan mudah mendapatkan username dan katasandi anda. Terkadang mereka suka menyusupkan script yang digunakan khusus untuk mencuri akun facebook anda. Saat anda login facebook dengan thema yang anda gunakan, maka username dan katasandi anda akan otomatis tersimpan di browser dan kemudian dikirim oleh program yang tersisip pada theme facebook anda ke server mereka dan mereka dengan mudah dapat membobol akun anda. Sebaiknya dihindari saja hal seperti itu.

3). Hindari Applikasi login with facebook pada applikasi yang tidak telalu penting dan tidak terpercaya(diragukan).
Ada baiknya jika anda menggunakan applikasi resmi dari situs facebook baik itu applikasi untuk windows atau juga applikasi untuk java serta applikasi android. Terkadang walaupun kita sudah login difacebook lewat situs resmi facebook namun saat kita membuka applikasi lain, kita belum login padahal kita sudah login terdahulu lewat situs facebook. Kemudian saat kita klik login with facebook, akan ditampilkan form untuk pengisian username dan password facebook kita padahal kita sudah login sebelumnya difacebook. Sebaiknya anda memikirkan pilihan tersebut, apakah applikasi itu resmi atau tidak dan apakah applikasi itu telah terpercaya atau tidak. Pilihan ada pada hati kecil anda untuk melanjutkan ke langkah tersebut. Mungkin saja itu adalah phising.

4). Hindari perintah “Simpan username dan password”
Cara ini merupakan cara yang harus kita mengerti. Pernahkah kita melihat pilihan serperti itu saat kita masuk lewat facebook?
Beberapa browser memberikan pilihan seperti itu dan khususnya pada mozilla, Opera, Google chrome dan browser lainnya.

Yang harus anda lakukan adalah jangan pernah memilih menyimpan username atau sandi pada browser anda. Orang lain yang menggunakan browser dengan pc atau komputer yang sama akan lebih mudah melihat sandi tersimpan pada browser anda.

5). Applikasi android.
Selain phising, cara ini sebelumnya telah kita bahas pada nomor 3 diatas. Ada cara yang berbeda – beda, baik phising atau penyisipan kode pada aplikasi android. Kasus yang banyak akun facebook terkena hack ada pada applikasi android, phising, dan juga lewat Token. Hati – hati saat menginstall applikasi pada android anda. Sebenarnya kita tidak dapat mengelak atau menolak cara ini karena kita suka login lewat facebook namun ada baiknya jika kita lebih waspada.

6). Perintah lewat code javascript.
Apakah anda pernah mendengar cara seperti ini? ini merupakan cara para hacker namun kemungkinan kecil bisa terjadi. Rata – rata mereka menawarkan dengan berbagai perintah memasukkan berbagai macam perintah javascript dengan cara CRTL + SHIFT + K  atau tekan F12 ( untuk mozilla ). Sebaiknya anda menghindari cara itu. Selain menguntungkan para pembuat code, mereka juga dapat dengan mudah mendapatkan akun anda. Pada mozilla versi 32 ke atas  telah menambahkan perintah atau larangan ketika anda memasukkan perintah pada kalimat nomor 2 diatas. Itu artinya bahwa itu merupakan cara yang harus kita pikirkan terdahulu sebelum melakukan paste kodenya. Biasanya kode yang ditawarkan adalah kode javascript. Semoga kita lebih waspada.

Oke, demikian informasi yang saya sampaikan kepada anda. Jika ada pertanyaan, silahkan kirim kepada kami lewat komentar dibawah ini.

Sekian dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara untuk melindungi akun facebook anda dari hacker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel