Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seputar Tentang Codeigniter

Seputar Tentang Codeigniter

Dihari yang cerah ini semoga membawa berkah buat sobat sekalian, kali ini Admin mau membagikan Informasi tentang Seputar Tentang Codeigniter.

CodeIgniter merupakan salah satu dari sekian banyak framework PHP yang sudah ada saat ini. CodeIgniter itu sendiri di kembangkan oles Rick Ellis. CodeIgniter adalah aplikasi open source (Gratis/Free) berupa framework dengan model MVC (Model, View, Controller) yang di fungsikan untuk membuat sebuah website dinamis bebasis PHP. CodeIgniter dirilis pertama kali pada 28-02-2006. Versi stabil yang akhir ialah V 2.1.3.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai pengertian dari Framework agar kita tidak bertanya-tanya …???

Framework adalah kumpulan dari fungsi-fungsi atau prosedur-prosedur & class-class yang memiliki tujuan tertentu yang sudah siap dipakai maka dapat lebih mempermudah dan cepat dalam menyelesaikan pekerjaan dari seorang programer, tanpa harus membuat fungsi/class/prosedur dari nol.

Lalu Mengapa Anda harus memakai Framework …???

Pertama yaitu untuk mempercepat dan mempermudah dalam pembuatan sebuah website.
Kedua yaitu Relatif memudahkan dalam proses maintenance karena sudah adanya pola tertentu dalam sebuah framework (dengan syarat programmer mengikuti pola standar yang sudah ada).
Ketiga lalu pada umumnya framework menyediakan fasilitas-fasilitas yang umum dipakai sehingga kita tidak perlu lagi membangun website dari awal (contohnya validasi, ORM, pagination, multiplet database, pengaturan session, scaffolding, error handling, dan yang lainya).
Ke empat Lebih bebas dalam melakukan pengembangan jika dibandingkan dengan CMS (Content Management System).

Sekarang kita lanjudkan lagi membahas apa itu pengertian dari MVC (Model, View, Controller)…???

Model MVC merupakan konsep yang cukup populer dalam pembangunan sebuah aplikasi web. MVC (Model, View, Controller) itu memisahkan antara logika pembuatan kode dengan pembuatan template website/tampilan dari website. Jika kita menggunakan Model-View-Controller (MVC) menjadikan pembuatan sebuah website akan menjadi lebih terstruktur, lebih singkat atau menyingkat koding dalam pengkodingan dan lebih sederhana juga.

Secara sederhananya konsep MVC terdiri dari 3 bagian yaitu :
1. Model,
2. View,
3. Controller.
Di dalam sebuah web yang dinamis paling tidak terdiri dari 3 hal utama yang menyusunnya, yaitu basis data, logika aplikasi & cara menampilkan halaman webaite. 3 hal itu direpresentasikan menggunakan MVC yaitu model untuk basis data lalu controller untuk logika aplikasi, dan view untuk menampilkan halaman website tersebut.

Ketiga jenis bagian itu dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. View
View merupakan bagian yang menangani proses presentation logic. Pada web bagian ini biasanya berupa file template HTML, yang diatur controller. Sedangkan View berfungsi sebagai penerima dan merepresentasikan data kepada pengguna (user). Nah pada bagian ini tidak memiliki hak akses langsung di bagian model.

2. Model
Sedangkan Model itu sendiri biasanya berhubungan langsung ke-database untuk memanipulasi sebuah data (insert, update, delete, search), menangani validasi dari controller, tetapi tidak controller itu tidak berhubungan langsung dengan bagian view.

3. Controller
Controller merupakan bagian pengatur dari bagian model dan bagian view, controller memiliki fungsi sebagai penerima request dan data dari pengguna (user) kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.

Lalu apa manfaatnya menggunakan CodeIgniter (CI)…….???

Ada beberapa kelebihan CodeIgniter (CI) dibandingkan dengan Framework PHP diantaranya :

Performa sangat cepat : salah satu alasan para programmer tidak menggunakan framework adalah karena eksekusinya yang lebih lambat daripada PHP from the scracth, tapi Codeigniter sangat cepat bahkan mungkin bisa dibilang codeigniter merupakan framework yang paling cepat dibanding framework yang lain.

Konfigurasi yang sangat minim (nearly zero configuration) : untuk menyesuaikan dengan database dan keleluasaan routing tetap diizinkan melakukan konfigurasi dengan mengubah beberapa file konfigurasi seperti routes.php, config.php, namun untuk menggunakan CI dengan settingan yang standar, anda tidak perlu merubah banyak setingan di file yang ada pada folder config.php.Banyak sekali komunitas : Nah dengan adanya banyaknya komunitas CI ini, memudahkan kita untuk berinteraksi dengan yang lain, baik itu bertanya atau teknologi terbaru.

Dokumentasi yang sangat lengkap : Setiap paket instalasi codeigniter sudah disertai user guide yang sangat bagus dan lengkap untuk permulaan, bahasanya pun juga mudah dipahami. Dan masuh banyak lagi yang lainnya.

Demikianlah artikel ini Admin, jika ada yang kurang jelaqs silahkan bertanya dibawah ya

Semoga Bermanfaat ^_^
Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja

Posting Komentar untuk "Seputar Tentang Codeigniter"