Ini Penyebab Ratusan Ton Ikan di Danau Toba Mati

Kali ini Admin akan membagikan sebuah informasi penting yang berasal dari Sumatera Utara tepatnya di Danau Toba yaitu Ini Penyebab Ratusan Ton Ikan di Danau Toba Mati.

Danau Toba adalah salah danau terindah dan juga danau terbesar di Indonesia dan juga danau terbesar di Asia Tenggara, yang terbentuk sekitar 73.000 - 75.000 tahun yang lalu akibat letusan Supervolcano atau gunung berapi super.

Namun disamping itu, dibalik keindahan Danau Toba adanya fenomena yang sangat menyedihkan sekaligus menjengkelkan dimana Ratusan Ton Ikan di Danau Toba Mati akibat kelalaian Manusia yang mengelola Danau Toba tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Ini Penyebab Ratusan Ton Ikan di Dana Toba Mati

Para Tim ahli riset Kementerian Perikanan memastikan bahwa kematian ratusan ton di perairan Danau Toba tepatnya di kawasan Haranggaol Horison akibat kekurangan oksigen. Para Tim yang dipimpin Prof Dr Drs Krismono MS dari Balai Penelitian Pemulihan dan Konservasi Sumber daya Ikan (BP2KSI) ini melakukan penelitian langsung ke lokasi matinya ratusan ton tersebut.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Simalungun, Jarinsen Saragih, mengatakan bahwa penelitian penyebab kematian ikan tersebut sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah setempat.

"Perlu dipastikan supaya jelas dan tidak menjadi spekulasi yang menyesatkan di masyarakat. Yang diteliti kualitas air dan ikan," terang Jarinsen.

Ikan yang diternakkan di keramba Danau Toba, Ikan Mas dan Ikan Nila itu kekurangan oksigen dikarenakan jumlah populasi tidak sesuai dengan luasnya area.

Menurut Jarinsen, idealnya satu meter kubik keramba per satu kilogram ikan, sedangkan di perairan ini mencapai kira-kira 6.000 lebih keramba jaring apung.

Kata Jarinsen, Keadaan itu diperparah dengan kondisi cuaca yang tidak mendukung, sehingga tidak terjadi proses fotosintesis pada keramba.

"Ditegaskan kematian ratusan ton ikan di danau toba tidak ada kaitannya dengan program penertiban keramba dari Pemkab yang akan menjadikan Haranggaol sebagai tujuan wisata".

Akibat matinya ratusan ton ikan itu didanau toba, Pemkab Simalungun bersama kalangan masyarakat, khususnya peternak ikan melakukan pembersihan perairan Danau Toba...

Bagaimana menurut Anda tentang kabar berita bermatiannya ratusan ton ikan didanau toba ini?
Menyedihkan bukan, bahkan bisa mempengaruhi citra Danau Toba sebagai danau terindah dan terbesar se-Asia Tenggara.

Sukai dan Bagikan Artikel ini biar semakin banyak orang yang tahu, dan diharapkan bisa berkontribusi dalam pemeliharaan Danau Toba.

Semoga Bermanfaat ^_^

Belum ada Komentar untuk "Ini Penyebab Ratusan Ton Ikan di Danau Toba Mati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel