Makanan Khas Samosir

ika anda berjalan-jalan ke toba samosir maka akan sangat banyak menyisakan berbagai kenangan indah yang bisa anda ceritakan ke teman teman anda. Kuliner khas Pulau Samosir adalah salah satu makanan favorit gen orang batak yang ada di dunia ini.

Apabila anda kebetulan singgah ke Pulau Samosir, maka anda wajb menjajal makanan khas daerah mereka ini.

Mie Gomak.
www.idtoba.com

Mie Gomak bisa dikatakan adalah spaghetinya warga batak. Mie gomak yang disajikan dengan kuah, goreng,dan bumbu kacang menciptakan rasa gurih dan nikmat disantap apalagi jika disajikan saat malam hari. 

Mie gomak santapan khas Samosir yang rasanya begitu nendang di lidah karena memiliki ciri khas kuah cabai warna orange yang rasanya tentu bisa bersaing dengan spagheti dunia.

Jika anda memakan mie gomak dengan harapan untuk menghilangkan rasa gundah gulana, maka mie gomak tersebut memang cukup bisa menolong ( untuk sesaat).

Sangsang babi
www.idtoba.com
Sangsang babi merupakan makanan wajib yang sangat terkenal disentaro nasional karena sudah termasuk salah satu makanan khas nusantara yang cukup populer . Makanan yang tersaji dari komposisi babi cincang yang digabungkan dengan racikan bumbu rempah, santan, dan darah babi (mereka menyebutnya gota). 

Jika masyarakat awam di saat mendengar bagian seperti darah babi tentu terasa menjijikkan dan ngilu ditelinga. Namun sebenarnya jika disantap rasanya nikmat dan gurih, dan sangat cocok jika dilahap bersama nasi hangat. Sangsang tidaklah asing lagi di telinga orang batak manapun. Baik yang muslim ataupun yang non muslim. Sangsang babi selalu wajib tersedia di pesta pesta adat batak.

Pelengkap info tambahan, pada hakikatnya memang sangsang babi tersusun dari racikan bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, cabe, andaliman lalu disiram gota (darah babi). Namun semakin kesini, karena pergantian generasi dan zaman ,semakin banyak warga batak yang tidak mencampur menu sangsang babi dengan gota.

Karena memang ada aliran yang tidak suka menenggak darah. Dan sebagian warga mengatakan kalau sangsang tanpa darah tentu rasanya sangat berbeda jauh dibanding menu asli sangsang original tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Makanan Khas Samosir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel