Adat Mangokkal Holi, Acara Adat Batak Menggali Tulang Belulang


InfoLoh.com - Hallo ILer's, kali ini kita akan membahas seputar Adat Mangokkal Holi, Acara Adat Batak Menggali Tulang Belulang, ada ini sudah dijalan dari nenek moyang dulu hingga saat ini.

Bagi suku Batak khususnya Batak Toba, proses adat Batak tidak akan pernah berhenti dan tetap dijalankan bahkan seseorang sudah meninggal. Salah satunya dengan melaksanakan ritual mangokal holi atau memindahkan tulang belulang leluhur untuk dikumpulkan di satu tempat baru (Tugu).

Masyarakat Batak percaya bahwa kematian bukan akhir perjalanan hidup seseorang, namun justru tahap untuk mencapai kesempurnaan. Lewat rangkaian adat mangokal holi ini maka akan tercapai hasangapon, atau kemuliaan sebuah marga atau keturunan yang ditinggalkan. Jika di lokasi Bonapasogit banyak terdapat makam atau kuburan megah, biasa disebut Tugu dimana ditempat inilah dikumpulkan keluarga yang sudah meninggal dari orangtua dulu.

Tradisi adat Batak, mangokal holi atau menggali dan memindahkan tulang belulang leluhur, adalah salah satu wujud untuk menghormati para leluhur. Dengan mangokkal holi, orang Batak berharap mendapat limpahan berkat, berupa banyak keturunan, panjang umur, dan kekayaan.

Proses adat mangokal holi atau menggali tulang belulang leluhur diawali acara kebaktian singkat dari gereja yang dipimpin oleh Pendeta. Lalu, proses dilanjutkan dengan perwakilan dari keturunan keluarga besar yang mengikuti acara tersebut dari anak laki-laki, anak perempuan (boru) lalu dari pihak hula-hula dan seterusnya dilanjutkan oleh penggali kuburan.

Setelah kerangka dari leluhur telah terlihat, dilanjutkan pengangkatan tulang belulang oleh pihak boru yang di tampin (ditampung) oleh pihak tulang leluhur. Kemudian dipindahkan kedalam kotak/peti kecil kemudian dipindahkan ke tugu keluarga besar. Biasanya tulang belulang yang sudah diangkat dari tanah, lalu dititipkan di gereja sebelum dibawa ke tempat Tambak atau Tugu di Bonapasogit.

Berikut video proses mangokkal holi :


Demikianlah artikel Adat Mangokkal Holi, Acara Adat Batak Menggali Tulang Belulang kami bagikan semoga menambah wawasan Anda, jika ada yang kurang atau yang salah silahkan berkomentar dibawah.


Happy Days!
Source : GoBatak

Belum ada Komentar untuk "Adat Mangokkal Holi, Acara Adat Batak Menggali Tulang Belulang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel