Apa itu Google Adsense, Pengertian, dan Manfaatnya Lengkap

InfoLoh.com - Hallo sobat infoloh dimanapun berada, kali ini admin berbagi artikel tentang Apa itu Google Adsense, Pengertian, dan Manfaatnya Lengkap, semoga bisa membantu anda dalam mempelajari Google Adsense.

Dikuti dari Wikipedia, AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Google Adsense sebuah program yang sangat menggiurkan bagi para blogger dan vlogger, jika sudah berhasil dijalankan dengan sukses, bayangkan seorang adsense bisa meraup keuntungan yang lumayan WOW dengan menjadi publiser adsense dengan bermodalkan blog gratis atau web berbayar.

Yang Perlu Anda Waspadai dalam Adsense

Bayangkan saja orang yang bekerja dari rumah atau warnet namun mereka bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dan dollar. Tapi banyak orang yang menggunakan segala cara dalam berburu dolar di adsense namun yang di dapat malah banned massal karna melanggar ketentuan adsense.

Beberapa blogger yang mencoba berbagai trik, seperti penggunaan proxy untuk menyamarkan IP mereka atau merubah IP mereka ke negara lain, lalu mengklik iklannya sendiri, dan tetap tidak bisa dan malah merugikan diri sendiri berupa BANNED oleh Google.

Dan entah teknologi apa yang digunakan oleh google, mereka bisa mengetahui semua aktivitas internet kita, dan apabila ada kecenderungan berupa peningkatan pendapatan dolar secara drastis yang belum pernah terjadi di akun google adsense anda, maka hal ini bisa menimbulkan sangat mencurigakan dan perlu anda waspadai.



Adapun istilah-istilah dalam adsense bisa dilihat dibawah ini :

Ad Blocker
Software dalam browser yang berfungsi mencegah tampilnya banner, Pop-up dan iklan-iklan interaktif lainnya.

Ad Copy
Kita pernah melihat iklan baris atau iklan lainnya di Koran? Nah, kata-kata iklannya itu di sebut ‘Ad Copy’ alias Naskah iklan.

Ad Impression / View
Tampilan iklan yang dilihat oleh pengunjung web pada webpage, newsletter atau email. Di Internet ada banyak perusahaan yang menjual iklan berdasarkan banyaknya tampilan. Misalnya ada perusahaan yang menjual space iklan “$100 for 12,000 impression”. Artinya, dengan harga $100 iklan kita akan ‘tampil’ atau ‘dilihat’ 12,000 kali oleh pengguna internet. Ingat, 12,000 kali ini bukan berarti dilihat oleh 12,000 orang yang ‘berbeda’. Bisa saja satu peungunjung melihat iklan kita beberapa kali dengan cara ‘me- refresh’ halaman situs, itu pun dianggap impression baru.

Ad Rotation
Iklan yang dirotasi. Contoh, Kita dan 4 orang lainnya ingin mempromosikan ‘Produk Digital A’ dengan cara membeli iklan di sebuah media cetak secara patungan. Untuk mendapatkan prospek secara adil, Kita dan ke-4 teman Kita bisa membuat ‘Ad Rotation’ di sebuah website yang telah dipilih. Untuk merotasi 5 link affiliate yang berbeda secara bergiliran ini memerlukan sebuah program atau script yang dipasang di server hosting.

Ad Space
‘Ruang iklan’ dalam suatu website.

Affiliate
Orang yang membantu menjualkan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang mereka hasilkan.

Affiliate Agreement
Sebuah dokumen kontrak antara seorang affiliate dan seorang merchant (pemilik produk/jasa). Biasanya di dalamnya terdapat syarat dan ketentuan sebuah hubungan bisnis. Dokumen ini merupakan perjanjian legal yang mengikat.

Affiliate Fraud
Kegiatan ilegal yang dilakukan seorang affiliate untuk menghasilkan uang.

Affiliate Marketing
Pemasaran yang dilakukan seorang affiliate untuk memasarkan produk/jasa di internet.

Affiliate Program
Sebuah model bisnis yang membayar komisi kepada seseorang yang berhasil mendapatkan penjualan untuk merchant (pemilik produk/jasa) melalui link khusus.

Affiliate Program Directory
Sebuah web site yang berisi macam-macam program affiliate.

Affiliate Program Manager
Orang yang bertanggung jawab menjalankan program affiliate. Tugas seorang affiliate program manager adalah menjaga hubungan dengan affiliate secara teratur, menjalankan program marketing dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut masalah affiliate program perusahaan mereka.

Affiliate Software
Software yang digunakan oleh affiliate manager untuk memantau dan melaporkan kegiatan (klik, prospek, registrasi, penjualan) yang dihasilkan oleh affiliate-nya.

Affiliate Solution Provider
Sebuah badan usaha third party (pihak ketiga) yang menyediakan software, database support, affiliate ID dan link-tracking serta jasa pembayaran untuk para merchant yang memiliki program affiliate.

Affiliate URL / Affiliate Link
Link khusus yang berisi kode tertentu untuk bisa mengenali; hasil penjualan, atau prospek milik seorang affiliate.

Bagi anda yang sedang belajar google adsense, bisa coret-coret dikolom komentar bawah apa saja pertanyaan dan kendala dalam belajar adsense ini biar kita bahas bersama-sama.

Demikian artikel Google Adsense ini admin buat, semoga bermanfaat.

Happy Days.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Load comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel