Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Memahami Pembayaran Google Maps Pricing API

 

Panduan Lengkap Memahami Pembayaran Google Maps Pricing API

InfoLoh.com - Pada pagi yang cerah ini admin mau berbagi artikel Panduan Lengkap Memahami Pembayaran Google Maps Pricing API, sangat cocok anda yang lagi belajar Google Maps Pricing.

Seperti kita ketahui bahwa Google Maps sekarang ini sudah berbayar. Admin akan mencoba mengertikan dan merangkum secara jelas mengenai Google Maps Pricing ini.

Pada halaman yang ada di https://cloud.google.com/maps-platform/pricing/sheet/ kita akan mendapatkan informasi mengenai Google Map Pricing seperti gambar di bawah ini:

Panduan Lengkap Memahami Pembayaran Google Maps Pricing API 2

Di gambar atas kita melihat bahwa ada tabel harga pada kolom Monthly Volume Range dan ada free credit atau gratis dari Google seharga $200. Dari situ kita dengan mudah memahami bahwa selama pemakaian kita di bawah $200 perbulan maka akan gratis,  jika lebih dari itu maka akan dicharge selisihnya.

Sebagai contoh berikut simulasi kalculator di https://mapsplatformtransition.withgoogle.com/calculator/ dengan hasil masih gratis :

Panduan Lengkap Memahami Pembayaran Google Maps Pricing API 3

Kemudian seandainya kita melakukan pemakaian API ini di atas $200 US maka kita akan ditagih setelah dikurangi $200 US seperti contoh gambar di bawah ini:

Panduan Lengkap Memahami Pembayaran Google Maps Pricing API 4

Dan kemudian admin akan membahas secara singkat pengertian SKU-SKU google maps pricing di atas :

  • Mobile Native Static Maps
    Google map dalam mode lite pada Maps SDK for Android
  • Mobile Native Dynamic Maps
    Google map object pada Maps SDK for Android
  • Embed
    Ini merupakan basic Maps Embed API yang menggunakan mode Place (embed map dengan penanda) atau mode View (embed map sederhana).
  • Embed Advanced
    Ini embed yang advance yang merupakan Maps Embed Api yang menggunakan mode Directions, mode Street View dan mode Search
  • Static Maps
    Pada Static Maps ini seperti namanya yang statis akan menghasilkan sebuah gambar peta atau image yang statis. Di sini menggunakan Maps Static API dan tidak memerlukan Javascript
  • Dynamic Maps
    Seperti namanya maka Dinamic Maps menggunakan Maps JavaScript API .
  • Static Street View
    Seperti namanya kita bisa menebak akan menampilkan tampilan jalan secara statis atau gambar
  • Dynamic Street View
    Seperti namanya maka kita akan memahami sebagai penampilan jalanan yang dinamis menggunakan Javascript

Saat ini admin juga sedang mengembangkan pengiriman/ekspedisi via Grab dan Gosend di toko online client saya sendiri, dan mungkin sobat juga mungkin melakukan hal yang sama ya kan, hehehe

semoga projectnya berjalan lancar ya gan.

Demikianlah artikel Google Maps Pricing API ini admin buat, jika ada kendala atau pertanyaan silahkan komentar dibawah ini.


Salam Programmer!

Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja