Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Permalink dan Cara Settingnya


Nah admin akan membagikan sebuah artikel yang sangat dibutuhkan para Sobat blog, mungkin sobat sudah tidak asing lagi dengan Permalink (Permanent Link)
Nah dibawah ini Admin akan bongkar semua sampai ke Akar :-D

Permalink merupakan singkatan dari Permanent Link. Yaitu alamat permanen dari suatu halaman web. Kalau kita berbicara dalam lingkup blog, maka permalink merupakan alamat URL (Uniform Resource Locator ) dari tiap – tiap post dan page blog kita.

Perhatikan :
* http://www.infoloh.com –> alamat halaman utama dari blog
* http://www.infoloh.com/2015/05/windows-bajakan-tidak-bisa-update-ke-windows10.html  –> alamat halaman post dari blog.

Mengapa Struktur Permalink harus Di Setting?
Karena setting permalink berpengaruh terhadap SEO ( search engine optimization ). Menurut Google, struktur permalink yang baik adalah struktur permalink yang mendeskripsikan konten halamannya. Sederhananya, struktur permalink blog akan berpengaruh terhadap posisi halaman blog anda di mata mesin pencari. 

Blog dengan struktur permalink http://namablog.com/judul-post/ akan memiliki posisi lebih baik di halaman hasil pencarian daripada blog dengan struktur permalink http://namablog.com/?cat=123&page=987

Sebentar, apa pengaruhnya posisi blog saya di hasil pencarian mesin pencari?
Traffic. Pengunjung. Semakin baik posisi anda di hasil pencarian mesin pencari (istilah kerennya SERP, Search Engine Result Page), mestinya, semakin banyak pengunjung datang ke blog anda. 

Mengapa? Karena pengguna internet dewasa ini mendatangi suatu halaman web dengan cara ‘mencari’ halaman tersebut melalui Mesin Pencari seperti Google.com atau Yahoo Search. :D
I see. Sekarang, bagaimana caranya membuat setting Permalink blog saya bagus?

Jika blog anda berada di blogspot.com atau wordpress.com, tidak ada yang perlu di khawatirkan karena permalink anda sudah di setting agar SEO friendly secara otomatis. Jika blog anda merupakan blog yang di host sendiri menggunakan engine wordpress dari wordpress.org, anda perlu mensettingnya sekarang.

Struktur default dari mesin wordpress adalah http://namablog/?p=32. Yep, struktur ini kurang baik di mata search engine. Cara menggantinya?
Masuk ke Dashboard > Settings > Permalinks
ada 5 pilihan disana :
* Default http://namabloganda/?p=123
* Day and name http://namabloganda/2008/11/30/sample-post/
* Month and name http://namabloganda/2008/11/sample-post/  (yang Admin gunakan saat ini)
* Numeric http://namabloganda/archives/123
* Custom Structure (setting sendiri)

Yang baik dari sisi SEO adalah yang Day and Name dan Month and Name. Mengapa? Karena struktur permalinknya membuat judul post menjadi bagian dari struktur permalink. Judul post cukup mewakili suatu halaman web, dan ini bagus untuk SEO.
Namun ada satu pilihan lagi yang menurut kami menarik : Setingan Custom Structure. Day and Name dan Month and Name sudah cukup baik, namun Day dan Month tidak mendeskripsikan konten halaman dengan baik. Jadi untuk apa diadakan? ;)

Bagaimana menurut sobat?

Semoga Bermanfaat ^_^
Pernando Harianja
Pernando Harianja Pendiri dan Pengelola di InfoLoh.com, yang hobby dalam pembuatan Program Komputer, dan ngeBlog. Untuk kenal lebih dekat Follow IG saya: @pernando_harianja

Posting Komentar untuk "Pengertian Permalink dan Cara Settingnya"