Cara agar blog anda dipandang menarik dan professional


Post: Cara agar blog anda dipandang menarik dan professional.
Bagi anda yang suka ngeblog bukan berarti anda bisa mengatasi blog yang bermasalah sekalipun anda sudah lama mengembara didunia blog. Seorang blogger pada dasarnya harus mengetahui tentang kode html dan jika anda sama sekali tidak mengerti tentang kode html maka anda juga tidak akan dapat mengikuti tutorial ini sepenuhnya namun anda dapat belajar dari cara – cara ini. Maaf bagi yang newbie karena kita juga akan membahas lebih dalam dibagian kode html dan bukan kode php mysql karena saya takut beberapa newbie tidak dapat menyimaknya. hehehe. Iwan banyak cakap.

Oke sekarang hal yang harus anda perhatikan agar blog anda dipandang menarik dan professional yaitu:

1. Blog Harus Ringan

Blog ini dipandang professional karena ringan dan tidak terlalu berat untuk diakses. Saya pernah berkunjung disebuah blog yang memiliki banyak kode html yang mengandung banyak link external dan gambar – gambar yang terdapat didalamnya sangatlah banyak dan berserak. Bagi anda yang ingin memiliki blog professional harus memperhatikan hal ini. Kurangi kode CSS, JAVASCRIPT, GAMBAR, EMBED CODE, dan lain sebagainya yang membuat blog anda lambat untuk menampilkan konten blog.

2. Tempatkan iklan sewajarnya

Cara ini merupakan suatu hal yang patut anda perhatikan jika ingin blog dipandang orang sebagai professional. Jangan pernah memasang iklan yang melayang dan bersifat mengotori pemandangan pengunjung. Tujuan pengunjung di blog anda bukan untuk mengklik iklan anda tetapi mencari apa yang diperlukan oleh mereka. Yang paling tidak disukai para pengunjung adalah blog yang mengandung iklan dengan waktu hitungan mundur, iklan melayang dan iklan autoklik.

3. Gunakan Widget sewajarnya

Ini adalah masalah berikutnya setelah iklan diatas. Widget yang berlebihan dapat merusak pagerank blog anda sendiri karena pengunjungnya tidak merasa betah dan tidak ingin untuk mengunjungi blog anda. Apa maksudnya? Jika anda punya blog tentang tutorial atau berbagi software, tidak perlu memasang widget pemutar mp3 atau widget ikan berenang atau juga widget jam. Pengunjung hadir di blog  anda bukan untuk melihat jam tapi melihat konten penting di blog anda. Mengerti kan maksud saya? Gunakanlah widget terpenting saja yang mendukung ke postingan. Contohnya adalah widget translator. hehehe. Iwan terlalu serius ngebahasnya.

4. Perhatikan Bentuk, Warna dan ukuran Font/Huruf blog.

Apakah ini berpengaruh? ya tentu sangat berpengaruh. Iwan sebagai admin di duatim.com jujur saja jika seandainya saya berkunjung ke sebuah blog dimana huruf postingannya berwarna warni dan ukurannya terlalu kecil atau besar maka saya sendiri tidak betah dan saya anggap blog tersebut sebagai spam.

Jadi, jika anda punya blog yang ingin dipandang professional maka perhatikan juga dibagian bentuk hurufnya. Bagaimana jika font anda tegak bersambung atau miring semua? Bagi anda itu menarik namun bagi pengunjung itu kekanak – kanakan. Semoga kita semua mengerti sampai disini mengenai font.

5. Blog harus jelas

Blog anda kan sudah jelas? bukan berhantu dan menghilang disiang bolong? hehehe. Bukan itu maksud saya disini.

Maksud dari blog harus jelas adalah gunakanlah blog sepantasnya. Saya sering melihat blog yang suka menipu para pengunjugnya. Contohnya adalah dengan memasang iklan yang menggunakan banner “download disini” dibagian bawah postingan namun itu adalah iklan blog anda sedangkan link download sebenarnya tersembunyi disisi iklan anda.

Contoh kedua adalah ketika seseorang mengakses blog anda, tutorial yang anda bagikan mengandung kata – kata yang berbelit – belit, sulit dipahami dan menggunakan kata yang memakai istilah lain yang membuat para pengunjung harus membuka kamus bahasa. Bagaimana ya kira – kira? Masih banyak masalah hal lain yang tidak harus saya jelaskan satu per satu. Cukup ini saja.


Demikian tutorial hari ini dan jika ada yang kurang silahkan dikomentari dibawah biar bisa saya tambahkan dan perubahi. Terimakasih!

Belum ada Komentar untuk "Cara agar blog anda dipandang menarik dan professional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel